fbpx

Tips Berkunjung ke Maeklong Market Thailand, Pasar di Rel Kereta!

  • October 14, 2020
  • Dibaca 196 kali
Tips berkunjung ke Maeklong Market Thailanda

Mungkin #SGB_Family pernah tahu ada pasar yang lokasinya unik seperti di atas perahu. Pasar ini bisa ditemukan di Indonesia maupun Thailand. Tapi ada pasar dengan lokasi lebih nggak biasa lagi di Thailand yaitu Maeklong Market Bangkok. Pasar Maeklong berada tepat di rel kereta. Penjual atau pengunjung harus ekstra hati-hati. Ikuti tips berkunjung ke Maeklong Market Thailand biar nggak terkena kereta.

Kereta terlihat melintasi pasar. Instagram @harimaolee
Kereta terlihat melintasi pasar. Instagram @harimaolee

Menurut theculturetrip.com, Maeklong Railway Market udah eksis semenjak 1905. Lokasi pasar kereta api ini di Provinsi Samut Songkhram, tepatnya di Teluk Thailand. Sebagian besar penduduk berprofesi sebagai nelayan. Maeklong Market Thailand merupakan tempat untuk menjual hasil tangkapan laut.

Jalur kereta pun dibangun oleh pemerintah setempat supaya hasil tangkapan dan produk di kawasan ini bisa dikirim ke berbagai daerah di Thailand, termasuk Bangkok. Walaupun dibangun jalur kereta, pasar nggak pindah. Pedagang tetap jualan di rel kereta.

Uniknya, ketika kereta datang pedagang langsung mengamankan dagangan dan menurunkan atap tenda. Setelah kereta lewat, barang dagangan kembali ditata dan mereka menurunkan atap tenda. Pasar ini beroperasi pada pukul sekitar 4am-5pm.

Salah satu pedagang sayur di Maeklong Market. Instagram @yk
Salah satu pedagang sayur di Maeklong Market. Instagram @yk

Pasar Maeklong bisa dibilang nggak termasuk tempat untuk memborong oleh-oleh layaknya Chatuchak Weekend Market. Tempat ini layaknya pasar tradisional yang sebagian besar jualannya adalah bahan makanan, ada buah, sayur, dan seafood. Warga setempat biasanya belanja bahan makanan di sini. 

Beda cerita dengan turis asing yang berkunjung ke Pasar Maeklong. Sebagian besar bertujuan untuk merasakan sensasi dilewati kereta ketika berada di pasar. Sekalian tentunya berfoto dengan latar belakang pasar rel kereta. Jadi kalau #SGB_Family pengin membeli barang khas Thailand untuk souvenir, bukan Maeklong market Thailand tempatnya.

Pembeli sedang belanja di Pasar Maeklong. Instagram @pat_kay
Pembeli sedang belanja di Pasar Maeklong. Instagram @pat_kay

Tapi mumpung udah ada di Pasar Maeklong, #SGB_Family bisa cobain cumi kering atau ikan kering. Nggak perlu dimasak, tinggal makan juga bisa. Kalau pengin beli buah juga boleh banget. Pastikan untuk cobain jambu air dan jeruk bali yang merupakan produk setempat.

Pencinta durian juga bakal ketemu dengan buah berduri satu ini. Sebelum bawa pulang durian ke hostel, pastikan dulu aturan di sana, ya. Boleh atau nggak membawa durian. Harga buah di Maeklong Market Thailand mulai dari 10 baht. Nggak usah ragu tanya harga, karena di tiap bahan makanan udah tertulis harganya.

Turis terlihat berpose di tengah rel kereta api. Instagram @jacob
Turis terlihat berpose di tengah rel kereta api. Instagram @jacob

Udah bukan rahasia lagi, Pasar Maeklong menarik perhatian turis asing. Nggak sedikit yang pengin tahu keadaan pasar di atas rel kereta. Mereka juga bakal mengabadikan momen itu, baik melalui video maupun foto. Nah, #SGB_Family yang pengin berfoto di sini sebaiknya selalu siap siaga. Soalnya kereta bakal lewat dari dan menuju Maeklong Station. 

Kereta bakal lewat sebanyak 8 kali. Jadwal kereta berangkat dari Maeklong Station 6.20am, 9am, 11.30am, dan 3.30pm. Kalau kereta datang ke Maeklong Station jam 8.30am, 11.10am, 2.30pm, dan 5.40pm. Jadi kalau pengin foto di tengah rel kereta, mendingan 10-15 menit sebelum kereta lewat pada jadwal tersebut.

Berkunjung ke Pasar Maeklong, sebaiknya #SGB_Family pakai baju dan alas kaki yang nyaman karena harus selalu siaga. Sebaiknya juga bawa air mineral dan atau camilan. Perhatikan bahwa pasar ini bakal ramai pembeli maupun turis asing. Hati-hati, selalu ingat jadwal kereta. Hindari rel saat bunyi kereta udah terdengar.

Tips berkunjung ke Maeklong Market Thailanda
Turis sedang berpose di tengah rel kereta. Instagram @melmattos

Pasar Maeklong berada sekitar 80 kilometer ke arah barat daya dari Bangkok. Tempat ini bisa dijangkau dalam waktu sekitar 1 jam. Berdasarkan www.hotels.com, #SGB_Family bisa naik BTS Skytrain dari stasiun Wongwian Yai di Bangkok jam 6.45am menuju stasiun Maeklong. Jalur kereta Maeklong ini akan membawa penumpang langsung ke pasar. Turun aja di stasiun terakhir. Jalan di sepanjang rel selama kira-kira 5 menit, bakal sampai di Pasar Maeklong.

Maeklong Market Thailand
Kasem Sukhum Alley, Mae Klong, Samut Songkhram, 75000, Thailand
4am-5pm
Maeklong Station

Pengin berkunjung ke Maeklong market saat di Thailand? Sebaiknya datang waktu pagi hari, ketika cuaca nggak panas dan pengunjung belum terlalu banyak. Sebelum datang, simak dulu tips berkunjung ke Maeklong market Thailand di atas. #SGB_Family mau tahu informasi menarik lain tentang Thailand? Kunjungi Instagram @thailandguidebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial