fbpx

Jasa Kirim Barang dari Jepang ke Indonesia, Abis Jastip Pakai Ini Aja

  • October 21, 2020
  • Dibaca 289 kali
Ilustrasi kirim kargo menggunakan pesawat. Photo by Ilya Cher on Unsplash

Belanja di Jepang bisa menyenangkan banget karena beragam barang tersedia di sini seperti tas branded preloved. Jadi bisa aja nggak terasa belanja banyak banget sampai koper nggak muat. Atau memang sengaja belanja banyak buat jastip. Selain membawanya bersamaan ketika pulang naik pesawat, #SGB_Family juga bisa mengirimnya melalui kargo. Ada beberapa jasa kirim barang dari Jepang ke Indonesia yang bisa dimanfaatkan. Simak daftarnya, ya.

Ilustrasi mobil Japan Post sedang mengumpulkan paket. Instagram @sammiethesambar
Ilustrasi mobil Japan Post sedang mengumpulkan paket. Instagram @sammiethesambar

Japan Post, jasa kirim dari Jepang ke luar negeri termasuk Indonesia, yang udah lumayan terkenal. Menurut matcha-jp.com, terdapat empat jenis pengiriman yaitu Surface Mail, Economy Air (SAL), Airmail, dan Express Mail Service (EMS). EMS khusus untuk surat internasional dari kantor pos. Biaya kirim macam-macam tergantung metode pengiriman, berat paket, negara tujuan, dan metode transportasi. Maksimal berat paket per individu 30 kg.

Surface Mail atau disebut juga Sea Mail karena melalui kapal. Cara pengiriman ini paling lambat, sekitar 1-3 bulan. Jadi hindari mengirim makanan dengan tanggal kedaluwarsa singkat. Tarif paket internasional dari Jepang (Tokyo) ke Indonesia 1.700 yen per kilogram. Economy Air (SAL) dikirim lewat pesawat dengan memanfaatkan ruang kosong yang ada. Waktu pengiriman sekitar 1-3 minggu, tarifnya 2.200 yen per kilogram.

Paket Airmail dikirim menggunakan pesawat. Jasa kirim barang dari Jepang ke Indonesia ini memakan waktu 3-8 hari. Tarifnya sekitar 2.700 yen per kilogram. Metode Airmail cocok untuk barang yang ingin cepat dikirimkan, seperti produk makanan. Terakhir, EMS yang merupakan metode kirim paling cepat sekitar 4 hari. Barang yang dikirim biasanya dokumen penting atau produk makanan dengan kedaluwarsa singkat. Tarif EMS kira-kira 2.100yen per kilogram.

Jasa kirim barang Jepang Indonesia
Ilustrasi kru Yamato Transport sedang mengirim paket. Instagram @yamato_transport

Yamato Transport mempunyai jasa kirim barang internasional bernama International TA-Q-BIN. Ukuran barang yang dikirim mulai dari size 60 cm dengan berat maksimal 2 kilogram sampai size 160 cm dengan berat maksimal 25 kilogram. Cara mengukur paket bisa dilihat di kuronekoyamato.co.jp

Tarif jasa kirim ini dari Jepang ke Indonesia mulai dari 2.050 yen sampai 18.950 yen untuk paket, kalau dokumen 950 yen. Durasi pengiriman berkisar 3-5 hari. International TA-Q-BIN mengirim dari Jepang ke beberapa kota di Indonesia yaitu Bandung, Balikpapan, Batam, Denpasar, Jakarta, Medan, Surabaya, Tembagapura, Timika, Bintan, dan Ujung Pandang.

Jasa kirim barang Jepang Indonesia
Ilustrasi orang sedang mengirim paket. Photo by Alex Mecl on Unsplash

Sebelum mengirimkan barang menggunakan TNT dan sebenarnya semua jasa kirim barang, ketahui dulu aturan ekspor dan bea cukai negara tujuan, dalam hal ini Indonesia. TNT punya dua jenis pengiriman yaitu Express kalau butuh mengirim barang dengan cepat dan Economy Express dengan harga lebih murah.

Tarif Express Tokyo ke Jakarta sekitar 21.908 yen, Economy Express 15.161 yen. Harga tersebut berlaku untuk paket yang dikemas menggunakan kotak/kardus ukuran 30x30x30 cm, berat 1 kilogram. Barang yang mau dikirim ke Indonesia biasanya terakhir diambil pukul 5pm, dengan waktu booking terakhir pukul 4pm.

Ilustrasi kirim kargo menggunakan pesawat. Photo by Ilya Cher on Unsplash
Ilustrasi kirim kargo menggunakan pesawat. Photo by Ilya Cher on Unsplash

Kalau #SGB_Family punya bisnis terdaftar dan mau kirim barang dari Jepang ke Indonesia, bisa menggunakan jasa Shipa Freight. Jasa kirim kargo ini khusus untuk pengiriman dari bisnis komersial yang teregistrasi. Ada tiga tipe pengiriman oleh Shipa Freight. Ocean LCL untuk kirim barang yang dikemas menggunakan kardus, peti, atau kotak kayu. Ocean FCL untuk kirim kontainer dan terakhir Air yang dikirim via pesawat.

Durasi pengiriman melalui laut dari Tokyo ke Jakarta sekitar 12-15 hari, kalau menggunakan lewat udara bisa hanya dalam hitungan jam misalnya 6 jam. Untuk mengetahui tarif pengiriman harus registrasi yang menunjukkan akun bisnis teregistrasi di situs shipafreight.com

Kalau mau kirim barang dari Jepang ke Indonesia, disesuaikan aja sama tujuan dan budgetnya. Bisa menggunakan 4 jasa kirim Jepang Indonesia di atas. Buat informasi spot wisata menarik di Tokyo dan sekitarnya, kunjungi juga akun Instagram @tokyoguidebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial