fbpx

Spot Jogging dan Sepedaan di Singapura, Berwisata sambil Olahraga, Yuk!

  • October 27, 2020
  • Dibaca 132 kali
Bersantai dulu di Henderson Waves. Instagram @saneej_ms

Cara menyenangkan dan sehat untuk menikmati wisata di Singapura adalah dengan jalan kaki atau sepedaan. Negeri Singa ini mempunyai sejumlah jalur khusus jalan kaki maupun sepedaan. Ada yang dekat Bandara Changi, ada yang di pinggir danau, dan juga di atas jembatan menghadap pemandangan keren. Di mana aja spot jogging dan sepedaan di Singapura?

Sepedaan di Jurassic Mile. Instagram @ketryncaldas
Sepedaan di Jurassic Mile. Instagram @ketryncaldas

Gimana rasanya jogging atau sepedaan sambil dilihatin puluhan dinosaurus? Sensasi ini bakal #SGB_Family rasakan kalau ke Jurassic Mile. Jalur ini membentang lebih dari 1 kilometer, menghubungkan East Coast Park dengan Bandara Changi. Di bagian pinggir rute lari terdapat pagar, membatasi pesepeda dengan dinosaurus. Benar banget! Di sini ada lebih dari 20 dinosaurus ukuran nyata. Maka dari itu dinamakan Jurassic Mile.

#SGB_Family juga bisa sewa sepeda di HUB & SPOKE yang ada di area Bandara Changi. Setelah sepedaan atau jogging bisa sekalian mandi di fasilitas shower umum. Lanjutkan sarapan dan ngopi di HUB & SPOKE Cafe. Taman Dinosaurus ini buka 24 jam dan gratis. Khusus Jumat-Minggu harus reservasi online. Tapi aturan ini nggak berlaku lagi mulai 2 November 2020. Di sisi lain, pengunjung harus tetap jaga jarak dan pakai masker.

Jurassic Mile
Gratis
Airport Blvd, Singapore
24 jam
Changi Airport
changiairport.com/en/discover/changi-airport-connector/jurassic-mile.html

spot jogging dan sepedaan di Singapura
Bersantai dulu di Henderson Waves. Instagram @saneej_ms

Spot jogging dan sepedaan di Singapura selanjutnya adalah Henderson Waves. Dari atas jembatan setinggi 36 meter ini, #SGB_Family bisa melihat pemandangan taman hutan. Berkat tingginya, Henderson Waves menjadi jembatan penyeberangan tertinggi di Singapura. Keren, kan? Sementara panjangnya sekitar 274 meter. Nama jembatan ini sesuai dengan bentuknya, seperti gelombang yang melengkung dan memutar.

Salah satu spot favorit di Henderson Waves adalah bagian melengkung yang bentuknya seperti cangkang. Nyaman untuk duduk-duduk setelah jogging sambil melihat pemandangan sekitar. Kalau memutuskan untuk ke jembatan ini saat menuju petang, tempat ini bakal diterangi cahaya LED yang indah. Efek lampu ini nyala pukul 7pm-7am setiap hari.

Henderson Waves
Gratis
Henderson Rd, Singapore 159557
24 jam
Telok Blangah
nparks.gov.sg/gardens-parks-and-nature/parks-and-nature-reserves/the-southern-ridges

Marina Bay Sands. Instagram @yafiqyusman
Marina Bay Sands. Instagram @yafiqyusman

Marina Bay nggak cuma punya hotel mewah dan tempat wisata menarik. Berkunjung ke sini, #SGB_Family bisa menikmati pemandangan teluk di Singapura ini sembari jogging. Menurut marinabaysands.com, terdapat 2 rute yaitu mengelilingi Marina Bay dan Gardens by The Bay. Untuk rute Marina Bay, panjangnya sekitar 10 kilometer. Titik mulainya bisa dari sekitar Helix Bridge. Melewati Esplanade, One Fullerton, dan Merlion Park.

Rute Gardens by The Bay sepanjang 3,2-5 kilometer. #SGB_Family bakal mengelilingi taman luar Gardens by The Bay yang bisa diakses secara cuma-cuma. Waktu yang cocok untuk jogging di area ini tentunya pagi hari, ketika udara masih begitu segar dan belum banyak turis. Sedikit tips jogging pada malam hari, pakai baju berwarna terang terutama saat berada di daerah CBD.

Marina Bay
Gratis
Marina Bay
24 jam
Bayfront

Jalan-jalan di Punggol Waterway Park. Instagram @mindycwc
Jalan-jalan di Punggol Waterway Park. Instagram @mindycwc

Punggol Waterway Park adalah spot jogging dan sepedaan yang mengelilingi Punggol Waterway dan Sentul Crescent, taman sungai populer di Singapura. Spot ini tepat bagi #SGB_Family yang pengin berwisata sambil olahraga. Punggol Waterway Park dibagi menjadi 4 spot dengan tema berbeda yaitu Nature Cove, Recreation Zone, Heritage Zone, dan Green Gallery.

Selain sepedaan atau jogging, bisa juga duduk-duduk di bangku taman yang tersedia. Sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Mengajak anak-anak olahraga di sini juga bisa. Soalnya ada taman bermain air untuk anak. Waktu yang tepat untuk ke sini adalah pagi hari ketika cuaca belum terik dan udara segar.

Punggol Waterway Park
Gratis
Sentul Cres, Singapore 821313
24 jam
nparks.gov.sg/gardens-parks-and-nature/parks-and-nature-reserves/punggol-waterway-park

spot jogging dan sepedaan di Singapura
Sepedaan di Coney Island. Instagram @bernardogautier

Berikutnya ada Coney Island Park yang dihuni sekitar 80 spesies burung dan hewan lokal lainnya. Jadi kalau ke sini, bisa berwisata alam sambil sepedaan. #SGB_Family bisa mulai eksplorasi dari area trotoar menuju ke pantai yang dapat diakses di lima lokasi. Selain itu, bisa juga berkendara melintasi Coney Island Park Connector, melihat Seranggon Reservoir.

Kalau sepedaan di Coney Island Park, sebaiknya memakai baju lengan panjang dan celana panjang untuk menghindari gigitan serangga. Mungkin #SGB_Family bakal bertemu monyet makaka di kejauhan. Tetap jaga jarak dari mereka dan jangan beri makanan. Untuk mencapai Coney Island Park, bisa naik MRT menuju Punggol. Lanjut naik bus ke Punggol Point Park. Jalan ke Punggol Settlement, kemudian ikuti tanda di sepanjang jalur itu sampai masuk ke pintu barat Coney Island.

Coney Island Park
Punggol Promenade Nature Walk, Singapore 829325
7am-7pm
nparks.gov.sg/gardens-parks-and-nature/parks-and-nature-reserves/coney-island-park

Ternyata ada cara untuk berwisata sehat, sepedaan atau jogging mengelilingi spot wisata di Singapura. #SGB_Family lebih suka berwisata seperti apa? Udah pernah mencoba keliling spot-spot di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial