fbpx

UPDATE THAILAND: Turis Bisa Berkunjung Lebih Lama Hingga 270 Hari, Cek Syaratnya!

  • October 21, 2020
  • Dibaca 358 kali

Situasi di seluruh dunia masih terus berubah-ubah karena pandemi COVID-19. Banyak negara di dunia termasuk Thailand mengubah ketentuan peringatan perjalanan menuju negaranya demi mencegah dilakukannya perjalanan yang dapat berisiko menyebarkan virus tersebut. Setelah sempat menyatakan Thailand tutup untuk turis hingga 2021, berita barunya menyatakan bahwa wisatawan bahkan bisa tinggal cukup lama. Baca terus untuk keterangan update Thailand lebih lanjut.

Ilustrasi The Grand Palace Thailand. Photo by Euan Cameron on Unsplash
Ilustrasi The Grand Palace Thailand. Photo by Euan Cameron on Unsplash

Pada masa pandemi ini, hanya sejumlah wisatawan asing saja yang diizinkan berkunjung ke Thailand. Namun update Thailand pada 15 September lalu, Kabinet telah menyetujui proposal untuk mengeluarkan visa untuk turis jangka panjang. Dengan visa ini, wisatawan dapat menetap di Thailand hingga 90 hari. Tidak hanya itu saja, visa tersebut juga bisa diperpanjang hingga 2 kali sehingga total wisatawan asing bisa menetap selama 270 hari di Thailand.

Meski demikian, kedatangan internasional tetap harus menjalani masa karantina selama 14 hari. Mereka juga harus menunjukkan bukti akomodasi yang telah terkonfirmasi serta menyetujui untuk patuh pada langkah-langkah yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Masyarakat di Thailand. 

Update Thailand (Image by Jadeites from Pixabay)

Dilansir dari worldnomads.com, mulai 1 Oktober mendatang, visa juga akan terbuka untuk warga negara asing yang melakukan perjalanan dari negara-negara dengan transmisi COVID-19 yang rendah. Meski demikian, jumlah pengunjung yang bisa datang ke Thailand masih dibatasi, yaitu sebanyak 300 orang per minggu. Nah gimana, apakah #SGB_Family bakalan jadi salah satunya?

Pembatasan jumlah wisatawan ini akan membantu memberikan pandangan kepada pemerintah Thailand tentang tingkat risiko penularan. Jika dua kelompok pertama sebanyak 300 warga negara asing yang selesai melakukan karantina 14 hari (15 Oktober dan 21 Oktober) ternyata tanpa kasus positif, maka pemerintah akan meningkatkan jumlah wisatawan yang dapat berkunjung ke Thailand mulai 1 November mendatang. Semoga saja semuanya tetap aman dan terkendali, ya.

Update Thailand (IG:@desimegasari)

Kalau #SGB_Family berencana untuk berkunjung ke Thailand dalam waktu dekat, maka diwajibkan untuk menghubungi Kedutaan Besar Thailand terdekat untuk mendapatkan informasi terbaru. Secara garis besar, berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar diizinkan masuk ke Thailand.

  • Mendapatkan Certificate of Entry dari kedutaan besar atau konsulat Thailand lokal.
  • Pendaftaran untuk sertifikat tersebut harus diserahkan paling lambat 10 hari sebelum tanggal keberangkatan.
  • Pengunjung harus memiliki hasil tes negatif untuk tes PCR yang diterbitkan tidak lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan.
  • Memiliki bukti asuransi kesehatan yang menanggung pemeriksaan medis dan perawatan terkait COVID-19 minimal sebesar $100 ribu.
  • Warga negara asing harus menjalani karantina 14 hari di fasilitas yang disediakan pemerintah, atau fasilitas yang berada di bawah pengawasan Kementerian Kesehatan Masyarakat dengan biaya sendiri.

Bangkok, Thailand (IG:@thailandien)

Sebelum berangkat ke Thailand, ada baiknya pula jika Anda memahami apa saja yang kini tengah berlangsung di negara tersebut terkait kebijakan yang berlaku untuk mencegah penyebaran COVID-19. Berikut ini beberapa diantaranya

  • Emergency Decree atau Keputusan Darurat yang dikeluarkan pada 26 Maret lalu akan diperpanjang secara nasional sampai 31 Oktober mendatang. Meski demikian, Thailand juga melakukan pengangkatan beberapa pembatasan secara bertahap.
  • Perjalanan domestik telah dibuka kembali. Penumpang akan menjalani pemeriksaan kesehatan di bandara ketika naik kereta api dan bis.
  • Bisnis di Thailand harus selalu mengindahkan panduan social distancing dan kebersihan.
  • Masker wajib digunakan di alat transportasi umum, termasuk pesawat.

Untuk perjalanan yang aman dan bebas hambatan ketika berangkat dan selama di Thailand, patuhi kebijakan dari pemerintah lokal dan usahakan untuk selalu tahu perkembangan terkini yang terjadi di daerah tersebut. Periksa saran perjalanan dari pemerintah lokal sebelum membuat rencana keberangkatan.

Itulah update Thailand hingga hari ini. Bagi #SGB_Family yang ingin berkunjung, jalan lupa untuk siapkan persyaratan dan pastikan tetap menjalankan protokol pencegahan infeksi Covid-19, ya. Stay safe!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial