fbpx

Thai Airways Jualan Odading (Roti Goreng), Apa Alasannya, Ya?

  • October 13, 2020
  • Dibaca 102 kali
Pa tong go sedang digoreng. Instagram @thaiairways

Pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi macam-macam bidang bisnis mulai dari rumahan sampai yang besar. Terbaru ada Thai Airways yang juga terkena dampak pandemi Covid-19. Maskapai penerbangan dari Thailand ini mengalami kebangkrutan sampai akhirnya banting setir ke bisnis kuliner. Sebelumnya mereka membuka restoran di darat, sekarang Thai Airways jualan roti goreng. Selengkapnya, yuk baca selengkapnya di bawah ini. 

Pesawat Thai Airways. Instagram @wolnerchris_aviation
Pesawat Thai . Instagram @wolnerchris_aviation

Menurut bangkokpost.com, The Central Bankruptcy Court memutuskan bahwa Thai Airways bisa melakukan pemulihan hutang. Maskapai penerbangan Thailand ini mempunyai kewajiban senilai 323,2 miliar baht pada akhir Juni. 

Kejadian tersebut menjadi tantangan paling besar yang dihadapi maskapai ini selama 60 tahun beroperasi. Disebabkan pandemi yang memberi dampak pada sektor ekonomi Thailand yang bergantung pada pariwisata. Akibat Covid-19, maskapai Thailand ini berhenti beroperasi sejak April 2020. Sampai akhirnya harus memberhentikan karyawan dan mencari bantuan keuangan dari pemerintah dan investor.

Pa tong go atau roti goreng Thailand disajikan dengan saus ubi ungu. Instagram @thaiairways
Pa tong go atau roti goreng Thailand disajikan dengan saus ubi ungu. Instagram @thaiairways

Thai Airways dapat dibilang selalu mempunyai cara inovatif untuk tetap bertahan selama pandemi. Kali ini, Thai Airways jualan roti goreng khas Thailand yang disebut pa thong ko atau pa tong go. Pa thong ko juga dikatakan sebagai donat-nya Thailand. Maskapai penerbangan asal Thailand ini meluncurkan roti goreng di kantor pusat mereka di Silom Road, seperti dikutip dari khaosodenglish.com

#SGB_Family akan menemukan gerai pa tong go milik Thai Airways di Siloam Road yang kini banyak pengunjung antre. Satu porsi roti goreng ini berisi 3 pa tong go disajikan bersama saus ubi ungu. Mereka mengemasnya dalam kantong kertas. Thai Airways membanderol roti goreng mereka dengan harga 50 baht per porsi.

Pa tong go sedang digoreng. Instagram @thaiairways
Pa tong go sedang digoreng. Instagram @thaiairways

Thai Airways jualan roti goreng di lima gerai makanan milik mereka. Lokasinya di Puff & Pie di pasar Or Tor Kor, markas Thai Airways di Chatuchak dan Rak Khun Tao Fa, Thai Catering di Don Muang, dan THAI cabang Siloam. Ada juga 2 outlet yang berlokasi di Provinsi Chiang Mai yang telah menjual pa tong go sejak 2019. Rata-rata gerai menjual pa tong go pada pagi hari, tapi ada juga yang buka sepanjang hari.

Menu makanan yang disediakan THAI Catering. Facebook THAI Catering
Menu makanan yang disediakan THAI Catering. Facebook THAI Catering

Kantor cabang Thai Airways di Silom tidak hanya menjual pa tong go. Maskapai penerbangan ini juga meluncurkan kafetaria yang menjual makanan dalam penerbangan atau in-flight meals. #SGB_Family dapat menikmati sejumlah sajian internasional ala chef Thai Airways. Berikut menu katering makanan dalam penerbangan ala THAI Catering, lengkap dengan harganya:

  • Fish Masala and Basmati Rice 169 baht
  • Penne Carbonara 129 baht
  • Caesar Salad with Smoked Salmon 129 baht
  • Chicken Shawarma 95 baht
  • Black Pepper Chicken Stir Fry with Rice 65 baht
  • Dulcey Almond Roasted Pie 150 baht
  • Lemon Meringue Pie 135 baht

Selain 7 menu internasional di atas, THAI Catering juga akan menjual kue puff dan pai Thai Airways yang terkenal. Untuk minuman, #SGB_Family bisa mencicipi kopi yang diseduh oleh pilot dan anggota kru Thai Airways yang ahli dalam kopi.

THAI Catering berlokasi di kantor Thai Airways di Jalan Silom dan Narathiwat. Kantor ini buka pada Senin-Jumat pukul 6am-2pm. Lokasinya tidak jauh dari pintu keluar BTS Chong Nonsi 3. Cukup jalan kaki beberapa menit.

Restoran pesawat Thai Airways dengan kursi kelas bisnis dan ekonomi. Facebook THAI Catering
Restoran pesawat Thai Airways dengan kursi kelas bisnis dan ekonomi. Facebook THAI Catering

Sebelum menjual pa tong go maupun meluncurkan menu katering, Thai Airways sudah bergelut di bidang kuliner dengan mendirikan restoran pesawat. Maskapai penerbangan Thailand ini membuka restoran tersebut di kantor pusatnya di Bangkok, tepatnya di Viphavadee Road.

Menurut mothership.sg, tempat kuliner unik ini didirikan untuk menjawab rindu traveler yang belum bisa liburan naik pesawat. Jadi restoran ini dibuat semirip mungkin dengan pesawat. Pelanggan masuk restoran melalui tangga yang mirip dengan tangga sebelum memasuki pesawat.

Kursi di dalam restoran terdiri dari kelas ekonomi dan kelas bisnis. Jangan terkejut melihat sejumlah model pesawat yang dijadikan dekorasi termasuk mock-up pintu pesawat. Nantinya, #SGB_Family bisa membawa tiruan boarding pass sebagai souvenir. Makanan yang bisa disantap di restoran pesawat ini di antaranya:

  • Pasta Beef Bolognese dan Penne Pasta Carbonara, masing-masing 129 baht
  • Caesar Tuna Salad dan Caesar Salad Smoke Salmon, masing-masing 99 baht
  • Chicken Shawarma 95 baht
  • Mixed Seafood Yakisoba 160 baht
  • Bak Kut Teh with Rice 180 baht
  • Blueberry Cheese Cake dan Mango Cheese Cake, masing-masing 120 baht

Restoran ini buka Rabu-Jumat pukul 7am-2pm, makanan panas disajikan mulai pukul 9am. Restoran ini juga membuka layanan delivery service.

Bisa disimpulkan bahwa bisnis kuliner yang digeluti Thai Airways kini ada jualan roti goreng, katering makanan dalam penerbangan, dan restoran pesawat. Bagaimana menurut #SGB_Family tentang inovasi kuliner dari maskapai penerbangan Thailand ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial