fbpx

Cara Bikin Visa Turis ke Korea Selama Pandemi, Pakai Surat Karantina

  • October 18, 2020
  • Dibaca 54 kali
Cara Bikin Visa Turis Korea

Korea udah membuka lagi untuk kedatangan wisatawan internasional. Ada persyaratan baru untuk bisa mendapatkan visa turis selama pandemi. Agar persiapan #SGB_Family lancar dan nggak ada hambatan karena kekurangan dokumen dan persyaratan, #SGB_Team beberkan cara bikin visa turis ke Korea selama pandemi yang dilansir dari visaforkorea-in.com. Catat persyaratannya ya!

Cara Bikin Visa Turis Korea
Ilustrasi Bukchon Hanok Village. Instagram @harrietseddon

Visa turis ke Korea bisa diajukan oleh #SGB_Family yang berusia di atas 19 tahun karena anak sampai usia 19 tahun masuk kriteria anak di bawah umur. Sebenarnya, anak di bawah umur bisa mengajukan visa jika didampingi orang tua atau wali. Kalau tidak didampingi, harus melampirkan fotokopi identitas orang tua yang masih berlaku, surat persetujuan orang tua, dan lainnya.

Sebelum mengajukan visa, harus tahu beberapa jenis visa sebagai berikut:

  • Visa Single Entry

Masa berlaku 3 bulan digunakan untuk 1 kali kunjungan selama kurun waktu tersebut

  • Visa Double Entry

Masa berlaku 6 bulan digunakan untuk 2 kali kunjungan selama kurun waktu tersebut

  • Visa Multiple Entry

Masa berlaku tergantung tipe visa dan bisa melakukan kunjungan masuk tanpa batas

  • Visa Jangka Pendek

Izin tinggal di korea maksimal 90 hari (wisata, bisnis/meeting, acara, seminar/workshop, menghadiri pernikahan, mengunjungi kerabat)

  • Visa Jangka Panjang

Izin tinggal di korea lebih dari 91 hari (pekerja, belajar, mendampingi kerabat, dll)

Selain berumur di atas 19 tahun, syarat penting pengajuan visa ke Korea adalah dengan menyerahkan dokumen-dokumen aplikasi visa.

Selama pandemi, hanya visa jenis Single Entry yang bisa diterbitkan.

Ilustrasi paspor. Instagram @ecy_trioriwd
Ilustrasi paspor. Instagram @ecy_trioriwd

Berikut adalah dokumen yang perlu disiapkan dan diserahkan untuk aplikasi visa:

  • Paspor

Paspor harus berlaku minimal tersisa 6 bulan mulai dari tanggal pengajuan permohonan aplikasi visa

  • Pasfoto

Berukuran 3,5 cm x 4,5 cm dan berwarna

  • Formulir permohonan aplikasi visa

Akan ada beberapa pilihan formulir permohonan aplikasi visa, pilih Individu Aplikasi Visa agar mendapatkan formulir pengajuan visa yang digunakan untuk pribadi. Formulir bisa diunduh di sini.

  • Sertifikat hubungan keluarga Indonesia

Sertifikat ini dibutuhkan untuk membuktikan hubungan keluarga dengan para pendamping dengan menyerahkan Kartu Keluarga

  • Dokumen pembuktian identitas

Di dalam formulir permohonan aplikasi visa, #SGB_Family akan diminta untuk mengisi bagian identitas pekerjaan. Dokumen ini diperlukan untuk membuktikan identitas pekerjaan, status sosial, dan lainnya. 

  • Sertifikat diagnosa TB

Sebagai salah satu negara dengan tingkat risiko tinggi TB, turis dari Indonesia wajib menyerahkan sertifikat diagnosa TB. Sertifikat ini khusus untuk #SGB_Family yang akan mengajukan visa jangka panjang. Pengecualian untuk visa Diplomatik, visa Dinas, visa Kerjasama, anak di bawah 6 tahun, dan ibu hamil.Unduh formulir sertifikat diagnosa TB di sini. #SGB_Family juga akan membutuhkan pemeriksaan TB di Rumah Sakit yang telah ditunjuk. Daftar Rumah Sakit rujukan pemeriksaan TB bisa dilihat di sini.

Cara Bikin Visa Turis Korea
Ilustrasi Gyeongbokgung Palace. Instagram @nomad_traveler_mx

Mulai tanggal 13 April 2020, terdapat dokumen khusus untuk bikin visa ke Korea selama pandemi yaitu sertifikat konfirmasi kondisi kesehatan, sertifikat diagnosa Rumah Sakit, formulir persetujuan karantina. Dokumen ini wajib bagi pengajuan visa baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Pembuatan dokumen khusus harus dilakukan dalam kurun waktu 48 jam sebelum waktu pengajuan visa. Rumah Sakit rujukan yang diterima sama dengan untuk TB. Akan ada wawancara tentang kesehatan yang dilakukan setelah pengajuan permohonan visa. Proses pemutusan hasil minimal selama 14 hari.

Salah satu dokumen adalah formulir persetujuan karantina, di mana #SGB_Family harus melakukan karantina selama 14 hari di fasilitas karantina milik pemerintah Korea Selatan. Biaya penggunaan fasilitas karantina pemerintah adalah sebesar 150.000 won per hari.

Untuk sertifikat konfirmasi kondisi kesehatan dan diagnosa Rumah Sakit, wajib tercantum ada atau tidaknya gejala demam, batuk, menggigil, sakit kepala, dan lainnya. Begitu pula dengan nama dan nomor telepon Rumah Sakit, tanggal pemeriksaan kesehatan dan penerbitan, nama dokter yang bertanggungjawab, dan lainnya.

Songwol-dong Fairy Tale Village. Instagram @maddie_boelk
Songwol-dong Fairy Tale Village. Instagram @maddie_boelk

Setelah memenuhi syarat dan mempersiapkan dokumen pengajuan visa, #SGB_Family harus datang dan menyerahkan langsung ke Korea Visa Application Center (KVAC) di Jakarta. Pelayanan untuk pengajuan visa dibuka pukul 11am-3pm (weekend dan hari libur nasional tutup).

Biaya yang harus #SGB_Family keluarkan untuk pengajuan visa adalah sebagai berikut:

  • Single visa (kurang dari 90 hari): Rp780.000
  • Single visa (lebih dari 91 hari): Rp1.072.000
  • Double visa: Rp1.218.000
  • Multiple visa: Rp1.510.000
  • Grup visa: Rp339.000

Dokumen dan biaya yang sudah diterima pihak KVAC tidak akan dikembalikan. Setelah cocok dengan fotokopi, dokumen asli bisa dikembalikan kepada pemiliknya.

Setelah menyerahkan dokumen yang dibutuhkan, paspor dan visa dapat diambil di hari ke-14 setelah 1 hari pengajuan permohonan aplikasi visa dengan datang ke kantor KVAC. Pengambilan bisa diwakilkan dengan membawa tanda terima pendaftaran dan identitas asli beserta fotokopi.

Korea Visa Application Center
GUARDIAN - Lotte Shopping Avenue, Ciputra World 1 Unit 5F-05A LT. 05, Jl. Prof. DR. Satrio No.1, RT.18/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Setiabudi, South Jakarta City, Jakarta 12940
11am-4pm (weekend dan hari libur nasional tutup)
.visaforkorea-in.com

Nah, karena ada tambahan dokumen khusus selama pandemi, jadi harus perhatikan sebelum bikin visa turis ke Korea. Jangan sampai ada yang ketinggalan ya, karena semuanya harus lengkap agar visa bisa dikeluarkan. Jadi, udah ada yang berencana bikin visa turis ke Korea dan berlibur di sana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial