fbpx

Bikin Acara di Singapura? Tamu Harus Test Covid-19 Dulu, Lho!

  • October 26, 2020
  • Dibaca 85 kali

Seperti yang diketahui, ada banyak acara yang harus dibatalkan karena serangan Coronavirus. Dari acara keluarga, pernikahan, hingga acara nasional di setiap negara. Namun, seiring berjalanannya waktu dan usaha pemerintah untuk mengendalikan keadaan, kini sudah memungkinkan untuk #SGB_Family mengadakan acara di Singapura. Tentunya ada beberapa syarat, salah satunya adalah test Covid-19 untuk para tamu. Cek keterangan lengkapnya di artikel ini, ya.

Test Covid-19 untuk Para Tamu

Covid-19 test (IG:sanitassantandreu)

Dilansir dari mothership.sg, Gugus Tugas Lintas Kementerian COVID-19 (MTF) mengumumkan adanya rencana untuk pelaksanaan tes pra-event. Tes ini dilakukan untuk mengurangi risiko penyebaran COVID-19 di sebuah acara di Singapura yang cukup besar, seperti resepsi pernikahan, live performance, kegiatan olahraga, dan event bisnis.

Tahap pertama pelaksanaan kebijakan ini akan dilakukan dengan berdiskusi dengan penyelenggara event terlebih dahulu. Rencananya, pelaksanaan pertama akan dilakukan mulai pertengahan Oktober hingga akhir Desember 2020. Bagi #SGB_Family yang berencana menyelenggarakan acara di Singapura, pastikan memerhatikan aturan baru ini, ya.

Syarat dan Lokasi Test Covid-19

Ilustrasi acara di Singapura (IG:adventurerssg)

Para peserta event akan diwajibkan untuk melakukan tes terlebih dahulu sesaat sebelum aktivitas atau event tersebut. Tes tersebut bisa dilakukan di venue tempat acara diselenggarakan atau di fasilitas tes terpisah. Hanya peserta dengan hasil tes negatif saja yang akan diizinkan untuk mengikuti event. Pemerintah juga masih menguji berbagai proses yang berbeda untuk masing-masing skenario.

Jika tes dilakukan di tempat diselenggarakannya acara, maka peserta harus datang jauh sebelum acara tersebut dimulai untuk melakukan tes. Namun jika tes dilakukan di fasilitas pengujian terpisah, maka calon peserta even harus mengunjungi fasilitas tes terpisah sebelumnya. Para peserta selanjutnya wajib menunjukkan hasil sertifikat yang sah yang menunjukkan hasil tes negatif dalam jangka waktu 24-jam sebelum diizinkan untuk mengikuti event.

Jenis Test Covid-19 yang Diberlakukan

Antigen Rapid Test (IG:everlash_lash_expert)

Saat ini, Singapura menggunakan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mengkonfirmasi kasus Covid-19. Sayangnya hasil tes ini baru didapatkan sekitar satu hingga dua hari, jadi tidak akan efektif untuk kebijakan baru untuk acara di Singapura tersebut. Kebijakan ini akan menggunakan antigen rapid test (ART) untuk tes pra-event. Hasil dari tes ART biasanya cukup akurat dan hanya memakan waktu setengah jam saja.

Tes ART dilakukan dengan melakukan swab hidung, namun tidak akan se-invasif PCR karena hanya mengambil sampel dari hidung bagian bawah. Oleh karena itu tes ini tidak akan terasa tidak nyaman. Namun, kekurangan tes ini adalah hanya memiliki keakuratan sebesar 80 persen dan terkadang menunjukkan hasil positif palsu pada 3 persen individu yang sehat.

Covid-19 Test (IG:bahamas_housecalls_concierge)

Mengingat masih ada kemungkinan Covid-19 lolos dari tes yang dilakukan sebelum event, maka langkah-langkah pencegahan dan keselamatan masih tetap harus dilakukan. Langkah pencegahan yang dimaksud antara lain adalah menggunakan masker, jaga jarak, membatasi ukuran kelompok dan kapasitas. Selain itu, mereka yang terdeteksi positif untuk tes ART ini akan diwajibkan untuk tes PCR sebagai konfirmasi apakah ia benar-benar positif Covid-19.

Prosedur akan Dilakukan Secara Meluas

Singapore International Energy Week 2019 (IG: nicholasfang21)

Kegiatan Singapore International Energy Week akan menjadi event pertama percobaan kebiakan baru ini. MTF juga akan mengumpulkan saran dari penyelenggara event dan peserta agar bisa melaksanakan kebijakan ini dengan lebih baik. 

Jika prosedur baru ini berjalan lancar, rencananya pemerintah akan melakukan evaluasi untuk mengkaji bagaimana membuat kebijakan tes pra-event ini bisa dilakukan secara meluas di Singapura. 

Nah itulah update sementara tentang Negeri Singa. Jika #SGB_Family berencana membuat atau menghadiri acara di Singapura, pastikan sudah mengikuti peraturan baru ini, ya. Pastikan untuk tetap mempraktekkan standar keselamatan dan kebersihan seperti mengenakan masker dan menjaga jarak aman. Stay safe, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial