fbpx

Ada Jalan Presiden Jokowi di Abu Dhabi, Benarkah? Apa Kisah di Baliknya?

  • October 23, 2020
  • Dibaca 77 kali

Sudah bukan rahasia kalau nama Presiden Joko Widodo harum di negara-negara lain. Terbaru, kabarnya bahkan ada jalan Presiden Jokowi di Uni Emirat Arab. Emang ada cerita apa di balik hingga dibuatkan jalan dengan mana presiden kita, ya? Kabar lainnya, nanti juga bakalan ada masjid dengan nama Jokowi. Baca terus artikel ini, ya.

Jalan Presiden Jokowi di Abu Dhabi

President Joko Widodo St (IG:herry.tjahjono)

Dilansir dari antaranews.com, lewat sebuah acara inagurasi, nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) diabadikan menjadi nama sebuah jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Acara inagurasi tersebut dilaksanakan oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Putera Mahkota Uni Emirat Arab sekaligus anggota dan ketua Kantor Eksekutif Abu Dhabi yang merepresentasikan\ pemerintah Uni Emirat Arab.

Peresmian nama jalan Presiden Jokowi ini digelar pada hari Senin, 19 Oktober lalu pukul 16:45 waktu setempat dan dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk UEA yaitu Husin Bagis dan staf Kedutaan Indonesia di Abu Dhabi. Turut hadir dalam acara peresmian tersebut yaitu Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya kedutaan Besar RI di Abu Dhabi serta sejumlah pejabat dari Kementerian Luar Negeri UEA dan Kotamadaya Abu Dhabi.

Penamaan jalan Presiden Jokowi ini untuk mencermikan hubungan bilateral yang dekat antara kedua pemerintahan negara sekaligus menunjukkan penghargaan UEA kepada Presiden Joko Widodo atas upayanya membangun hubungan antara kedua negara tersebut. Wah, #SGB_Family wajib merasa bangga, nih.

Hubungan Bilateral Kedua Negara

Jalan Presiden Jokowi di Abu Dhabi (IG:jokowi)

Lewat akun instagramnya, Presiden Jokowi mengucapkan bahwa penamaan jalan ini merupakan suatu bentuk penghormatan sekaligus penghargaan tidak hanya untuknya saja secara pribadi, tapi juga untuk seluruh Indonesia. 

Presiden Jokowi percaya bahwa inagurasi penamaan jalan ini melambangkan hubungan yang kuat antara keduanya seiring dengan kerjasama multi-sektoral yang kini telah dikembangkan antara kedua negara. Penamaan jalan Presiden Jokowi juga diharapkan akan semakin mempererat dan memperkuat hubungan kedua negara sekaligus memberikan manfaat baik bagi masyarakat UEA dan Indonesia.

Berada di Perkantoran Perwakilan Piplomatis

Abud Dhabi (IG:@shmoo5z)

President Joko Widodo Street menggantikan Al Ma’arid Street, sebuah jalan yang terletak di pusat kota kata, di sebuah area yang ditempati oleh sejumlah perkantoran diplomatis. Jalan ini menghubungkan Rabdan Street ke Tunb Al Kubra Street. #SGB_Family yang berada di Abu Dhabi atau berencana berkunjung ke negara ini, pastikan singgah dan melihat sendiri, ya.

Biasanya, nama jalan di Abu Dhabi diberikan nama geografis agar sama dengan sejarah tanah tempat jalan tersebut berdiri. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan budaya sekaligus identitas Abu Dhabi.

Masjid Presiden Joko Widodo

Masjid Jokowi di Abu Dhabi (KBRI Abu Dhabi)

Ternyata nggak cuma Jalan Presiden Jokowi, kabarnya nanti juga akan dibangun Masjid Presiden Joko Widodo. Dilansir dari news.detik.com, disampaikan bahwa Putra Mahkota Abud Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (mbZ) memberi perintah agar dibangun masjid di kawasan embassy area dengan nama Presiden Jokowi.

Disampaikan juga oleh Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab Husin Bagis bahwa masjid yang akan memakai nama Presiden Joko Widodo tersebut merupakan bangunan lama yang akan direnovasi. Rencananya, masjid akan selesai pada tahun 2022 mendatang.

Administrasi Abu Dhabi sejauh ini juga sudah pernah mengganti nama beberapa jalan utama sebagai bentuk penghormatan beberapa pemimpin besar di negara tersebut. Penamaan jalan dengan nama presiden Indonesia ini menambah daftar penamaan jalan di dunia dengan nama tokoh-tokoh Indonesia. Beberapa diantaranya seperti Sukarno Street di Rabat, Maroko; Muhammad Hatta Street di Harlem, Belanda; Raden Adjeng Kartini Street di Amsterdam; dan Munir Street di Hague.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial