fbpx

Cara Dapat National Registration Identity Card, KTP Singapura!

  • October 5, 2020
  • Dibaca 301 kali
Cara Mendapatkan NRIC Singapura

Buat #SGB_Family yang merupakan Permanent Resident atau penduduk tetap Singapura, wajib banget punya National Registration Identity Card. Kartu ini adalah kartu identitas penduduk Singapura, atau KTP versi Singapura. Nah, cara untuk bisa mendapatkan National Registration Identity Card Singapura, berikut adalah cara yang dilansir dari ica.gov.sg.

Ilustrasi menikah. Photo by Vino Li on Unsplash
Ilustrasi menikah. Photo by Vino Li on Unsplash

National Registration Identity Card (NRIC) adalah KTP untuk di Singapura. Setiap warga negara Singapura dan penduduk tetap (Permanent Resident) yang akan menerima dan harus memiliki NRIC. Kartu ini akan diperlukan kalau mengurus prosedur pemerintahan tertentu atau transaksi komersial. Cara mendapatkan NRIC ini, hanya bisa dibuat di Singapura saja.

Beberapa fungsi NRIC untuk warga negara Singapura dan penduduk tetap adalah membuka rekening bank, sewa rumah, check-in hotel, pemungutan suara, menikah dengan orang Singapura, sampai meminjam buku di perpustakaan nasional atau National Library Board.

Cara Mendapatkan NRIC Singapura
Ilustrasi salah satu dokumen yang diperlukan. Instagram @chewbb

Warga negara Singapura atau penduduk tetap harus mendaftar untuk membuat NRIC saat umur ke-15, sebelum masuk usia 16 tahun. Kalau sekolah di sekolah negeri, bisa melakukan pendaftaran yang diadakan sekolah. Selain itu, bisa dilakukan di Gedung ICA Singapura.

Dokumen yang harus dipersiapkan untuk membuat NRIC adalah akta kelahiran, kartu identitas orang tua, foto, sertifikat kewarganegaraan dan kartu identitas pelajar. Khusus untuk penduduk tetap, harus menyertakan gambar digital halaman paspor yang tertera data pribadi terbaru.

Formulir aplikasi yang sudah dicetak akan dikirim kepada orang tua dari pendaftar yang sudah memenuhi syarat. Pengiriman formulir akan dilakukan 2 minggu sebelum ulang tahun ke-15 pendaftar. Biaya pendaftaran, baik itu melalui registrasi di sekolah atau tidak, adalah sebesar $10 untuk warga negara Singapura dan $50 untuk penduduk tetap Singapura. Setelah semua proses selesai, #SGB_Famliy sudah bisa mendapatkan NRIC Singapura.

Gedung ICA Singapura
10 Kallang Rd, ICA Building, Singapore 208718
Senin-Jumat 8am-4.30pm Sabtu 8am-12.30pm
Lavender
ica.gov.sg

Cara Mendapatkan NRIC Singapura
Ilustrasi orang sedang registrasi ulang secara online. Photo by Bram Naus on Unsplash

Saat memasuki usia 30 tahun (sebelum ulang tahun ke-31) dan usia 55 tahun (sebelum ulang tahun ke-56), NRIC harus diperbarui dengan registrasi ulang. Persyaratan untuk memperbarui NRIC adalah sertifikat agama, akta perubahan nama, surat nikah, dan foto. Khusus untuk penduduk tetap, harus menyertakan gambar digital halaman paspor yang tertera data pribadi terbaru dan tidak perlu menyertakan sertifikat agama juga akta perubahan nama.

Registrasi ulang NRIC Singapura juga bisa dilakukan secara online di website resmi ICA dengan mempersiapkan dokumen berupa foto terbaru dan biaya registrasi ulang. Registrasi ulang secara online hanya membutuhkan SingPass untuk login. Setelah mengecek data diri sudah benar, bisa langsung membayar biaya registrasi ulang. Biaya registrasi ulang sama seperti saat pembuatan awal, yaitu $10 untuk warga negara Singapura dan $50 untuk penduduk tetap Singapura.

Setelah registrasi ulang online, ICA akan mengirimkan pemberitahuan kalau kartu identitasnya sudah siap. Janji pengambilan NRIC bisa dibuat secara online. NRIC bisa diambil di kantor pos atau gedung ICA. Pengambilan di gedung ICA bisa juga dilakukan secara mandiri yaitu dengan mesin iCollect di lantai dasar gedung.

Ilustrasi kantor polisi untuk melaporkan kehilangan. Photo by Bruno Martins on Unsplash
Ilustrasi kantor polisi untuk melaporkan kehilangan. Photo by Bruno Martins on Unsplash

Ketika kehilangan NRIC, #SGB_Family harus segera melaporkan kehilangan ke ICA dalam waktu 14 hari. Kalau hilang karena pencurian atau tindak kejahatan lain, harus lapor juga ke polisi. Dokumen yang diperlukan untuk mengganti NRIC yang hilang adalah foto terbaru, laporan polisi atau pernyataan hukum, sertifikat agama, akta perubahan nama, surat nikah.

Khusus untuk penduduk tetap, harus menyertakan gambar digital halaman paspor yang tertera data pribadi terbaru dan tidak perlu menyertakan sertifikat agama juga akta perubahan nama.

Biaya yang akan dikenakan kalau pertama kali kehilangan NRIC adalah $100, sedangkan kehilangan kedua dan seterusnya akan dikenakan biaya $300. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk memproses NRIC baru adalah 1 bulan untuk kehilangan pertama dan 3 bulan untuk kehilangan kedua dan seterusnya.

Bagaimana kalau sudah membuat dan mendapatkan NRIC baru setelah kehilangan, tapi kemudian menemukan NRIC yang lama? Langkah yang harus dilakukan adalah mengembalikan NRIC yang ditemukan tersebut ke ICA.

Itulah cara mendapatkan National Registration Identity Card alias KTP buat warga negara dan penduduk tetap Singapura. Karena penting banget, jadi nggak boleh sampai ada yang salah. Pernah nggak #SGB_Family punya pengalaman tentang pakai NRIC ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial