fbpx

5 Kota Termurah di Jepang Buat Liburan Hemat, Osaka sampai Sapporo

  • October 17, 2020
  • Dibaca 254 kali

Traveling ke Jepang sebenarnya nggak perlu mahal. Semua aspek mulai dari pesawat sampai hotel bisa cari yang harganya terjangkau. Selain itu, berkunjung ke 5 kota termurah di Jepang juga jadi cara lain liburan hemat budget. Termurah mulai dari penginapan, makanan, sampai wisata. Di kota mana aja?

Orang-orang berkunjung ke Sensoji Temple di Asakusa, Tokyo, Jepang. Photo by Kishor on Unsplash
Orang-orang berkunjung ke Sensoji Temple di Asakusa, Tokyo, Jepang. Photo by Kishor on Unsplash

Biaya yang harus disiapkan buat ke Jepang bergantung pada gaya liburan. Tentukan akomodasi, penginapan, makanan, dan transportasi yang sesuai budget. Menurut japan-guide.com, solo traveler bisa menghabiskan 3.500-7800 yen per hari untuk liburan low budget di Jepang. 

Buat solo traveler medium budget, rata-rata mengeluarkan biaya 8.800-18.500 yen per hari. Sementara solo traveler dengan budget cukup banyak, rata-rata menghabiskan lebih dari 18.500 yen. Tapi biaya ini belum termasuk transportasi dan rate penginapan pada masa high season.

Kota liburan termurah Jepang
Ilustrasi Dotonbori di Osaka. Photo by Ramon Kaige on Unsplash

Berdasarkan theculturetrip.com, Osaka menjadi salah satu kota termurah untuk liburan hemat di Jepang. Turis asing biasanya menjadikan Osaka tujuan selanjutnya setelah Tokyo, maupun tujuan utama ketika liburan di Jepang. Kalau mendengar kata Osaka, mungkin #SGB_Family bakal kepikiran takoyaki dan okonomiyaki. Benar banget! Osaka memang asal kedua makanan Jepang yang dikenal juga di Indonesia ini.

Nggak cuma takoyaki dan okonomiyaki, banyak makanan lain yang otentik dan lezat. Makanya, Osaka disebut juga surga kuliner Jepang murah. Bukan hanya restoran besar, #SGB_Family bisa mendapatkan kenikmatan makanan Osaka di penjual pinggir jalan. Harganya lebih murah, tapi rasanya sama-sama otentik. Takoyaki misalnya, harga di pinggir jalan 300-700 yen sedangkan di restoran bisa lebih dari 700 yen.

Sama dengan Tokyo, Osaka juga punya beragam jenis penginapan murah seperti hostel dengan harga mulai dari 1.500 yen dan kapsul harga mulai dari 3.000 yen per hari. Selanjutnya tempat wisata, kalau pengin yang gratis bisa ke Dotonbori. Tempat ini sebenarnya pusat belanja, kuliner, dan hiburan. Tapi #SGB_Family bisa sekadar berfoto di depan billboard yang punya desain unik atau menyaksikan kerennya sungai Dotonbori pada malam hari.

Dotonbori
1 Chome-9 Dotonbori, Chuo Ward, Osaka, 542-0071, Japan
24 jam
JR Namba
dotonbori.or.jp

Ilustrasi pantai di Okinawa. Photo by Vladimir Halkatov
Ilustrasi pantai di Okinawa. Photo by Vladimir Halkatov on Unsplash

Siapa yang butuh “vitamin-sea”? Jepang juga punya kota yang terkenal akan pantai dan lautnya, Okinawa! Kota ini termasuk tujuan buat liburan hemat di Jepang. Okinawa sendiri merupakan kota terbesar kedua setelah Naha, ibu kota Prefektur Okinawa. Nah, Prefektur Okinawa sendiri punya lebih dari 160 pulau, seperti dikutip dari jw-webmagazine.com. Kebayang kan betapa banyak pantai di sini?

Salah satu pantai yang patut dikunjungi adalah Emerald Beach, lokasinya dekat Okinawa Churaumi Aquarium yang populer. Kalau pengin liburan murah di Okinawa, bisa coba tidur di dalam tenda alias camping. Biasanya ada pantai yang menggratiskan camping. Tapi kalau ada tanda “dilarang berkemah”, jangan nekat membangun tenda, ya. Lebih nyaman tinggal di penginapan? Bisa aja. Harga guesthouse mulai dari 2.000 yen, kalau hostel sekitar 3.000 yen.

Emerald Beach
424 Ishikawa, Motobu, Kunigami Bezirk, Okinawa 905-0206, Japan
Emerald Beach Mae
oki-park.jp

Kota liburan termurah di Jepang
Ilustrasi Kamakura Daibutsu di Kamakura. Photo by Yekaterina Golatkina on Unsplash

Kota termurah buat liburan di Jepang selanjutnya Kamakura. Lokasinya dekat dengan Tokyo, lebih kurang 1 jam. Jadi #SGB_Family bisa bolak-balik Tokyo-Kamakura dan sebaliknya. Biaya shinkansen lebih hemat jadinya. Pencinta wisata budaya wajib banget ke sini karena banyak tempat peninggalan sejarah. Dulunya Kamakura adalah pusat politik Jepang.

Selain banyak wisata sejarah, Kamakura juga termasuk kota termurah di Jepang. Harga guesthouse sekitar 3.500 yen per hari per orang, sedangkan hostel mulai dari 6.500 yen. Wisata yang wajib dikunjungi di Kamakura adalah Kamakura Daibutsu, patung Buddha perunggu tertinggi kedua di Jepang.

Kamakura Daibutsu
4 Chome-2-28 Hase, Kamakura, Kanagawa 248-0016, Japan
8am-5pm
Hase
kotoku-in.jp

Ilustrasi Sorakuen di Kobe. Photo by Juliana Barquero on Unsplash
Ilustrasi Sorakuen di Kobe. Photo by Juliana Barquero on Unsplash

Ada lagi kota di Jepang yang lebih murah selain Osaka yaitu Kobe. Letak Kobe ini juga nggak jauh dari Osaka, sekitar 30 menit naik kendaraan. Ibu kota Prefektur Hyogo ini terkenal dengan produksi daging sapi berkualitas. Harga daging kobe memang nggak murah. #SGB_Family bisa menikmati steak daging kobe dengan budget kurang dari 6.000 yen. Harga ini termasuk murah karena pada dasarnya daging sapi Jepang memang mahal.

Selain itu, Kobe yang termasuk kota pelabuhan juga dipenuhi wisata sejarah dan kekayaan budaya yang unik. Ada Arima Onsen, resor onsen yang umurnya lebih dari 1.000 tahun. Suasananya pun jadul banget.

Arima Onsen
Arima-Onsen, Arima-cho, Kita Ward, Kobe, Hyogo, Japan
Arima Onsen
visit.arima-onsen.com

Ilustrasi keadaan Sapporo saat musim dingin. Photo by Denny Ryanto on Unsplash
Ilustrasi keadaan Sapporo saat musim dingin. Photo by Denny Ryanto on Unsplash

Kalau pengin menjelajahi pegunungan Jepang yang keren dan menyantap ramen terenak, kunjungi Sapporo. Daya tarik Sapporo semakin memancar saat musim dingin. #SGB_Family bisa berkunjung ke ski resor atau Historic Village of Hokkaido yang indah dipenuhi salju. Tapi kalau mau budget liburan lebih hemat, bisa datang saat musim panas. Suasana liburan saat musim panas di Sapporo nggak kalah serunya saat musim dingin. Hostel di Sapporo sangat terjangkau, harganya 2.000-3.000 yen per malam.

Historic Village of Hokkaido
50-1 Atsubetsucho, Atsubetsu Ward, Sapporo, Hokkaido 004-0006, Japan
9am-4.30pm
kaitaku.or.jp

Pengin liburan hemat di Jepang, #SGB_Family bisa memilih 5 kota termurah di atas. Mau yang banyak pantai, tinggal ke Okinawa. Saat musim dingin, kunjungi Sapporo. Informasi menarik lain tentang spot wisata di Tokyo, bisa didapatkan di Instagram @tokyoguidebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial