fbpx

7 Stasiun MRT Berhantu di Singapura, Toa Payoh sampai Woodleigh

  • September 17, 2020
  • Dibaca 265 kali
Stasiun MRT Woodleigh. Instagram @_wilson_will95

Stasiun MRT di Singapura merupakan tempat berkumpulnya banyak orang. Mereka menggunakan MRT sebagai moda transportasi yang dinilai efektif dan harga terjangkau. Tapi ternyata walaupun ramai, ada cerita misteri di baliknya. Berdasarkan kanal Youtube SGB – Singapore Guide Book, berikut 7 stasiun MRT berhantu di Singapura.

Stasiun MRT Toa Payoh. Instagram @magicomerv
Stasiun MRT Toa Payoh. Instagram @magicomerv

Stasiun MRT Toa Payoh, salah satu yang tertua di Singapura karena udah beroperasi sejak 1987-an. Stasiun ini melayani jalur utara selatan (North South line) dengan 4 pintu keluar yaitu Exit A-D menuju atraksi wisata dan rekreasi di kawasan ini. Lengkapnya seperti ini:

  • Exit A: Toa Payoh Town Park, HDB HUB, Church of The Risen Christ, Toa Payoh Community Library, Toa Payoh NPC, Toa Payoh Stadium, Toa Payoh Swimming complex, Toa Payoh Bus Interchange
  • EXIT B: Toa Payoh Bus Interchange
  • EXIT C: Lorong 2 Toa Payoh, CHIJ Pri and Sec School (Toa Payoh)
  • EXIT D: Lorong 2 Toa Payoh, Toa Payoh Central, Toa Payoh Methodist Church

Stasiun MRT yang didominasi warna kuning ini termasuk jalur ramai dan padat. Namun, rupanya tersimpan cerita misteri di sini. Konon Toa Payoh termasuk stasiun MRT berhantu di Singapura. Tak jarang penumpang melihat sesosok perempuan dengan mata sepenuhnya putih dan berambut panjang diam menatap nanar. Namun, ketika ada orang yang mendekati sosok itu menghilang entah ke mana.

Stasiun MRT Ang Mo Kio, Singapura. Instagram @saygoodbyebae
Stasiun MRT Ang Mo Kio, Singapura. Instagram @saygoodbyebae

Masih di jalur utara selatan (North South line), terdapat stasiun MRT di Singapura yang berhantu yaitu Ang Mo Kio atau biasa disebut AMK. Stasiun ini mempunyai 4 exit dari A sampai D, menghubungkan AMK Hub, Ang Mo Kio Bus Interchange, dan Ang Mo Kio Town Centre melalui jalan bawah tanah. Ang Mo Kio termasuk salah satu dari 5 stasiun MRT yang dibangun pertama kali di Singapura. Sama seperti stasiun MRT Toa Payoh yang beroperasi mulai 1987.

Penumpang kerap melihat penunggu di stasiun lawas ini. Sosok perempuan rambut panjang dengan mata kuning. Konon makhluk ini selalu mengincar orang yang pulang sendiri saat malam hari.

Selain kisah mistis, beberapa kecelakaan pun pernah terjadi di stasiun MRT Ang Mo Kiong. Salah satunya terjadi pada 2003, seorang penumpang tengah asyik membaca buku sampai tidak menyadari bahwa kereta sudah mendekati stasiun. Alhasil ia terjatuh ke jalur MRT dan tertabrak kereta yang melaju. Penumpang ini pun dibawa ke rumah sakit kala itu.

Stasiun MRT Lakeside. Instagram @joy_in_singapore
Stasiun MRT Lakeside. Instagram @joy_in_singapore

Stasiun MRT Lakeside berada di East West line di Jurong West, dibangun di tepi barat laut Danau Jurong. Keunikan stasiun ini terletak pada atapnya yang didesain melengkung khas rumah China. Stasiun ini menghubungkan warga di area Hong Kah dan Taman Jurong yang dilengkapi pula dengan bus menuju pemukiman. Layanan bus di sini pun menghubungkan ke kawasan industri Jurong dan Pelabuhan Jurong. Tak heran kalau stasiun MRT Lakeside selalu ramai. 

Tapi lain cerita kala malam datang. Menurut cerita, pengemudi taksi yang berada di persimpangan dekat jalur keluar MRT kerap melihat sosok menyeberang sembarangan. Tak pelak hal itu sering menimbulkan kecelakaan. Setelah dicek di CCTV, tak terlihat jejak orang menyeberang seperti yang dilihat supir taksi. Cerita mistis ini datang dari banyak supir taksi yang tengah menunggu penumpang atau lewat persimpangan.

Stasiun MRT Bishan. Instagram @yeongwaye
Stasiun MRT Bishan. Instagram @yeongwaye

Stasiun MRT di Singapura yang berhantu selanjutnya adalah Bishan yang melayani North South line dan Circle line. Lokasinya berada di sepanjang Jalan Bishan. Namanya sendiri berasal dari istilah Bahasa Kanton untuk kuburan besar Peck San Theng. Stasiun MRT ini menghubungkan Bishan Bus Interchange serta dekat juga dengan sekolah Raffles Institution dan Catholic High School.

Menjadi bekas situs pemakaman Peck San Theng membuat stasiun MRT Bishan dikabarkan berhantu. Salah satu urband legend yang terkenal adalah hantu tanpa kepala. Ada juga sesosok hantu yang kerap mengganggu orang yang pulang pada malam hari.

Stasiun MRT Berhantu di Singapura
Stasiun MRT Tampines. Instagram @singapore_trains_channel

Stasiun MRT Tampines melayani East West dan Downtown lines di kawasan Tampines, lokasinya di tengah Tampines Town Centre. Tak heran, stasiun ini menghubungkan ke beragam tempat penting seperti berikut:

EXIT A : HDB Branch Office and Regional Library, AIA Tampines, EastLink Mall, Hitachi Square, OCBC Centre One, Tampines Bus Interchange, Tampines Grande, Abacus Plaza, OCBC Centre Two, Tampines Junction, Tampines Plaza, Tampines Point, Tampines Sports Hall, Tampines Stadium, Tampines Swimming Complex, Telepark, UOB Tampines Centre

EXIT B : Tampines 1, Tampines Avenue 4, Tampines Polyclinic, Tampines North Community Club, Ikea/Giant/Courts Shuttle Bus Pick-up point

EXIT C: Abacus Plaza, OCBC Centre Two, Tampines Junction, Tampines Plaza, Tampines Point, Tampines Sports Hall, Tampines Stadium, Tampines Swimming Complex, Telepark, UOB Tampines Centre, Tampines Avenue 4, Century Square,CPF Tampines Building, Tampines Mall

Menjadi penghubung beragam lokasi penting dan selalu ramai, tak menutup adanya cerita mistis. Konon setelah dibangun, banyak orang melakukan bunuh diri sini stasiun ini.

Stasiun MRT Berhantu di Singapura
Stasiun MRT Novena. Instagram @sezersean

Berikutnya ada stasiun MRT Novena yang melayani North South Line di Thomson Road, Novena. Dulunya stasiun ini bernama Thomson Road, kemudian berubah menjadi Novena. Nama tersebut terinspirasi dari sesi ibadah mingguan Novena yang diselenggarakan di Catholic Church of Saint Alphonsus atau lebih dikenal sebagai Novena Church. 

Stasiun ini menghubungkan dua rumah sakit populer yaitu Tan Tock Seng Hospital dan Mount Elizabeth Novena Hospital. Lebih lengkapnya seperti ini:

  • EXIT A: Sinaran Drive, Communicable Disease Centre 2, Ministry of Home Affairs, Mount Elizabeth Novena Hospital (U/C), National Neuroscience Institute, Novena Medical Center, Novena Specialist Center, Oasia Hotel, Ren Ci Community Hospital, Square 2 , Tan Tock Seng Hospital
  • EXIT B : Thomson Road / Moulmein Road, Novena Square , Goldhill Plaza, Revenue House (Inland Revenue Authority of Singapore, United Square, Velocity @ Novena Square

Stasiun MRT Novena konon dikenal berhantu, mungkin karena dulu daerah ini bekas situs pemakaman Yahudi. Petugas stasiun pernah melihat orang berjalan di atas rel pada malam hari yang dipikir hendak bunuh diri. Namun, ketika dicek di CCTV tak terlihat ada orang.

Stasiun MRT Berhantu di Singapura
Stasiun MRT Woodleigh. Instagram @_wilson_will95

Kalau daftar stasiun MRT di atas termasuk ramai, maka berbeda dengan Woodleigh yang kabarnya termasuk stasiun dengan tingkat penumpang paling rendah. Kabarnya karena kurangnya pembangunan di area sekitar. Stasiun MRT yang melayani North East line ini selesai dibangun pada 2002 tapi tutup kembali setelah beroperasi sebentar. Pada 2011 atau 8 tahun kemudian, stasiun ini buka kembali.

Urban legend di stasiun MRT Woodleigh dikenal paling seram. Tempat ini dikenal berhantu dan kerap terjadi hal mistis, konon karena area ini bekas kuburan bernama Bidadari.

Urban legend di stasiun MRT berhantu di Singapura ini bertahan sampai sekarang. Tapi tidak menghalangi warga maupun turis untuk tetap menggunakan fasilitas transportasinya. #SGB_Family juga tak perlu khawatir. Tetap waspada dan konsentrasi selama berada di stasiun, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial