fbpx

Jadi Pilot Sehari di Singapura Pasti Seru Banget! Berani Coba?

  • September 23, 2020
  • Dibaca 150 kali
Ilustrasi melakukan simulasi penerbangan. Instagram @favesg

Pernah kebayang buat nerbangin pesawat? Atau minimal duduk di kursi pilot dan mengoperasikan beragam tombol di kokpit? Nah, #SGB_Team bakal kasih tahu cara jadi pilot sehari di Singapura. #SGB_Family akan dipandu pilot profesional selama berada di simulator ini. Gimana cara daftarnya? Simak ulasan berikut, ya.

Cara Jadi Pilot Sehari di Singapura
Ilustrasi melakukan simulasi penerbangan. Instagram @flightexperience_sg

Simulator penerbangan bertajuk Flight Experience ini mengajak #SGB_Family untuk mengetahui rasanya menjadi pilot pesawat komersil. Pengunjung bakal masuk ke replika kokpit pesawat Boeing 737-800 asli. #SGB_Family bakal menghadap ke layar definisi tinggi. Menampilkan kondisi sekitar yang tampak seperti asli. Seolah-olah beneran ada dalam pesawat beneran. 

Pilot bersertifikat akan memandu #SGB_Family selama berada di dalam kokpit. Mulai dari mengenalkan beragam tombol sampai mengajari cara mengendalikan pesawat. Sebagai pilot sehari, #SGB_Family dapat memilih bandara yang diinginkan untuk take-off maupun landing.

Selama menerbangkan pesawat, perjalanan mungkin nggak akan mulus. #SGB_Family bakal menghadapi beragam cuaca, tentunya akan memengaruhi penerbangan. Tenang aja, pilot yang mendampingi akan mengajari cara bermanuver agar berhasil melewati cuaca apapun.

Flight Experience menawarkan dua kegiatan seru yaitu Boeing 737 Experiences dan Virtual Reality Experiences. Cara mendaftarnya via situs resmi Flight Experience. Pengunjung memilih tanggal dan jam. Kemudian melakukan pembayaran. Setelah itu, tinggal datang ke lokasi pada waktu yang dipilih.

Ilustrasi simulasi terbang dipandu pilot bersertifikat. Instagram @flightexperience_sg
Ilustrasi simulasi terbang dipandu pilot bersertifikat. Instagram @flightexperience_sg

Impian menerbangkan pesawat Boeing 737 bisa menjadi kenyataan dengan mengikuti Boeing 737 Experiences. Pada program andalan Flight Experience, terdapat 4 pilihan untuk merasakan jadi pilot.

1. 30 menit

Pilihan paling dasar ini berlangsung selama 30 menit. Pengunjung akan mempelajari instrumen dan kontrol dasar sebelum take-off. Benefit pada sesi ini adalah briefing sebelum penerbangan, 2 take-off dan landing, pilih 1 airport, serta sirkuit siang dan malam. Biaya sesi 30 menit $175.

2. 45 menit

Simulasi selama 45 menit ini berawal seperti pada sesi 30 menit, tapi ditambah tantangan. Misalnya cuaca buruk atau terbang ke bandara yang sulit dijangkau. #SGB_Family akan mendapatkan briefing sebelum penerbangan, 3 take-off dan landing, 2 airport, serta sirkuit siang dan malam. Biaya sesi 45 menit $225.

3. 60 menit

Pada sesi 60 menit, #SGB_Family akan melakukan simulasi penerbangan lebih menantang. Salah satunya kondisi cuaca buruk seperti badai petir. Selain itu, bakal diajari dasar-dasar autopilot. Nantinya akan ada briefing sebelum penerbangan, 4 take-off dan landing, 2 airport, serta sirkuit siang dan malam. Biaya sesi 60 menit $275.

4. 90 menit

Pengin merasakan jadi pilot lebih lama dan makin menantang? #SGB_Family bisa memilih sesi 90 menit. Keuntungannya, bakal diajarin sistem autopilot lebih detail. Setelah briefing, pengunjung dapat melakukan 6 kali take-off dan landing dan memilih lebih dari 4 bandara. Nggak lupa bakal ada sirkuit siang dan malam. Selama penerbangan, #SGB_Family bakal menghadapi kondisi cuaca buruk dan beragam tantangan lain. Biaya sesi 90 menit $395.

Boeing 737 Experiences
Mulai dari $175
Singapore Flyer 30 Raffles Ave, Singapore 039803
Promenade
singapore.flightexperience.com.sg/pages/737-simulator-flights

Cara Jadi Pilot Sehari di Singapura
Ilustrasi melakukan simulasi penerbangan. Instagram @favesg

Selain simulasi menerbangkan pesawat, Flight Experience juga menawarkan pengalaman mengoperasikan jet militer melalui teknologi virtual reality (VR). #SGB_Family bakal memasuki dunia penerbangan militer dengan berbagai tantangan dan lokasi. Tersedia 2 pilihan misi, 15 menit dan 30 menit.

Pada misi 15 menit, pengunjung akan mempelajari cara mengoperasikan jet militer F / A-18 atau F-15. Lokasi penerbangan di spot ikonik Amerika. Nantinya bakal diberi briefing singkat sebelum mulai penerbangan secara VR. Siapkan budget $35 untuk misi 15 menit.

Selanjutnya misi 30 menit. #SGB_Family bisa menerbangkan pesawat militer dan sipil di 3-4 lokasi internasional berbeda. Misalnya Grand Canyon, Las Vegas, sampai Pegunungan Alpen Swiss. Bisa juga coba menerbangkan dan mendaratkan helikopter. Biaya misi 30 menit sekitar $65.

Virtual Reality Experience
Mulai dari $35
Funan Mall 107 North Bridge Rd, Singapore 179105
City Hall
singapore.flightexperience.com.sg/pages/vr-experiences

Ilustrasi pilot di Flight Experience. Instagram @flightexperience_sg
Ilustrasi pilot di Flight Experience. Instagram @flightexperience_sg

Menghadapi kondisi pandemi Covid-19, Flight Experience menerapkan sejumlah aturan untuk menjaga keamanan dan kesehatan pengunjung. Ada pengukuran suhu saat check-in, dan harus membersihkan tangan sebelum dan sesudah simulasi.

Grup maksimal 5 orang. Nanti di dalam simulator 737, hanya boleh ada maksimal 3 pengunjung. Sementara 2 pengunjung lain akan menunggu di lounge sembari nonton sesi simulasi melalui TV. Flight Experience melakukan disinfeksi aerosol pada kokpit setelah tiap pelanggan kembali. Juga mengelap kontrol dan instrumen menggunakan tisu antiseptik.

Cukup mudah kan cara jadi pilot sehari di Singapura? #SGB_Family tinggal daftar online, datang ke lokasi, dan masuk ke kokpit. Siap deh menerbangkan pesawat. Ceritakan dong pengalaman simulasi menerbangkan pesawatnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial