fbpx

Naik Kereta Paling Lambat di Dunia, Bisa Keliling Eropa!

  • October 26, 2020
  • Dibaca 164 kali
Kereta Paling Lambat di Dunia

Kalo #SGB_Family pernah denger kereta tercepat, ternyata ada juga kereta paling lambat di dunia. Bukan karena masalah teknis atau hal buru lain, tapi memang disengaja. Naik kereta ini, #SGB_Family bisa menikmati pemandangan indah di Swiss. Maka itu, kereta ini berjalan dengan lambat. Yuk, simak lebih lengkap informasi tentang kereta paling lambat di dunia yang dilansir dari glacierexpress.ch!

Kereta Paling Lambat di Dunia
Glacier Express. Instagram @patcavelti

Kereta paling lambat di dunia ini bernama Glacier Express yang beroperasi di Swiss sejak tahun 1930. Mulai dari Zermatt yang ada di kaki gunung Matterhorn sampai ke St. Moritz yaitu sebuah kota di Engadine Swiss. Perjalanannya yang memakan waktu 8 jam untuk sampai dari stasiun keberangkatan sampai ke stasiun kedatangan, menjadikan Glacier Express dijuluki kereta paling lambat di dunia.

Dari Zermatt ke St. Moritz, Glacier Express menempuh perjalanan sejauh 291 km melewati 92 terowongan dan 291 jembatan. Kecepatan rata-rata kereta ini adalah sekitar 24 mph agar penumpang bisa menikmati pemandangan yang begitu indah melalui jendela kereta. Glacier Express beroperasi sepanjang tahun, jadi #SGB_Family bisa melihat pemandangan berbeda mulai dari musim dingin, semi, panas, hingga gugur.

Kereta Paling Lambat di Dunia
Pemandangan dari Glacier Express. Instagram @buzzybubble

Ada dua jalur yang dilewati Glacier Express, yaitu jalur timur dan jalur barat. Sedangkan ada 2 tipe kereta yaitu Glacier Express Classic (kelas 1 dan kelas 2) dan Excellence Class Classic. Stasiun yang dilewati Glacier Express Classic adalah Andermatt, Brig, Chur, Filisur, Samedan, St. Moritz, Tiefencastel, dan Zermatt. Sedangkan rute Excellence Class Classic adalah St. Moritz ke Zermatt.

Saat melakukan perjalanan dengan Glacier Express, #SGB_Family bakal melihat pemandangan alam seperti padang rumput, sungai, puncak, pegunungan, pedesaan, sampai sawah dari jendela kereta. Nggak hanya itu, #SGB_Family juga akan melewati kebun anggur tertinggi di Eropa. Rumah tradisional seperti rumah pertanian Engadine atau rumah kayu di Goms juga bisa terlihat dari kereta.

Kereta Glacier Express Classic (IG:@bv780)

Keberangkatan Excellence Class Classic dengan kereta nomor 902 (jalur timur) dimulai pada jam 8:52am dari stasiun Zermatt dan akan sampai di stasiun St. Moritz jam 5:38pm. Sedangkan kereta nomor 903 (jalur barat) berangkat dari stasiun St. Moritz jam 8:51am sampai di stasiun Zermatt jam 5:10pm.

Untuk Glacier Express Classic musim panas tahun 2021, nomor 904 (jalur timur) berangkat dari stasiun Zermatt jam 09:52am dan akan sampai di stasiun St. Moritz sekitar jam 5:38pm. Kereta nomor 905 (jalur barat) berangkat dari stasiun St. Moritz jam 9:50am sampai di stasiun Zermatt jam 6:10pm.

Gerbong Excellence Class Classic. Instagram @lifeoflaureng
Gerbong Excellence Class Classic. Instagram @lifeoflaureng

Kereta paling lambat di dunia satu ini menyediakan beragam fasilitas, seperti AC, soket listrik dan Wi-Fi gratis di setiap tempat duduk, gerbong tempat makan, dan karpet yang menyelimuti lantai. Fasilitas yang paling menarik perhatian adalah jendela panorama yang lebar dan besar dan jendela atap kaca. Dengan jendela ini, memungkinkan #SGB_Family untuk melihat pemandangan luar tanpa batas.

Ada 2 kursi yang berhadapan dengan 2 kursi lainnya dan disediakan meja di antaranya untuk kelas 1 dan kelas 2. Bedanya, di kelas 1 salah satu sisi menyediakan 2 kursi berhadapan dengan 1 meja. Jadi, kelas 1 terasa lebih luas.

Melewati Pegunungan Swiss (IG:@wanderlust.pockets)

Sedangkan gerbong Excellence Class Classic tersedia dua kursi yang saling berhadapan disertai meja. Jadi, masing-masing orang akan duduk di dekat jendela dan bisa menikmati pemandangan dengan lebih leluasa. Di gerbong ini, terdapat akses eksklusif ke Glacier Bar, ada bagasi khusus yang bisa dikunci, dan ada katering dengan berbagai menu makanan dan minuman.

Tiket untuk kelas 1 mulai dari CHF129 atau Rp2.000.000-an sedangkan untuk kelas 2 mulai dari CHF72 atau Rp1.000.000-an. Harga tiket gerbong Excellence Class Classic mulai dari CHF420 atau sekitar Rp6.800.000. Tiket untuk anak-anak di bawah umur 6 tahun gratis dan usia 6-16 tahun mendapat diskon 50%. Sedangkan harga menu yang tersedia adalah Plate of the day CHF34 atau Rp500.000-an dan Three-course Lunch CHF47 atau Rp700.000-an.

Jendela panorama Glacier Express. Instagram @little_pinkmacaron
Jendela panorama Glacier Express. Instagram @little_pinkmacaron

Walaupun sempat dibatalkan pengoperasiannya pada Maret 2020 lalu karena pandemi, tapi sekarang kereta paling lambat di dunia ini sudah beroperasi lagi loh! Glacier Express sudah beroperasi lagi mulai Juni 2020. Kereta musim panas beroperasi mulai 8 Mei – 24 Oktober 2021. Sedangkan kereta nomor 904 untuk jalur timur dan 905 untuk jalur barat akan mulai berjalan pada 11 April 2021. Glacier Express tidak memperbolehkan penumpang membawa hewan peliharaan ya!

Jadi, itulah alasan Glacier Express dijuluki sebagai kereta paling lambat di dunia. Tujuannya memang untuk memanjakan penumpang supaya bisa menyaksikan keindahan alam Swiss. #SGB_Family pingin naik Glacier Express nggak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial