fbpx

Update Singapura: Wisata Sudah Bisa Bergerombol, Cek Syaratnya!

  • October 20, 2020
  • Dibaca 319 kali

Seperti yang diketahui, wisata Singapura sudah dibuka untuk turis lokal, artinya hanya bagi Singaporean. Pengunjungnya pun dibatasi dan dihimbau untuk tidak berkumpul lebih dari lima orang. Ada kabar gembira nih, update Singapura terbaru, kini berwisata sudah bisa bergerombol. Seperti apa ketentuannya dan apa syaratnya? Cek artikel di bawah ini, ya.

Singapore Flyer. Instagram @anamorawab
Singapore Flyer. Instagram @anamorawab

Dilansir dari mothership.sg, kapasitas peserta untuk berbagai kegiatan wisata mulai bertambah. Informasi terbaru terkait penambahan kapasitas ini adalah peningkatan jumlah maksimal untuk kelompok wisata jalan kaki, kayak dan sepeda mulai 1 November mendatang.

Sebelumnya, kapasitas maksimum untuk ketiga jenis wisata ini adalah 10 orang, namun kini ditingkatkan dua kali lipat menjadi 20 orang. Dewan Wisata Singapura menyebutkan bahwa jumlah 20 orang ini tidak termasuk pemandu wista yang akan memandu kegiatan tersebut. 

Kayak di Sentosa (IG:@yiming.spyro)

Meskipun update Singapura menyatakan bahwa wisata ini sudah bisa dinikmati lebih ramai, namun peserta tetap akan dibagi dalam beberapa sub-kelompok terpisah. Peserta masih harus dibagi lagi ke dalam kelompok kecil dengan masing-masing kelompok terdiri dari lima orang. Para peserta juga diharuskan tetap menjaga jarak selama wisata. Nah, #SGB_family nggak perlu khawatir deh.

Peserta dari sub-kelompok berbeda juga diharuskan untuk menjaga jarak setidaknya 1 meter satu sama lain agar tidak bergerombol dengan kelompok lainnya. Dengan cara ini, maka dalam praktiknya akan terdapat satu kelompok tur berisi 20 orang yang terbagi menjadi 4 kelompok masing-masing 5 orang. Para peserta masih dizinkan berinteraski satu sama lain, tapi tetap harus dengan mengindahkan peraturan protokol kesehatan.

Update Singapura: Bersepeda bisa bergerombol (IG:@insynced)

Dalam rilisan media beberapa waktu lalu, STB menyebutkan bahwa agen perjalanan dan operator tur wisata sudah diizinkan untuk beroperasi kembali mulai 19 Oktober lalu. Meski demikian, izin untuk beroperasi kembali ini tetap tunfuk pada peraturan dari Kementerian Tenaga Kerja terkait persyaratan untuk langkah-langkah manajemen keselamatan di tempat kerja.

Setiap usaha diharuskan untuk menyerahkan rincian tentang tenaga kerja mereka kepada portal GoBusiness milik pemerintah dalam dua minggu setelah bisnis mereka beroperasi kembali. Setiap operator dan pemandu juga diwajibkan untuk mengirimkan jadwal perjalanan dan jadwal kegiatan mereka ke STB (Dewan Wisata Singapura) untuk diperiksa terlebih dulu.

Tidak hanya tur langsung yang disertai dengan peraturan ketat. Tur yang dilakukan melalui komentar live atau rekaman juga masih harus membutuhkan persetujuan terlebih dahulu dari Kementerian Perdagangan dan Industri sebelum dimulai kembali.

Changi Airport (unsplash)

Secara bertahap, Singapura mulai keluar dari periode “circuit breaker” atau pemutus arus sejak 2 Juni lalu. Hal ini dilakukan untuk membendung penyebaran transmisi COVID-19 di Singapura. 

Peraturan Circuit Breaker atau CB ini adalah aturan untuk tetap tinggal di rumah dan menggalakkan sanitasi yang dijalankan sejak 7 April lalu demi mencegah penyebaran virus. Semua sekolah, tempat kerja non-esensial dan berbagai fasilitas publik ditutup pada periode ini. Selain itu, masker wajib digunakan oleh setiap orang selama masa pandemi ini dan berbagai toko hingga restoran dilarang melayani pelanggan dine-in dan hanya boleh melayani pesanan takeaway, drive-thru dan delivery service.

Tiga fase pembukan kembali telah diumumkan pada 19 Mei lalu yang trdiri dari tiga fase. Fase pertama yang disebut “Safe Reopening”  dimulai pada 2 Juni lalu. Sedangkan fase 2 yang disebut “Safe Transition” dimulai pada 19 Juni dan tetap perjalan hingga Oktober 3030.Sementara itu, fase 3 atau “Safe Nation” akan terur belaku sampai pengobatan yang efektif atau vaksin terhadap virus COVID-19 telah ditemukan.

Itulah update Singapura singkat tentang wisata bagi turis lokal. #SGB_Family yang sedang berada di Singapura bisa langsung mengajak sahabat atau keluarga besar untuk refreshing sejenak. Gimana, mau cobaik kayak atau bersepeda, nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial