fbpx

Tips Menawar Uang Sewa Rumah, Manfaatkan Ini Saja!

  • September 17, 2020
  • Dibaca 64 kali
Ilustrasi tempat tinggal di Singapura. Photo by Stacey Gabriella on Pexels

Menyewa rumah atau apartemen di Singapura butuh biaya yang nggak sedikit. Misalnya menyewa studio apartemen di daerah Little India, perlu menyiapkan budget mulai dari $2.000. Nggak usah khawatir, kalau ingin mendapatkan harga sewa lebih murah coba tawar harga langsung dengan pemilik. Yuk, intip tips menawar sewa uang rumah seperti dikutip dari 99.co dan moneysmart.sg berikut.

Tips Menawar Uang Sewa Rumah
Ilustrasi apartemen. Photo by Milin John on Unsplash

Mengetahui harga sewa tentu jadi kunci penting, bakal memengaruhi berapa budget yang harus disiapkan. Cara paling mudah bertanya langsung ke pemilik rumah. Tapi sebaiknya simpan dulu informasi tersebut. Coba tanya ke penyewa lain berapa jumlah uang sewa yang mereka bayar dengan tipe rumah sama dengan yang #SGB_Family pilih.

Kalau cara tersebut terasa kurang efektif, buka gadget dan menuju situs pembanding harga rumah. Lihat daftar serupa di gedung atau lingkungan yang sama dan bandingkan harga yang tertera. Tapi biasanya harga yang dicantumkan di situs online adalah harga yang masih bisa ditawar. Dari kedua cara riset, #SGB_Family jadi bisa tahu harga yang diajukan pemilik rumah sesuai atau dilebihkan.

Tips Menawar Uang Sewa Rumah
Ilustrasi kompleks flat di Singapura. Photo by Dung Trieu on Unsplash

Perawatan apartemen menjadi salah satu faktor mahalnya harga sewa. Di sinilah peran #SGB_Family dibutuhkan. Tawarkan bantuan untuk melakukan perawatan rumah misalnya mengecat tembok yang mulai pudar, membersihkan lantai, dan atau merawat tanaman kalau ada. Apabila pemilik rumah nggak perlu mempekerjakan orang lain untuk merawat rumah, bisa jadi harga sewa akan diturunkan.

Ilustrasi seseorang sedang bekerja dari apartemen. Photo by Parker Gibbsons on Unsplash
Ilustrasi seseorang sedang bekerja dari apartemen. Photo by Parker Gibbsons on Unsplash

Kontrak sewa berisi jumlah deposito, uang sewa, serta tanggal pembayaran. Hal tersebut dapat #SGB_Family manfaatkan untuk menawar uang sewa rumah. Biasaya pemilik rumah cenderung mengurangi uang sewa kalau jangka waktu tinggal cukup lama misalnya 2 tahun. Selain itu, sebagai penyewa bayarlah uang sewa bulanan lebih cepat. Kalau di perjanjian tanggal 1, maka bayar pada tanggal 27. 

Selanjutnya, berikan uang muka sewa lebih dari satu bulan, misalnya 3 atau 4 bulan. Tak lupa, perpanjang waktu pemberitahuan sebelum #SGB_Family pindah dari apartemen. Semacam advance notice. Melakukan beberapa hal tersebut diharapkan menimbulkan rasa percaya pemilik rumah kepada penyewa. Sehingga mereka mungkin akan menurunkan uang sewa.

Ilustrasi furnitur di apartemen. Photo by Hannah Busing on Unsplash
Ilustrasi furnitur di apartemen. Photo by Hannah Busing on Unsplash

Tips menawar uang sewa rumah selanjutnya adalah lihat furnitur dan utilitas saat melihat apartemen bersama pemiliknya. Coba tanyakan apakah furnitur termasuk harga sewa atau nggak. Selain itu, bisa juga memastikan apakah pemilik akan menyediakan furnitur. Cara satu ini memang nggak serta-merta menurunkan harga sewa tapi bisa untuk menghemat biaya.

Tips Menawar Uang Sewa Rumah
Ilustrasi flat di Singapura. Photo by Aishah Rahman on Unsplash

Setelah mencari tahu harga kepada penyewa lain, membandingkan harga via online, menawar kepada pemilik maka biasanya harga akhir akan diputuskan. Namun, jangan langsung menerima begitu saja. Pemilik rumah tahu bahwa nggak semua penyewa tahu harga properti. Tapi mereka juga nggak tahu seberapa penyewa ingin atau nggak menyewa tempat mereka. Nah, di sinilah proses tarik ulur. Beranikan untuk menawar sampai harga yang pantas.

Ilustrasi tempat tinggal di Singapura. Photo by Stacey Gabriella on Pexels
Ilustrasi tempat tinggal di Singapura. Photo by Stacey Gabriella on Pexels

Apabila menawar harga sebelum tanda tangan kontrak tak memungkinkan, coba lakukan saat akhir masa kontrak. Tips satu ini bisa diaplikasikan kalau #SGB_Family berniat menetap di apartemen yang sama untuk periode selanjutnya. Apartemen menjadi kosong merupakan salah satu hal yang dihindari oleh pemilik rumah. Sebab biasanya mereka mengandalkan uang sewa untuk menutupi atau subsidi hipotek.

Tunggu sampai perjanjian sewa hampir berakhir atau sampai mendekati tanggal mulai sewa (buat calon penyewa). Ketika pemilik rumah menanyakan apakah mau lanjut atau nggak, sebaiknya jangan berikan jawaban pasti. Coba bilang bahwa #SGB_Family masih memikirkan, belum yakin, atau sedang cek kondisi keuangan. Pada proses ini mungkin pemilik rumah akan memaksa untuk menjawab secepatnya. Tak usah khawatir. Tetap pada jawaban semula aja.

Apabila pemilik rumah benar-benar menginginkan jawaban, coba sampaikan bahwa #SGB_Family bakal memberikan jawaban pasti tapi dengan syarat. Misalnya nggak menaikkan uang sewa atau bahkan menurunkan uang sewa. Bisa juga terkait tenggat waktu pembayaran. Perlu diingat bahwa dalam negosiasi apapun, umumnya perubahan besar dan kompromi terjadi saat mendekati tenggat waktu.

Tips menawar uang sewa rumah di atas bisa #SGB_Family praktikkan tak hanya di Singapura tapi negara lain. Tapi perlu diingat kalau faktor mahalnya uang sewa beragam. Perlu cari tahu dulu kenapa harga sejumlah itu yang ditawarkan. Kalau udah murah, nggak usah pakai nawar, ya. Punya pengalaman soal uang sewa rumah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial