fbpx

#KangenSingapura? Cek Rekomendasi Hotel Bersertifikat SGClean untuk Kunjungan-mu Berikutnya!

  • September 25, 2020
  • Dibaca 778 kali

Banyak bisnis yang terdampak dan merugi karena pendemi yang berkepanjangan ini. Tak terkecuali di Singapura. Salah satu bidang yang terpukul parah adalah pariwisata, termasuk perhotelan. Singapura nggak tinggal diam. Sejak Februari 2020 lalu, National Environment Agency, Singapore Tourism Board, Enterprise Singapore dan beberapa yang lainnya meluncurkan kampanye yang berhubungan dengan standar kebersihan yang baru. Nah, ini yang perlu diperhatikan saat memilih hotel bersertifikat SGClean. Catat juga rekomendasinya untuk liburanmu selanjutnya, ya.


Bukan rahasia kalau Singapura terkenal dengan standar kebersihan yang tinggi. Namun, dengan adanya pandemi ini, pemerintah telah meluncurkan program sertifikasi baru khusus untuk hotel dan restoran, juga tempat umum lainnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya dan aman dari publik di tengah pandemi Covid-19. 

Nggak sembarangan, dilansir dari www.sgclean.gov.sg, disampaikan bahwa bisnis harus lolos dari pemeriksaan tujuh poin yang mencakup kesehatan dan suhu karyawan, juga praktek kebersihan di tempat kerja. Yang pertama mendapat sertifikasi ini adalah pertokoan di sepanjang kawasan belanja Orchard Road, salah satu destinasi favorit para wisatawan. Termasuk di dalamnya bisnis makanan dan ritel, seperti Plaza Singapura dan ION Orchard. 

Hotel pool (Photo by C.Valdez on Unsplash)

Pada Fase 2 ini, pemerintah mengizinkan hotel dan tempat wisata beroperasi kembali. Hal ini bertujuan agar warga Singapura bisa sedikit melakukan penyegaran setelah sekitar dua bulan menjalani Circuit Breaker. Meski belum bisa liburan ke luar Singapura, warga bisa bersantai sejenak sambil staycation. 

Meski sudah memilih hotel bersertifikat SGClean, apa saja nih yang perlu diperhatikan saat staycation untuk meminimalisir terinfeksi virus Covid-19? Dilansir dari who.int, di antaranya adalah: 

  1. Gym, kolam renang, spa aman digunakan dengan protokol khusus. Perhatikan maksimal tamu yang diizinkan, spot untuk mencuci tangan, handuk untuk masing-masing tamu, hingga pembersihan berkala di area yang sering tersentuh, seperti gagang pintu. 
  2. Lebih baik memilih makan berkonsep ala carte. Meski tidak ada bukti penelitian bahwa virus Covid-19 bisa bertahan lama di makanan, namun konsep buffet akan membuatmu berinteraksi lebih dekat dengan orang lain. Inilah yang harus dihindari. Jikalau harus makan bersama di dalam ruangan, pastikan maksimum hanya 4 orang dalam jarak 10 meter. 
  3. Hindari berada di ruang tertutup bersamaan dengan banyak orang. Ventilasi merupakan faktor penting dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. 
  4. Serta tetap melakukan protokol standar seperti mengenakan masker, sering mencuci tangan, dan tetap menjaga jarak dengan orang lain. 

SGClean dibuat untuk membuat para pelaku usaha meningkatkan standar kebersihan, sehingga pengunjung merasa aman. Selain hotel dan restoran, tempat umum lainnya seperti hawker centre dan sekolah juga dilengkapi SGClean. Dan sudah ada banyak banget hotel bersertifikat SGClean, kamu bisa tenang.

Buat yang udah kangen banget sama Singapura, rekomendasi deretan hotel bersertifikat SGClean di bawah ini untuk liburanmu selanjutnya saat situasi sudah aman. Kamu juga bisa pilih sesuai area yang ingin kamu explore dan dilengkapi dengan halal restoran. Di mana saja? Catat, ya!

1. Village Hotel Bugis – Kampong Gelam

Village Hotel Bugis (www.villagehotels.asia)

Siapa yang yang nggak kenal area Bugis? Bagi wisatawan muslim, kawasan ini adalah favorit. Selain banyak wisatanya, kamu tidak akan kesusahan mencari makanan halal di sini. Kalau nggak mau pusing, bisa sekalian staycation di Village Hotel Bugis yang berlokasi di Kampong Gelam. Apalagi, hotel ini punya family room yang lucu banget, lho!

Family room (www.villagehotels.asia)

Lokasinya hotel bersertifikat SGClean satu ini hanya 400 meteran dari Bugis Street, kamu bisa jalan kaki aja. Ada banyak atraksi menarik di sini. Di antaranya adalah Sultan Mosque dan Malay Heritage Centre. Mau belanja? Kunjungi surganya oleh-oleh, yaitu Mustafa Centre di Little India yang juga tak jauh dari hotel ini.

The Landmark (IG:thelandmarksingapore)

Village Hotel Bugis juga dilengkapi dengan halal restoran. The Landmark menyediakan 12 macam jenis menu yang pasti bisa memenuhi selera para tamunya. Jangan lupa juga untuk mencicipi sembilan jenis soup yang menjadi khas The Landmark. Nggak sabar, kan? 

Nggak cuma Village Hotel Bugis, namun semua jaringan Village Hotel sudah dilengkapi dengan sertifikat SGClean. Yaitu Village Hotel Katong, Village Hotel Albert Court, Village Hotel Changi, dan Village Hotel Sentosa. Kamu cukup memilih sesuai dengan destinasimu, ya.

The Landmark by Village Hotel Bugis
Mulai dari SGD30++
390 Victoria St, Singapore 188061
Bugis
www.villagehotels.asia

2. Days Hotel by Wyndham Singapore – Novena

Days Hotel Singapore (www.dayshotelsingapore.com)

Days Hotel berlokasi di Novena District. Hotel bersertifikat SGClean satu ini juga dekat dengan berbagai pilihan tempat belanja dan restoran. Di antaranya adalah Zhongshan Mall, United Square Shopping Mall, dan Novena Square. Selain itu, Days Hotel juga dekat dengan Novena Medical Centre. 

21 on Rajah ((www.dayshotelsingapore.com))

Hotel ini juga dilengkapi dengan halal restoran, yaitu 21 on Rajah. Restoran dengan sajian menu Mediterania ini sudah disertai dengan sertifikat halal. Selain menu itu, kamu juga bisa mencicipi sajian tradisional khas Asia, juga lokal Singapura. Jadi bisa makan dengan tenang,deh. 

21 on Rajah (IG:21onrajah)
21 on Rajah by Days Hotel
Mulai dari SGD41++
1 Jln Rajah, Singapore 329133
Novena
www.dayshotelsingapore.com

3. Grand Hyatt Singapore – Orchard

Grand Hyatt Singapore (IG:grandhyattsing)

Bagi kamu yang suka banget belanja, pasti nggak ketinggalan untuk eksplor Orchard Road. Grand Hyatt Singapore berlokasi hanya lima menit jalan kaki dari Stasiun MRT Orchard. Selain menawarkan akomodasi mewah dengan fasilitas lengkap, hotel Singapura berbintang ini juga sudah dilengkapi dengan label SGClean. Serunya, hotel ini menawarkan suasana hijau di pusat Singapura.

StraitsKitchen (www.singapore.grand.hyattrestaurants.com)

Nggak cuma itu, Grand Hyatt Singapore juga menawarkan enam pilihan tempat makan. Salah satunya adalah StraitsKitchen yang sudah berlabel halal. Restoran ini memberikan sentuhan modern pada makanan lokal Singapura, Cina, Melayu, bahkan India. Sesuaikan dengan seleramu!

StraitsKitchen (IG:@GrandHyattSing)
StraitsKitchen by Grand Hyatt Singapore
Mulai dari SGD45++
10 Scotts Rd, Grand Hyatt Singapore, Singapore 228211
Orchard
www.hyatt.com/en-US/hotel/singapore/grand-hyatt-singapore

4. Fairmont Singapore

Fairmont Singapore (IG:@fairmontsingapore)

Hotel bersertifikat SGClean lainnya yang bisa jadi pilihan adalah Fairmont Singapore. Jika kamu ingin menikmati pertunjukan seni dan menyalurkan hobi belanja, hotel ini sangat sempurna. Lokasinya berada di dalam kompleks Raffles City yang dilengkapi dengan pusat perbelanjaan. 

Kamar di Fairmont Singapore (IG:@fairmontsingapore)

Esplanade Theatres hanya berjarak 400 meter dari Fairmont Singapore. Tempat di mana segala macam pertunjukan seni bisa kamu nikmati. Cek website resmi Esplanade untuk tahu updatenya, ya. Selain itu, hanya butuh waktu lima menit berkendara menuju Orchard Road. Mau staycation di kamar saja? Tenang, viewnya langsung ke Marina Bay Sands!

Fairmont juga menyediakan restoran halal, yaitu Asian Market Cafe. Restoran ini menyediakan berbagai hidangan Asia. Beberapa menu yang wajib dicoba adalah Chili Crab with deep Fried Mantau dan cicipi Durian Pudding sebagai makanan penutup.

Asian Market Cafe (IG:asianmarketcafe.sg)
Asian Market Cafe by Fairmont Singapore
Mulai dari SGD50++
80 Bras Basah Rd, Singapore 189560
Esplanade
www.fairmont.com/singapore

5. Furama RiverFront

Furama RiverFront (IG:furamasingapore)

Kawasan Chinatown selalu menarik perhatian untuk dieksplor. Jika berencana staycation di lokasi ini, Furama RiverFront bisa jadi pilihan. Hotel Singapure bersertifikat SGClean satu ini berlokasi di antara Chinatown dan Orchard Road. Benar-benar surganya belanja, ya. 

Furama RiverFront (IG:@lafamiliameraki)

Selain itu, kamu juga bisa menikmati Singapore River dan hanya 10 menitan berkendara ke Clarke Quay dan Orchard Road. Bahkan hotel ini menyediakan shuttle gratis untuk kedua kawasan tersebut.

Kintamani Indonesia (www.furama.com)

Hotel ini juga dilengkapi dengan restoran halal, yaitu Kintamani Indonesia. Sesuai namanya, mereka menyajikan masakan Indonesia Halal yang rasanya sangat otentik. Seperti sedang berada di rumah! 

Kintamani Indonesia by Furama RiverFront
Mulai dari SGD32++
405 Haveblock Road, 169633, Singapore
Outram Park
www.furama.com/riverfront

Sudah catat semuanya? Sambil menunggu perbatasan Singapura buka dan keadaan benar-benar baik untuk berlibur, nggak ada salahnya mengumpulkan rekomendasi dan menabung dulu. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial