fbpx

Hawker Centre Ini Berusia Hampir 1 Abad, Intip Transformasinya!

  • September 27, 2020
  • Dibaca 207 kali
Tian Tian Hainanese Chicken Rice. Instagram @ahkheong

Sebelum ada hawker centre, street food dijajakan di pinggir jalan. Seperti yang bisa #SGB_Family temui di Indonesia. Demi membuat street food lebih tertata, muncul program untuk menyatukan mereka di hawker centre. Maxwell Food Centre menjadi salah satu hawker centre tertua, apalagi bangunannya berusia hampir 1 abad. Yuk intip perubahan pusat kuliner murah ini dari dulu hingga kini.

Hawker centre 1 abad
Maxwell Food Centre tahun 1980-an. Sumber National Archives of Singapore

Berdasarkan roots.sg, Maxwell Food Centre awalnya merupakan pasar basah (wet market) sejak 1929. Pasar ini menempati tanah bekas kuburan China yang dibersihkan pada 1907. Telah direncanakan selama lebih kurang 10 tahun, tapi pasar baru dibangun pada 1927. Maxwell Road muncul pada 1925, menamai jalan di samping calon pasar. Pasar basah ini pun diberi nama Maxwell Road Market.

Pembangunan pun usai pada 1928, mulailah diadakan tender pemasangan kios dan mulai beroperasi pada 1929. Tempat ini juga menjadi relokasi pedagang kaki lima di area jalan sekitar pasar. Namun mereka memilih untuk tetap di jalanan, karena nggak perlu membayar uang sewa. 

Akhirnya pasar ini nggak berfungsi secara maksimal pada 1929. Solusinya, food stall dan meja makan ditambahkan untuk menarik lebih banyak pengunjung. Pada 1930-an, Maxwell Road Market jadi tempat pentas teater Teochew selama acara tahunan Hungry Ghost Festivals.

Maxwell Road Hawker Centre pada 1993. Sumber Lee Kip Lin and National Library Board, Singapore 2009.
Maxwell Road Hawker Centre pada 1993. Sumber Lee Kip Lin and National Library Board, Singapore 2009.

Maxwell Road Market bertahan selama puluhan tahun bahkan saat pendudukan Jepang yang mulai pada 1942. Dilansir dari eresources.nlb.gov.sg, pasar ini bahkan memiliki peran penting. Pasar menampung toko koperasi pemerintah atau Kumiai, selama pendudukan Jepang. Toko ini mengendalikan perdagangan grosir dan eceran tertentu.

Selama masa perang, banyak orang kekurangan pangan. Mereka sampai mengais sayuran dan buah yang dibuang di pasar demi bertahan hidup. Setelah perang, Departemen Kesejahteraan Sosial mendirikan restoran rakyat. Tempat makan ini menyediakan makanan murah bergizi untuk masyarakat. Akhirnya pada 18 Desember 1946, restoran keluarga pertama buka di Maxwell Road Market. Mereka menjual makanan murah dengan harga 8 sen per piring.

Maxwell Food Centre pada 2020. Instagram @shelone
Maxwell Food Centre pada 2020. Instagram @shelone

Maxwell Road Market resmi menjadi hawker centre atau pusat kuliner pada 1987. Awalnya, pasar ini menampung relokasi 70 pedagang kaki lima dari jalanan belakang China Square. Tempat ini pun berubah jadi hawker centre yang cukup besar waktu itu. Beberapa tahun kemudian, semua food stall harus pindah lagi waktu pasar direnovasi besar-besaran. Namun pasar ini jadi tempat populer untuk menyantap kuliner tradisional China.

Makanan enak dan murah di Maxwell Food Centre. Instagram @sofiaklevin
Makanan enak dan murah di Maxwell Food Centre. Instagram @sofiaklevin

Maxwell Food Centre merupakan hawker centre favorit warga Singapura. Tempat makan ini berhasil meraih penghargaan dari City Hawker Food Hunt pada 2014-2016. City Hawker Food Hunt merupakan organisasi yang memberikan penghargaan kepada hawker centre di penjuru Singapura. Maxwell Food Centre bisa menang 3 tahun berturut-turut bisa jadi karena penjual di sini banyak yang generasi kedua dan ketiga. Mereka menjadi penerus bisnis dan resep tradisional orang tua mereka.

Tian Tian Hainanese Chicken Rice. Instagram @ahkheong
Tian Tian Hainanese Chicken Rice. Instagram @ahkheong

Menurut nea.gov.sg, kini terdapat 103 food stall di Maxwell Food Centre. #SGB_Family yang berada di kawasan Chinatown bisa mampir ke hawker centre ini. Tian Tian Hainanese Chicken Rice, salah satu food stall terkenal di sini. Mereka menjual nasi ayam Hainan. Sajian ini semakin populer setelah Gordon Ramsay belajar membuat nasi ayam Hainan di Tian Tian Hainanese Chicken Rice. Harga nasi ayam sekitar $5.

Makanan lain yang kudu masuk list ada sup ikan dari Jin Hua Fish Soup. Mampir juga ke Zhen Zhen Porridge untuk makan bubur. Tak lupa ngemil rojak, popiah, atau kerang di stan Rojak, Popiah & Cockle. Harga makanan di tiga food stall ini sekitar $3-$5.

Maxwell Food Centre
Kisaran $3
1 Kadayanallur St, Singapore 069184
8am-2am
Tanjong Pagar

Seperti itulah transformasi hawker centre yang bangunannya berusia hampir 1 abad. Siapa sangka tempat yang awalnya pasar basah jadi pusat kuliner populer sampai sekarang. #SGB_Family udah pernah makan di Maxwell Food Centre?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial