fbpx

Panduan Belanja di Chatuchak Thailand, Jangan Ragu Nawar Dulu!

  • October 9, 2020
  • Dibaca 347 kali
Bagian yang menjual beragam tas di Chatuchak Weekend Market. Instagram @dzikes

Surga belanja murah! Mungkin itulah yang terbersit saat mendengar kata Pasar Chatuchak. Tempat belanja murah dengan nama lengkap Chatuchak Weekend Market ini membuka seluruh kiosnya setiap Sabtu dan Minggu. Nggak heran, setiap akhir pekan warga lokal dan turis asing belanja atau kulineran di sini. Biar makin mantab, yuk ikutin panduan belanja di Pasar Chatuchak Thailand seperti dikutip dari chatuchakmarket.org dan theculturetrip.com.

Kios tanaman di Pasar Chatuchak. Instagram @koldln
Kios tanaman di Pasar Chatuchak. Instagram @koldln

Rata-rata 200.000 orang mengunjungi Pasar Chatuchak setiap weekend, menjadikannya salah satu pasar akhir pekan terbesar di dunia. Belanja di sini bakal puas karena terdapat sekitar 15.000 kios, menjual produk fesyen, seni, makanan, bunga, dan banyak lainnya. Sebenarnya Pasar Chatuchak buka mulai Rabu. Namun, hanya kios tertentu yang melayani pembeli. 

Setiap Rabu dan Kamis buka pukul 7am-6pm, hanya bagian tanaman yang buka. Sementara Jumat buka pukul 6pm-12pm, bagian yang buka kios grosir. Berkunjung ke Pasar Chatuchak saat Jumat cocok bagi #SGB_Family yang pengin belanja murah buat jasa titip. Nggak seramai akhir pekan. Barulah Sabtu dan Minggu, seluruh bagian pasar buka pukul 9am-6pm.

Kios produk fesyen di Pasar Chatuchak. Instagram @stefaniapicelli
Kios produk fesyen di Pasar Chatuchak. Instagram @stefaniapicelli

Bisa beli apa aja di Pasar Chatuchak? Hampir semua barang bisa #SGB_Family beli di sini. Coba pergi ke section 7 dan sekitarnya, di sini menjual beragam hasil karya kesenian. Sementara kalau pengin borong produk fesyen seperti kaos, bisa ke section 10-23. Di section ini dijual juga peralatan rumah tangga misalnya piring dan mangkuk. Pengin bikin kamar di rumah makin estetik? Beli aja lampu lucu dan aksesori instagenic lainnya di section 17 dan sekitarnya.

Di section 9 dan 11 menjual peralatan spa. Cocok buat #SGB_Family yang pengin home spa. Kalau punya hewan peliharaan, bisa mampir ke section 11-15 karena terdapat beragam barang buat peliharaan. Mulai dari makanan sampai aksesori. #SGB_Family bisa menemukan beragam barang dengan harga murah, misalnya tas renda dengan harga mulai dari Rp 30.000-an, sepatu Rp 120.000-an, dan kaos Rp 35.000-an. 

Di Pasar Chatuchak, #SGB_Family bisa membeli banyak barang di satu tempat. Tapi semua itu tergantung pada stok sang penjual. Terkadang ada penjual yang kulakan hanya sedikit. Kalau beli banyak, kemungkinan harga dikurangi semakin besar. #SGB_Family bisa pakai jasa layanan antar jika kesusahan bawa barang belanjaan. Bakal dikirim ke depan kamar hotel.

Seseorang tengah berada di Chatuchak Weekend Market. Instagram @57_sy
Seseorang tengah berada di Chatuchak Weekend Market. Instagram @57_sy

Tiba di Pasar Chatuchak pada pagi hari, misalnya pukul 9am, saat akhir pekan bakal menjadi pilihan tepat. Soalnya suasana masih nggak terlalu ramai dan kebanyakan pedagang baru buka kios. Inilah saat yang tepat untuk melakukan tawar menawar. Sejumlah pedagang percaya bahwa penjualan pertama merupakan tanda keberuntungan. Jadi mereka biasanya akan menurunkan harga lebih banyak. Namun, tetap jangan sampai nawar terlalu berlebihan.

Bagian yang menjual beragam tas di Chatuchak Weekend Market. Instagram @dzikes
Bagian yang menjual beragam tas di Chatuchak Weekend Market. Instagram @dzikes

Harga barang di Pasar Chatuchak udah tergolong murah. Namun bisa aja coba menawar kalau harga dirasa kurang sesuai budget. Tips menawar barang di Pasar Chatuchak, coba gunakan beberapa kata dalam Bahasa Thailand. Menanyakan harga dengan kalimat thao rai atau menyebutkan nominal harga dalam Bahasa Thailand, misalnya. Konon, semakin banyak menggunakan Bahasa Thailand semakin mudah proses tawar menawar. Selamat mencoba!

Es krim kelapa ala Pasar Chatuchak. Instagram @_shreyaism
Es krim kelapa ala Pasar Chatuchak. Instagram @_shreyaism

Belanja tanpa makan? Bakal terasa hampa. Jangan biarkan perut kelaparan, segera meluncur ke section 17-18 dan sekitarnya. Terdapat sejumlah makanan yang dijual di sini. Pisang celup coklat, crepes, brownies, misalnya. Tapi jangan lewatkan mencicipi es krim kelapa khas Pasar Chatuchak. Banyak pedagang yang menjual es krim kelapa. 

Selain itu ada juga paella, daging panggang, dan banyak lainnya. Bahkan di pasar ini juga ada kafe. Kalau cari makanan halal, bisa melipir ke section 12. Pengin masak kuliner Thailand di rumah? Ada kios yang menjual beragam bumbu khas Thailand. Langsung bergegas ke section 7 dan 8.

Chatuchak Weekend Market
สวนจตุจักร Kamphaeng Phet 2 Rd, Chatuchak, Bangkok 10900, Thailand
Rabu-Kamis 7am-6pm | Jumat 6pm-12pm | Sabtu-Minggu 9am-6pm
Kamphaeng Phet
chatuchakmarket.org

Panduan belanja ini bisa menjadi bekal sewaktu borong barang di Pasar Chatuchak Thailand. Siap-siap pulang sambil bawa banyak belanjaan. Jangan sampai kelebihan muatan bagasi, nih. Rencana belanja apa aja di Pasar Chatuchak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial