fbpx

6 Fakta Khaosan Road Bangkok, Pusat Backpacker yang Abis Direnovasi

  • October 20, 2020
  • Dibaca 161 kali
Ilustrasi Khaosan Road, lokasi populer tujuan turis asing. Photo by Evan Krause on Unsplash

Tempat wisata terkenal di Thailand salah satunya Khaosan Road, surganya backpacker internasional. Jalanan ini dipenuhi turis asing yang cari spot wisata murah. Selain itu, apa aja fakta lain Khaosan Road di Bangkok ini? Simak aja ulasan di bawah, ya.

Ilustrasi tempat makan murah penuh turis. Photo by Bundo Kim on Unsplash
Ilustrasi tempat makan di Khaosan Road Bangkok. Photo by Bundo Kim on Unsplash

Menurut bangkokpost.com, Khaosan Road tengah direnovasi untuk menarik lebih banyak turis lokal maupun internasional saat larangan traveling dicabut. Nantinya akan lebih banyak vendor untuk memenuhi permintaan masyarakat setempat. Jalan yang tidak ada pedagang kaki limanya akan ditanami lebih banyak pohon. Tujuannya agar turis yang kepanasan bisa berteduh. Bakal ada juga acara promosi tiap bulan.

Selain Khaosan Road, jalanan di sekitarnya juga akan dibikin lebih indah dan layak kunjung. Misalnya Khlong Chong Nonsi, area kanal dekat Khaosan Road ini juga bakal dijadikan spot wisata. Nantinya bakal ada jalan setapak di kedua sisi kanal. Kawasan sekitar kanal juga akan diperbaiki dan diubah menjadi tempat layak kunjung.

Khaosan Road terlihat sepi. Instagram @birdscream
Khaosan Road terlihat sepi. Instagram @birdscream

Menurut wakil gubernur Bangkok Sakoltee Phattiyakul, pandemi ini membuat jumlah turis yang datang ke Khaosan Road merosot drastis. Sekitar 90 persen pengunjung Khaosan Road memang turis asing. Maka dari itu, masa sepi ini dimanfaatkan untuk memperindah spot wisata terkenal di Thailand ini

Pemerintah setempat bakal lebih mengajak turis lokal dan ekspatriat yang tinggal di Thailand untuk berkunjung ke Khaosan Road. Sebab saat ini turis asing masih belum bisa bebas masuk Thailand. Rencananya, wakil gubernur akan membuka kembali Khaosan Road mulai 30 atau 31 Oktober 2020.

Ilustrasi turis asing di Bangkok. Photo by Ragnar Vorel on Unsplash
Ilustrasi turis asing di Khaosan Road Bangkok. Photo by Ragnar Vorel on Unsplash

Khaosan Road menjadi zona nyaman buat backpacker internasional karena semua keperluan terpenuhi di sini. Misalnya makanan, tempat nongkrong, hostel, dan tempat hiburan. Khaosan Road pun mendapatkan julukan banana pancake trail. Berdasarkan tripsavvy.com, banana pancake trail adalah istilah untuk area wisata yang punya biaya liburan murah sehingga banyak dituju backpacker internasional.

Sebenarnya banana pancake trail ini nggak cuma ada di Thailand tepatnya Khaosan Road tapi juga di negara lain di Asia Tenggara. Ciri-ciri banana pancake trail adalah banyak kafe, bar, restoran bergaya barat, banyak penduduk lokal berbicara Bahasa Inggris, dan harga beragam hal murah.

Ilustrasi Khaosan Road, lokasi populer tujuan turis asing. Photo by Evan Krause on Unsplash
Ilustrasi Khaosan Road, lokasi populer tujuan turis asing. Photo by Evan Krause on Unsplash

Berwisata ke mana pun, harus tetap waspada termasuk di Khaosan Road. Nggak sedikit turis yang kena tipu ketika liburan di Khaosan Road, seperti dikutip dari theculturetrip.com. Misalnya ketika naik tuk-tuk atau taksi, harganya lebih mahal alias harga turis. Penipuan juga bisa aja dilakukan oleh agen perjalanan. Tentu nggak semuanya, cuma sejumlah oknum aja.

Selain itu, kadang ada copet. Sebaiknya nggak membawa barang mahal yang terlihat mata. Kalau membawa handphone atau dompet, masukkan ke dalam tas dan tutup tas. Letakkan tas di bagian depan badan.

TALES Khaosan, salah satu hostel di Khaosan Road. Instagram @taleskhaosan
TALES Khaosan, salah satu hostel di Khaosan Road. Instagram @taleskhaosan

Khaosan Road punya hostel dan kuliner murah. Hostel di sini ada yang harganya sekitar 250 baht, ada juga yang kurang dari itu. Tapi biasanya fasilitasnya seadanya. Kebersihannya pun mungkin biasa aja, kurang standar. Ada juga kok hostel butik dan spa yang kebersihan dan fasilitasnya memadai, harganya tentu lebih dari 250 baht. Selain penginapan, makanan di area ini juga terjangkau. Misalnya street food harganya mulai dari 30 baht, kalau makanan berat mulai dari 50 baht.

Ilustrasi suasana Khaosan Road. Photo by Evan Krause on Unsplash
Ilustrasi suasana Khaosan Road. Photo by Evan Krause on Unsplash

Suasana Khaosan Road bisa dibilang kayak bukan di Thailand. Kalau dilihat sekilas seolah lebih banyak turis asing daripada orang lokal. Selain itu, banyak tempat hiburan atau tempat makan bergaya barat di sini. Ditambah lagi, banyak juga penduduk lokal terutama yang punya usaha di sini ngomong pakai Bahasa Inggris. Jadi kalau pengin cari pengalaman budaya, Khaosan Road bukan tempatnya.

Khaosan Road
Talat Yot, Phra Nakhon, Bangkok 10200, Thailand
24 jam
Ratchathewi

Simpan dulu 6 fakta Khaosan Road Bangkok di atas buat liburan nanti. Kalau pengin spot wisata lengkap dan murah, tempat ini bisa dipilih. Buat #SGB_Family yang mau tahu spot wisata menarik lain di Thailand, kunjungi akun Instagram @thailandguidebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial