fbpx

Menikah di Singapura? Catat 4 Hal Penting Ini, Ya!

  • September 19, 2020
  • Dibaca 247 kali
Ilustrasi mempelai pengantin melakukan foto pre-wedding. Photo by Eugenivy Reserv on Unsplash

Menikah di Singapura tidak hanya menyiapkan budget, tapi ada 4 hal penting yang harus #SGB_Family tahu. Mulai dari mengajukan pemberitahuan pernikahan, proses pencatatan pernikahan, membuat salinan akta, sampai registrasi bagi warga negara Indonesia di Singapura. Ketentuan tersebut diatur oleh Registry of Marriage Singapores. Yuk simak ulasan lengkapnya.

Ilustrasi pengantin melakukan pengesahan pernikahan. Instagram @joanneeng
Ilustrasi pengantin melakukan pengesahan pernikahan. Instagram @joanneeng

Langkah pertama apabila menikah di Singapura adalah mengajukan pemberitahuan pernikahan melalui situs resmi Registry of Marriage Singapores (ROM). Pada proses ini calon mempelai pengantin mendaftarkan diri untuk melakukan solemnization atau pengesahan pernikahan. Solemnization dapat dilakukan di kantor ROM atau di luar. Lokasi solemnization di luar ROM umumnya disesuaikan dengan agama yang dianut, misalnya gereja dan masjid.

Siapkan credit card (cashcard/NETS) untuk pembayaran registrasi pernikahan, kedua calon pengantin dan 2 saksi berusia di atas 21 tahun harus menyiapkan NRIC (untuk warga negara atau penduduk tetap Singapura) atau paspor (untuk warga asing), dan formulir persetujuan yang ditandatangani oleh solemnizer (orang yang mengesahkan pernikahan). Syarat terakhir berlaku kalau solemnization dilakukan di luar kantor ROM.

Setelah melakukan pendaftaran secara online, lakukan pembayaran sebesar $42 kalau minimal salah satu pengantin punya NRIC. Apabila kedua pengantin warga negara asing, biaya registrasi $380. Usai pendaftaran dan pembayaran berhasil, #SGB_Family akan menerima nota pembayaran dan Summary of Notice of Marriage. 

Summary of Notice of Marriage berisi instruksi penting terkait solemnization, tanggal untuk Verification of Documents & Statutory Declaration (VD/SD) di ROM, dan informasi lainnya. Verification of Documents & Statutory Declaration (VD/SD) adalah proses verifikasi data kedua calon pengantin dan saksi. Dapat dikatakan sebagai proses registrasi pernikahan.

Periode pengesahan pernikahan adalah 21 hari setelah mengajukan pemberitahuan pernikahan. Misalnya mengajukan pemberitahuan pada 30 Januari, maka waktu solemnization paling cepat 21 Februari. Kemudian maksimal melakukan solemnization setelah mengajukan pemberitahuan adalah 12 bulan. Kalau tidak melaksanakan pengesahan pernikahan maksimal 12 bulan, maka proses ini dianggap batal.

Ilustrasi pesta pernikahan. Photo by Edward Cisneros on Unsplash
Ilustrasi pesta pernikahan. Photo by Edward Cisneros on Unsplash

Pengesahan dan registrasi pernikahan dapat dilakukan via online, tepatnya konferensi video. Apabila udah mengajukan pemberitahuan pernikahan, maka harus memenuhi syarat sebagai berikut:

Verification of Documents & Statutory Declaration (VD/SD)

  • Kedua calon pengantin warga negara atau penduduk tetap Singapura, berusia di atas 21 tahun saat solemnization
  • Mempunyai dokumen resmi yang dikeluarkan pemerintah Singapura termasuk NRIC, akta perceraian atau akta kematian kalau ada.
  • Kedua calon pengantin berada di Singapura
  • Sudah melakukan pemberitahuan pernikahan yang valid setidaknya 21 hari sebelum solemnization

Pengesahan Pernikahan

  • Minimal salah satu calon pengantin warga negara atau penduduk tetap Singapura, berusia 21 tahun ke atas solemnization
  • Kedua calon pengantin dan 2 saksi harus berada di Singapura
  • Calon pengantin harus sudah memenuhi VD/SD baik via video atau langsung di kantor ROM
  • Sudah melakukan pemberitahuan pernikahan yang valid setidaknya 21 hari sebelum solemnization

Kalau sudah memenuhi syarat dan mendaftar, ROM akan memberikan konfirmasi tanggal VD/SD dan pengesahan pernikahan.

Ilustrasi proses pengesahan dan registrasi pernikahan di Singapura. Instagram @rh_supersaiyan
Ilustrasi proses pengesahan dan registrasi pernikahan di Singapura. Instagram @rh_supersaiyan

Langkah pertama untuk mengajukan permintaan salinan akta nikah adalah mencari catatan pernikahan. Proses ini dilakukan secara online melalui situs ROM. Biaya yang harus dibayarkan $50. #SGB_Family dapat mengajukan salinan akta nikah 14 hari setelah hari pengesahan pernikahan. 

Salinan akta nikah dapat diambil langsung di kantor ROM antara pukul 3pm-5pm pada hari kerja berikutnya atau kirim via pos. Pengiriman 7 hari untuk wilayah Singapura dan 2-3 minggu untuk luar negeri.

Ilustrasi mempelai pengantin melakukan foto pre-wedding. Photo by Eugenivy Reserv on Unsplash
Ilustrasi mempelai pengantin melakukan foto pre-wedding. Photo by Eugenivy Reserv on Unsplash

Apabila warga negara Indonesia menyelenggarakan di Singapura, mereka harus melaporkan pernikahan melalui KBRI Singapura. Nantinya KBRI Singapura akan mendaftarkan dan menerbitkan dokumen pencatatan pernikahan. Bertujuan untuk laporan kepada kantor Kependudukan dan Catatan Sipil di Indonesia. Siapkan dokumen berikut:

  • Paspor asli dan fotokopi suami istri
  • KTP atau kartu identitas Singapura asli dan fotokopi suami istri
  • Akta nikah yang diterbitkan oleh ROM atau Registry of Muslim Marriages (ROMM), asli dan fotokopi
  • Mengisi dan menandatangani formulir registrasi pernikahan yang dapat diunduh di situs KBRI Singapura

Proses ini tidak dipungut biaya. Kedua pengantin cukup datang ke kantor KBRI Singapura sembari membawa dokumen di atas.

Nah, perhatikan hal penting di atas sebelum menikah di Singapura, ya. Sekalian juga hitung budget pernikahan. Selain ROM, bagi pendaftaran pernikahan Muslim dapat dilihat di situs Registry of Muslim Marriages.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial