fbpx

Hong Kong – Singapura dengan Travel Buble, Ada Update Tentang Bintan!

  • October 16, 2020
  • Dibaca 66 kali

Setelah melewati diskusi panjang, Indonesia dan Singapura telah setuju untuk membuka kembali perbatasan untuk perjalanan bisnis dan resmi mulai 26 Oktober mendatang. Kabar terbaru, Hong Kong – Singapura juga akan dibuka dengan travel buble. Ada update apa lagi, ya? Baca terus artikel ini, ya.

Pulau Bintan (IG:@myshaznaehbrie)

Dilansir dari thejakartapost.com, Bupati Bintan, Buralimar, menyampaikan harapannya tentang kabar baik ini. Ia berharap keputusan tersebut nantinya akan mengarah ke dibukanya kembali akses bagi para traveler dari Singapura. Nggak cuma itu, administrasi provinsi Pulau Riau juga mengirimkan surat ke pemerintah pusat dan meminta agar perbatasan segera dibuka kembali untuk wisatawan Singapura yang hendak berkunjung ke Lagoi. Semoga segera di-acc, ya!

Zona wisata terintegrasi di Bintan memiliki sebuah pelabuhan yang terletak jauh dari pemukiman penduduk.  Buralimar menambahkan bahwa pihaknya sudah siap menerima wisatawan kembali selama pandemi ini. 

Bintan Island (IG:lil.miss.sunshinee)

Dalam berita ini juga disampaikan bahwa pemerintah pusat melakukan uji coba di pelabuhan Lagoi dan menerapkan langkah-langkah pencegahan untuk mencegah kasus COVID-19. Pencegahan yang dilakukan dapat berupa membatasi jumlah wisatawan asing yang masuk sebanyak 300 orang per minggu.

Jika semua berjalan lancar, maka Lagoi dapat kembali beroperasi lagi secara bertahap di bulan Oktober atau awal November. Dengan cara ini, wisata di Bintan akan dapat tumbuh kembali meski di tengah pandemi. Yeay! Siapa nih #SGB_Family yang udah gak sabar?

Selama ini Kepulauan Riau memang menjadi tempat kunjungan wisata internasional kedua di Indonesia setelah Bali. Penutupan perbatasan telah memberikan dampak besar bagi perekonomian Kepulauan Riau yang bergantung pada wisatawan dari Singapura. 

Hong Kong (unsplash)

Sementara itu, Hong Kong – Singapura berencana akan membuat travel bubble seiring dengan dibukanya kembali jalur perjalanan luar negeri. Nggak cuma itu, kabarnya akan ada penghapusan peraturan karantina untuk wisatawan asing. Meski demikian, para pengunjung harus memiliki hasil tes negatif untuk COVID-19 dan melakukan perjalanan dengan penerbangan khusus. Rincian lebih lanjut akan diumumkan bersama dengan tanggal peluncuran pada beberapa minggu ke depan.

Masih dilansir dari thejakartapost.com, keputusan ini merupakan langkah yang aman, hati-hati namun juga signifikan untuk membangkitkan kembali perjalanan udara sekaligus sebagai model untuk kolaborasi dengan berbagai negara lain nantinya. Semoga bisa memperbaikin bidang pariwisata secepatnya, ya.

Hong Kong sebelumnya memberikan larangan bagi non-warga Hong Kong untuk memasuki wilayahnya sejak bulan Maret. Perjanjian Hong Kong – Singapura ini menjadi upaya pertama untuk membuka kembali perjalanan asing dengan kota lainnya. Sedangkan pendatang dari Cina dan Macau masih harus menjalani karantina 14 hari.

Sementara itu, Singapura sudah mengumumkan izin perjalanan bisnis dan perjalanan penting lainnya dari Cina, Indonesia, Jepang, Malaysia, Korea Selatan, dan secara unilateral membuka izin untuk perjalanan umum bagi pengunjung dari Brunei, Selandia Baru, Vietnam, dan Australia. Tentunya dengan syarat-syarat tertentu, ya.

Ilustrasi Terminal di Bandara Changi. Instagram @changiairport
Ilustrasi Terminal di Bandara Changi. Instagram @changiairport

Mulai minggu ini, Singapura juga mulai melonggarkan peraturan karantina bagi para traveler dari Hong Kong  yang sebelumnya 14 hari menjadi sehari saja. Kota tersebut sudah masuk ke daftar kota dengan risiko rendah. Wah, jadi bisa makin cepat keliling Singapura.

Dengan mulai dibukanya kembali perjalanan di berbagai kota sibuk di Asia ini termasuk Hong Kong – Singapura, diharapkan perjalanan internasional di Asia kembali bangkit. Pandemi telah membuat perjalanan internasional kolaps karena banyaknya penutupan perbatasan dengan jumlah penumpang turun hingga sebanyak 97 persen. #SGB_Family juga nggak sabar untuk bisa liburan lagi, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial