fbpx

Syarat Masuk Jepang Bisa Dikerjakan Online, Apakah Itu?

  • September 30, 2020
  • Dibaca 1186 kali

Jepang adalah salah satu destinasi wisata yang difavoritkan banyak orang, termasuk #SGB_Family di Indonesia. Update tentang dibukanya perbatasan negara ini ditunggu-tunggu. Kabar terbarunya, syarat masuk Jepang bisa dikerjakan secara online. Tentu ini menjadi kabar bagus. Apa dan bagaimana caranya? Baca terus artikel ini, ya.

Jepang (IG: @mai_7100 )

#SGB_Family berencana berkunjung ke Jepang dalam waktu dekat? Dilansir dari japantimes.co.jp, Jepang berencana membuat kuesioner kesehatan tersedia secara online. Kuesioner ini merupakan salah satu syarat masuk Jepang wajib yang harus diisi para pengunjung sebelum masuk ke negeri Sakura tersebut.

Syarat masuk Jepang satu ini dilakukan untuk mempersingkat proses kontrol imigrasi. Dengan adanya kuesioner ini, maka pihak imigrasi bisa dengan mudah menandai para wisatawan yang memiliki kemungkinan resiko tinggi terinfeksi virus Corona ketika tiba di Jepang. Versi trial atau uji coba kuesioner ini rencananya akan segera tersedia untuk beberapa penerbangan internasional menuju ke Bandara Narita dekat Tokyo.

Pesawat Jepang (IG:gordon.hira)

Saat ini, kuesioner masih dibagikan kepada para wisatawan yang menggunakan penerbangan masuk ke Jepang. Rencananya sistem ini akan diperkenalkan secara meluas pada tahun ini. 

Para penumpang yang tiba dapat melengkapi kuesioner sebagai syarat masuk Jepang dengan mengakses situs Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan sebelum keberangkatan. Pengunjung tersebut kemudian akan mendapatkan QR code yang mengonfirmasi bahwa mereka telah melengkapi proses tersebut yang bisa digunakan saat kedatangan. 

Pesawat Jepang (IG:gordon.hira)

Jepang rencananya akan segera membuka kembali perbatasan untuk warga negara asing dengan izin tinggal tiga bulan atau lebih. Meski demikian izin tersebut adalah untuk urusan tertentu seperti medis, budaya dan kegiatan terkait olahraga. Perjalanan bisnis kurang dari tiga bulan juga akan diizinkan kembali.

Meskipun perbatasan akan dibuka kembali, beberapa persyaratan wajib dipenuhi sebelum pengunjung bisa memasuki Jepang. Pertama, mereka harus diterima oleh instansi atau organisasi yang mampu memastikan bahwa mereka telah mendapatkan hasil negatif untuk tes virus Corona sebelum masuk ke Jepang. Setibanya di Jepang, mereka harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan menghindari menggunakan transportasi publik selama periode tersebut. 

Rencananya, pemerintah akan membatasi jumlah warga negara asing yang masuk sebanyak 1000 orang per hari. Pada saat yang sama, pemerintah juga akan meningkatkan kapasitas tes virus Covid-19 di bandara. 

Shibuya, Jepang (IG:@jerometraveller)

Saat ini Jepang telah memberlakukan larangan masuk bagi warga negara dari 159 negara dan daerah, termasuk Indonesia. Warga negara asing yang telah melakukan perjalanan ke 159 negara tersebut dalam 14 hari sebelum kedatangan mereka bahkan ditolak masuk, meski terdapat pula beberapa pengecualian.

Kini pemerintah Jepang secara bertahap telah mulai membuka kembali pembatasan perjalanan yang diterapkannya. Awal bulan September, warga negara asing dengan status tinggal di Jepang yang telah melakukan perjalanan ke luar negeri telah diizinkan kembali untuk masuk ke negara Jepang.

Selain itu, para ekspatriat dan warga asing yang tinggal lama di Jepang namun tengah berkunjung ke beberapa negara Asia juga sudah diizinkan untuk masuk kembali ke Jepang. Beberapa negara yang diizinkan antara lain adalah Vietnam dan Thailand. Pelajar dengan kewarganegaraan asing juga diizinkan masuk kembali ke Jepang dengan izin pemerintah.

Kabar syarat masuk Jepang bisa dikerjakan online menjadi berita segar. Ditambah lagi, perbatasan Negeri Sakura kabarnya akan segera dibuka. #SGB_Family sabar dulu dan cari rekomendasi destinasi wisata dulu. Cek-cek deretan tempat keren dan informasi lainnya di Instagram @tokyoguidebook, ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial