fbpx

Fakta Laksa Singapura, Mie Perpaduan 3 Budaya, Sudah Pernah Coba?

  • October 3, 2020
  • Dibaca 147 kali
FI Ilustrasi laksa Katong. Instagram @yudabustara

Kuliner Singapura yang nggak boleh #SGB_Family lewatkan adalah laksa. Makanan berkuah santan ini biasanya berisi udang, fishcake, dan ebi. Biasanya disajikan bersama mie atau bihun. Rasa laksa cukup pedas. Laksa mulai dikenal di Singapura sejak abad ke-15. Cukup lama, bukan? Selain itu, ada fakta menarik lain tentang laksa Singapura. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Ilustrasi rumah Peranakan di Singapura. Instagram @yuniqueyuni
Ilustrasi rumah Peranakan di Singapura. Instagram @yuniqueyuni

Laksa dan variannya dapat ditemukan di setidaknya 4 negara Asia Tenggara yaitu Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Menurut atlasobscura.com, orang Asia Tenggara berinteraksi erat dengan China dan India terutama soal perdagangan rempah. Jadi interaksi ini memengaruhi budaya di Asia Tenggara termasuk masakannya.

Konon ide munculnya laksa berasal dari keturunan pedagang China alias Peranakan. Mereka ingin memadukan masakan China dengan bumbu Asia Tenggara seperti santan dan cabai. Berkat perdagangan, laksa pun menyebar sampai ke Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Masing-masing laksa punya ciri khas tersendiri.

Fakta Laksa Singapura
Pernikahan Peranakan di Singapura. Instagram @nationalarchivessg via @asianfashionarchive

Laksa pun tiba di Singapura, tepatnya di Katong. Kala itu Peranakan tiba di pulau dari Semenanjung Malaysia pada abad ke-15. Mereka memadukan rempah-rempah lokal dengan metode masak dan bahan dari China. Menurut pakar kuliner Asia Tenggara Dr. Jean Duruz, perpaduan ini terjadi karena adanya interaksi seperti tradisi bertukar resep antar tetangga maupun menikah dengan keluarga Peranakan. Sehingga terciptalah hidangan Nyonya alias hidangan Peranakan, termasuk laksa.

Laksa Betawi. Laksa yang bisa ditemukan di Indonesia. Instagram @e_ndro
Laksa Betawi. Laksa yang bisa ditemukan di Indonesia. Instagram @e_ndro

Mengutip roots.gov.sg, asal nama laksa berasal dari kata ‘lakshah’, istilah Bahasa Hindi untuk sejenis mie. Kata laksa juga berasal dari Bahasa Sansekerta yang berarti ‘seribu tahun’. Konon, arti nama laksa menggambarkan bagaimana kuliner satu ini bisa begitu popular. Bisa dibilang, laksa ini mudah beradaptasi dengan berbagai budaya. Sampai pada akhirnya punya banyak versi di Asia Tenggara.

Fakta Laksa Singapura
Laksa Penang menggunakan kuah asam. Instagram @melting_pot_cafe

Laksa dapat ditemukan di 4 negara Asia Tenggara, masing-masing punya ciri khas tersendiri. Misalnya laksa kari pedas kuah santan bisa ditemukan di Malaka dan Johor, Malaysia. Versi yang serupa ada juga di Singapura yang disebut laksa Katong. Sementara laksa di Indonesia ditemukan di Cibinong, Bogor dan dan bakal menemukan laksa Betawi. Setiap daerah menambahkan bahan khas seperti daun jeruk purut, ayam suwir, atau ikan gabus.

Laksa siam bisa ditemukan di Thailand. Makanan ini mengandung santan dan dipadukan dengan pasta kari merah tradisional Thailand. Sementara ada juga laksa assam di Penang, Malaysia. Laksa ini mempunyai rasa asam dan nggak menggunakan santan.

Sementara itu, ada paling nggak 2 jenis laksa yang dikenal di Singapura. Laksa Singapura atau laksa Katong dan laksa Penang atau laksa assam dari Malaysia. Bedanya laksa Singapura dengan laksa Penang terutama pada penggunaan santan. Laksa Singapura menggunakan santan, sedangkan kuah laksa Penang dari campuran buah asam. Namun, sekarang ada juga laksa Penang yang menggunakan santan. Rasanya tetap asam.

Perbedaan laksa Singapura dengan laksa Penang selanjutnya pada bahan tambahan yang digunakan. Laksa Singapura biasanya disajikan dengan bihun tebal yang dipotong pendek. Ditambah ebi, kerang, udang, dan atau fishcake. Laksa Penang biasanya menambahkan ikan kembung, asam, lengkuas, serai, cabai, dan topping petis udang. Berikutnya, rasa laksa Singapura pedas sedangkan laksa Penang asam.

Ilustrasi laksa Johor. Instagram @coolgardy
Ilustrasi laksa Johor. Instagram @coolgardy

Masih ada lagi jenis laksa yang bisa ditemukan di Singapura bernama laksa Johor. Istimewanya, laksa ini menggunakan spageti. Bumbu kuahnya laksa ala Melayu ditambah petis ikan, cabai, rempah, dan sayuran segar. Konon, laksa ini terinspirasi dari makanan Eropa.

Fakta Laksa Singapura
Laksa Katong di 328 Katong Laksa. Instagram @yudabustara

#SGB_Family yang berada di Singapura bisa menjajal laksa di 328 Katong Laksa. Tempat kuliner Singapura yang mendapatkan gelar dari Michelin Guide ini menjajakan laksa pedas. Bahkan #SGB_Family pencinta pedas bisa menambah sambal. Selain 328 Katong Laksa, ada laksa halal di LaksaMana di Bedok Food Centre. Di sini tersedia laksa Singapura, laksa Penang, dan laksa Johor.

Seru juga ya mengetahui fakta menarik di balik kelezatan laksa Singapura. Jadi bikin pengin menyantap beragam jenis laksa. #SGB_Family suka makan laksa di mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial