fbpx

Wow!! Soekarno-Hatta Jadi Bandara Teraman dari Covid-19, Cek Alasannya!

  • September 25, 2020
  • Dibaca 143 kali

Setelah beberapa hari terus dikejutkan dengan kabar buruk tentang perkembangan kasus Covid-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda akan segera reda, sekarang ada sedikit berita melegakan dari Indonesia. Kali ini, Bandara Internasional Soekarno-Hatta mendapatkan predikat sebagai bandara teraman dari Covid-10 di dunia.

Predikat ini didapatkan berdasarkan evaluasi lembaga Safe Travel Barometer. Dalam evaluasinya, Indonesia mendapatkan skor 4,09 dari skala skor tertinggi 5. Angka yang terbilang cukup tinggi tersebut bahkan lebih tinggi dari skor beberapa Bandara Internasional lainnya seperti Bandara Touluse-Blagnac di Perancis, Bandara Internasional Los Angeles di Amerika Serikat, dan beberapa bandara terkenal lainnya.

Safe Travel Barometer merupakan lembaga global dengan database terbesar serta dianggap sebagai lembaga paling komprehensif di dunia. Pada penilaian protokol kesehatan dan keamanan terkait Covid-19, lembaga ini mencatat beberapa bandara internasional dengan lima posisi teratas yakni Bandara Changi Singapura (4,7), Bandara Frankfurt Jerman (4,7), Bandara Internasional Chengdu Shuangliu Cina (4,6), Bandara Internasional Gandhi India (4,6), dan Bandara Internasional Abu Dhabi UAE (4,6).

Soekarno Hatta International Airport
Soekarno Hatta International Airport Photo by @eugeniaclara on unspalsh.com

Penilaian tersebut didasarkan pada lima parameter yang wajib dipenuhi. Kelima parameter tersebut meliputi pemakaian masker, pengecekan temperatur badan, ketersediaan hand sanitizer, penerapan kelengkapan data dan surat pernyataan sehat, serta ketersediaan tes Covid-19.

Meski demikian, kelima parameter tersebut bukanlah faktor penilaian utama. Pasalnya, beberapa bandara lain yang tidak memiliki kelengkapan lima parameter tersebut juga ternyata masih bisa mendapatkan skor yang lebih tinggi. Meski demikian, skor 4,09 yang didapatkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta tentu layak diapresiasi.

Selain Soekarno-Hatta, Bandara Internasional Ngurah Rai Bali juga mendapatkan skor yang cukup bagus dengan angka 3,9. Bandara ini juga terhitung telah memenuhi lima parameter yang disebutkan di atas. Sejak 11 September lalu, bandara ini juga sudah dibuka kembali untuk penerbangan internasional.

Pembersihan area bandara
Pembersihan area bandara photo via beritabuana

Selain memenuhi lima prosedur di atas, bandara Soekarno-Hatta juga telah menyiapkan berbagai protokol kesehatan demi keamanan dan keselamatan penumpang selama pandemi Covid-19. Beberapa diantaranya termasuk menggunakan APD seperti masker, sarung tangan dan face shield bagi para personel, membuat prosedur penanganan pesawat dan pengunjung bandara yang diduga terpapar virus.

Selanjutnya, pihak bandara juga menyiapkan fasilitas sterilisasi UV Sterilizer untuk bagasi penumpang, melakukan desinfeksi secara berkala di area terminal penumpang pesawat, menyediakan fasilitas rapid test, memeriksa surat hasil tes rapid ataupun PCR, serta memperbanyak fasilitas touchless di sekitar area bandara.

Bandara Soeta
Bandara Soeta Photo by @muhammad_aziz on unsplash.com

Demi mencegah penyebaran Covid-19 lebih lanjut, bandara internasional yang ada di Jakarta ini menyediakan berbagai fasilitas touchless. Dengan meminimalisir menyentuh permukaan yang berpotensi disentuh oleh banyak orang, diharapkan mampu meminimalisir penyebaran virus pula.

Beberapa fasilitas touchless yang bisa ditemukan di Bandara Soekarno-Hatta antara lain adalah smart helmet, body scanner, travelation, Virtual Customer Assistant, tombol elevator, UV Sterilizer, dan wastafel otomatis. 

Smart helmet digunakan oleh personel avsec untuk mengetahui beberapa informasi penumpang seperti suhu tubuh, pengenalan wajah, plat kendaraan, inspeksi fasilitas, scanner QR code, hingga identifikasi titik panas. Body scanner digunakan untuk memeriksa apakah ada barang tersembunyi dalam tubuh penumpang. 

Travelation adalah aplikasi untuk pendataan dokumen penting penumpang termasuk hasil rapid test dan dokumen lainnya. Sedangkan Virtual Customer Assistant adalah fasilitas yang digunakan untuk menggantikan customer assistant yang hadir secara fisik untuk membantu penumpang. Bagaimana menurut #SGB_Family? Apakah predikat Bandara teraman dari covid 19 benar-benar sesuai dengan yang ada di lapangan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial