fbpx

Covid-19 di Malaysia, Mall, Sekolah dan Tempat Ibadah Ditutup!

  • October 11, 2020
  • Dibaca 118 kali

Hampir seluruh negara di dunia ini sedang berperang dengan Covid-19. Belum ada tanda-tanpa perang ini akan berakhir. Virus ini bahkan menyerang siapa saja. Nggak sedikit orang terkenal terinfeksi Covid-19. Covid-19 di Malaysia juga belum selesai. Kini mall dan tempat ibadah kembali ditutup. Bahkan airlines harus bersiap-siap ditutup. Cek keterangan lebih detailnya di artikel ini.

Malaysia (Unsplash)

Dilansir dari straitstimes.com, terjadi lonjakan baru kasus Covid-19 di Malaysia. Dalam seminggu terakhir, terdapat 300 kasus sehari. Bahkan menyentuh angka 691 kasus baru pada hari Sleasa, 6 Oktober 2020 kemarin. Ini merupakan jumlah tertinggi sejak Malaysia berperang pada Januari.

Covid-19 di Malaysia juga telah menyebabkan 6 kematian baru dalam satu hari dan semuanya tercatat di Sabah, yang merupakan pusat infeksi dalam gelombang baru-baru ini. Hal ini mengakibatkan total kematian karena Covid-19 di Malaysia menyentuh angka 152 jiwa.

Tropicana Gold Club (IG:laygeng)

Karena keadaan ini, beberapa mall, kantor, masjid dan resort golf di Malaysia ditutup. Pihak berwenang Selangor menyatakan bahwa kompleks perbelanjaan utama yang populer di Bandar Utama dan Tropicana Golf Club dan Country Resort akan ditutup mulai hari ini dan memerikan transmisi Covid-19.

Keputusan ini diambil karena ditemukan sembilan kasus positif terdeteksi di kawasan tersebut. Sedang, Dewan Keamanan Nasional Malaysia menyatakan bahwa 1 Utama akan ditutup antara 12 dan 18 Oktober karena akan diadakan pemeriksaan kesehatan pada 800 orang yang bekerja di tempat tersebut.

Selain itu, asrama pekerja di Tropicana Golf dan Country Resort juga akan dilockdown selama dua minggu mulai Senin, 12 Oktober. Dengan begitu, tidak ada yang diizinkan masuk atau keluar kecuali petugas kesehatan.

Lainnya, Setia City Mall di Selangor juga menjadi lokasi ditemukannya kasus positif. Seorang anggota gym di komplek ini telah menyatakan diri sebagai kasus positif Covid-19. Karenanya akan dilakukan pembersihan dan disenfeksi pada mall dan gym.

Ilustrasi Maskid di Malaysia

Nggak cuma mall, pemerintah Selangor juga menutup sebuah masjid di bandara utama Malaysia. Seorang pria yang telah mengunjungi masjid ini dinyatakan terinfeksi Covid-19. Departemen Agama Islam Selangor (JAIS) telah menangguhkan layanan keagamaan di masjid sampai pemberitahuan lebih lanjut. Pasien tersebut sempat melakukan sholat Jumat yang dihadiri sekitar 1.310 orang.

Perdana Menteri Muhyiddin Yassin juga menyatakan bahwa Kementerian Pendidikan harus dapat mengeluarkan perintah untuk menutup sekolah manapun tanpa menunggu persetujuan dari Kementerian Kesehatan jika ada yang dinyatakan positif.

Malaysia Airline (IG:@kchavgeek96 ​)

Covid-19 di Malaysia juga memberikan dampak buruk bagi bisnis. Masih dilansir dari straitstimes.com, Malaysia Airlines harus ditutup jika lessornya memutuskan tidak mendukung rencana restrukturisasi terbaru. Hal ini disampaikan oleh Kepala Eksekutif Group Maskapai Airlines pada Sabtu, 10 Oktober kemarin.

Dinyatakan juga bahwa dibutuhkan 50% suara lagi. “Ada kreditor yang sudah setuju. Ada yang masih menolak, dan kelompok lain masih 50:50. Saya perlu mendapatkan 50:50 yang (bergabung) dengan mereka yang telah setuju. Saya mengerti jumlah kreditor yang cukup besar telah setuju.” kata Izham dalam wawancara dengan The Edge mingguan.

Mr Izham juga menyatakan bahwa lessor harus memutuskan sebelum 11 Oktober 2020, sehingga maskapai dapat memituskan apakah akan melanjutkan rencana restrukturisasi atau melaksanakan rencana B. Dalam rencana B, ia melibatkan pengalihan sertifikat operator penerbangan (AOC) Malaysia Airlines ke maskapai baru dengan nama yang berbeda. Atau memanfaatkan AOC dari maskapai saudara, FireFly dan MASwings.

Itulah beberapa update dari Malaysia. Tak cuma Covid-19 di Malaysia, semoga perang virus ini segera berakhir, ya. Untuk sementara, #SGB_Family stay at home saja. Hanya keluar rumah dan bepergian saat memiliki agenda sangat mendesak. Stay safe, semuanya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial