fbpx

Panduan Belanja di Nakamise-dori Asakusa, Kota Tua-nya Tokyo

  • October 12, 2020
  • Dibaca 154 kali
Nakamise-dori, shopping street tertua di Jepang. Photo by Benjamin Wong on Unsplash

Tokyo terkenal dengan shopping street atau pusat belanja ramah pejalan kaki. Shopping street menyebar di penjuru Tokyo. Salah satunya Nakamise-dori yang berlokasi di Asakusa. Nakamise-dori terkenal sebagai tempat belanja barang dan street food khas Jepang. Tempat belanja populer ini juga menjadi tujuan sebelum atau sesudah berkunjung ke Sensoji Temple, kuil ikonik di Tokyo. Sebelum berkunjung, ikuti panduan belanja di Nakamise-dori Tokyo.

Orang-orang berkunjung ke Sensoji Temple di Asakusa, Tokyo, Jepang. Photo by Kishor on Unsplash
Orang-orang berkunjung ke Sensoji Temple di Asakusa, Tokyo, Jepang. Photo by Kishor on Unsplash

Sebelum masuk ke Sensoji Temple, terdapat Kaminarimon atau gerbang kaminari. Spot inilah tempat favorit pengunjung untuk berfoto. Menurut matcha-jp.com, Nakamise-dori atau Jalan Nakamise merupakan shopping street yang berlokasi di antara gerbang Kaminari hingga Kuil Sensoji. Panjang pusat belanja ini sekitar 250 meter dengan kira-kira 90 kios.

Jadi setelah berfoto di depan gerbang, lanjutkan belanja, baru berkunjung ke Sensoji Temple atau sebaliknya. Konon, Nakamise-dori dibangun antara era Kyoho (1716-1736) atau Genroku (1688-1704). Hal ini membuat Nakamise-dori menjadi pusat belanja tertua di Jepang. Bahkan sejumlah kios dipegang oleh keluarga yang sama selama beberapa generasi.

Panduan Belanja Nakamise-dori Tokyo
Nakamise-dori di antara gerbang kaminari dan Sensoji Temple. Photo by Nicholas Doherty on Unsplash

Belanja di Nakamise-dori, jangan lewatkan untuk membeli boneka kucing. Boneka kucing dengan tangan terangkat ke atas ini konon bisa membawa keberuntungan. Di sini juga menjual kimono dengan harga terjangkau dan geta alias sandal kayu khas Jepang. Bahkan ada juga yang menjual katana, pedang samurai Jepang. Kalau pengin bawa oleh-oleh yang lebih praktis, bisa juga membeli sumpit kayu, sisir kayu, kipas tangan, kaos kaki motif, dan kain.

Berhubung berlokasi dekat kuil, #SGB_Family juga bakal menemukan aksesori yang berkaitan dengan kuil. Beberapa di antaranya adalah lonceng bertali yang dipercaya membawa keberuntungan dan melindungi keluarga. Ada juga lampion mini. Harga souvenir di sini beragam, mulai dari 400 yen untuk benda kecil seperti gantungan boneka kucing.

Panduan Belanja Nakamise-dori Tokyo
Nakamise-dori, shopping street tertua di Jepang. Photo by Benjamin Wong on Unsplash

Berdasarkan japan-talk.com, pusat belanja di Nakamise-dori rata-rata buka pukul 9am-6pm. Namun, beberapa kios punya jam buka masing-masing. Berlokasi di pusat wisata populer, membuat banyak pengunjung baik lokal maupun wisatawan berbondong-bondong ke sini. Sebaiknya tiba di Nakamise-dori pada pagi hari misalnya sejak pertama buka. Sehingga #SGB_Family punya waktu lebih untuk memilih oleh-oleh, nggak diburu waktu atau pengunjung lain.

Ilustrasi kue ikan isi pasta kacang merah manis. Photo by Kelly Visel on Unsplash
Ilustrasi kue ikan isi pasta kacang merah manis. Photo by Kelly Visel on Unsplash

Nakamise-dori terkenal sebagai pusat jajanan tradisional khas Jepang. Berada di sini, #SGB_Family bisa cobain senbei yang teksturnya renyah terbuat dari beras. Ada juga kibi-dango yang terbuat dari adonan ketan lembut dan age-manju alias roti goreng isi pasta kacang merah. Pencinta makanan manis juga kudu mencicipi ningyo yaki yang berupa pastry isi pasta kacang merah manis. Uniknya, ningyo yaki biasanya punya beragam bentuk seperti boneka dan burung.

Kalau pengin makanan bercita rasa gutih, cobain oden. Oden termasuk jenis makanan nabe alias hidangan hot pot Jepang. Biasanya disajikan dalam satu panci. Isinya beragam seperti telur rebus, daikon, olahan bakso ikan, dan konnyaku. Biasanya ditaruh di tusukan, direbus kaldu dashi rasa kedelai. Harga makanan di sini mulai dari 60 yen.

Gerbang masuk Sensoji Temple. Spot favorit pengunjung untuk berfoto. Photo by Nicholas Doherty on Unsplash 2
Gerbang masuk Sensoji Temple. Spot favorit pengunjung untuk berfoto. Photo by Nicholas Doherty on Unsplash

Nakamise-dori berada satu area dengan Sensoji Temple, kuil Buddha yang dibangun pada abad ke-7. Saat pandemi seperti ini, apabila belum bisa berkunjung ke sini coba jalan-jalan virtual. Sejumlah situs menyediakan layanan live streaming Sensoji Temple.

Selain itu, Nakamise-dori juga dekat dengan Hanayashiki yang merupakan taman hiburan tertua di Jepang. Cukup jalan sekitar 6 menit. Nggak jauh juga dari Kappabashi, pusat miniatur makanan dari plastik. Selanjutnya kalau jalan sampai kira-kira 20 menit, akan sampai di Tokyo Skytree.

Nakamise-dori
Souvenir mulai dari 400 yen | Jajanan mulai dari $60 yen
1 Chome-36-3 Asakusa, Taito City, Tokyo 111-0032, Japan
9am-6pm
Asakusa Station
asakusa-nakamise.jp

Panduan belanja di Nakamise-dori, bisa #SGB_Family simpan saat berkunjung ke Tokyo. Siapkan budget yang memadai untuk belanja oleh-oleh dan jajan di Nakamise-dori. Pengin tahu beragam informasi tentang Tokyo? Kunjungi Instagram @tokyoguidebook. Cari tahu spot menarik yang harus dikunjungi di Tokyo melalui Instagram ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial