fbpx

Saudi Arabia Akan Buka Perbatasan, Apakah Sudah Bisa Umrah?

  • September 14, 2020
  • Dibaca 10 kali

Seperti yang diketahui, ada banyak negara yang masih menutup pintunya untuk turis mancanegara. Salah satunya adalah Saudi Arabia. Bahkan, negara ini mengeluarkan larangan khusus untuk 50 negara. Kabar terbaru, Saudi Arabia akan buka perbatasan. Wah, kabar baik nih untuk #SGB_Family yang punya rencana bepergian ke negara tersebut. Kapan nih? Baca terus beritanya, ya.

Saudi Arabia akan buka perbatasan (Photo by Ishan @seefromthesky on Unsplash)

Dilansir dari cnnindonesia.com, sejak Maret 2020 lalu, pemerintah Arab Saudi sudah memutuskan melarang seluruh warga Indoensia dan 50 negara lainnya untuk melewati perbatasan. Peraturan tersebut dikeluarkan oleh Kementrian Dalam Negeri Saudi dan otoritas Penerbangan Sipil (GACA) dan disebarkan oleh Kedutaan Besar RI di Riyadh.

“Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara masuknya individu dari negara-negara tersebut, serta mereka yang telah berada di negara-negara tersebut selama 14 hari sebelum ketibaan di Arab Saudi, serta menghentikan sementara transportasi udara dan laut ke negara-negara itu dengan pengecualian bagi jalur evakuasi, pelayaran, dan perdagangan.”

Lima puluh negara yang dilarang masuk Arab Saudi di antaranya adalah Austria, Belgia, Bahrian, Bulgaria, Ceko, Denmark, Estonia, Ethiopia. Dan banyak lagi negara lainnya.

Saudi akan buka sebagian penangguhan (Photo by Haidan on Unsplash)

Dilansir dari thejakartapost.com, Saudi Arabai akan mencabut sebagian penagguhannya pada penerbangan internasional mulai Selasa. Hal ini disampaikan oleh Kementerian Dalam Negeri, enam bulan setelah pembatasan perjalanan diberlakukan karena pandemi.

Saudi Arabia akan buka perbatasan total, yaitu transportasi udara, darat dan laut untuk warga Saudi setelah tanggal 1 Januari pada tahun depan. Kementerian menambahkan bahwa tanggal pastinya akan diumumkan pada bulan Desember 2020.

Kategori khusus sudah bisa masuk Saudi Arabia (Photo by Ryan Pradipta Putra on Unsplash)

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menyampaikan tentang pencabutan sebagian penangguhan perbatasan yang dimulai hari Selasa. Untuk siapa saja? Warga Teluk dan Non Saudi dengan izin tinggal atau visa yang sah akan diizinkan masuk mulai Selasa. Catatannya, mereka tidak terinfeksi virus.

Siapa lagi yang akan diizinkan masuk? Orang-orang dalam kategori luar biasa, seperti pegawai pemerintah dan militer Saudi, pekerja kedutaan, pelajar, dan orang-orang yang membutuhkan perawatan medis juga akan diizinkan masuk dan keluarg negara.

Rencana tentang Umrah (Photo by طفاف ابوماجدالسويدي on Unsplash)

Saudi Arabi akan buka perbatasan ini menjadi berita bagus bagi #SGB_Family yang berencana umrah. Kementerian juga menyatakan bahwa Arab Saudi nantinya akan mengumumkan rencana untuk mengizinkan umrah secara bertahap.

Sejak bulan Maret 2020, Arab Saudi telah menangguhkan umrah untuk sepanjang tahun. Hal ini dilakukan karena kekhawatiran pandemi virus akan menyebar di kota yang suci bagi umat Muslim ini.

Nggak cuma umrah, negara ini juga menyelenggarakan haji yang lebih kecil, yaitu hanya mengizinkan 10.000 muslim yang diambil dari ziarah tahunan. Sedang biasanya ada sekitar 2,5 juta muslim yang berpartisipasi untuk ibadah ini.

Arab Saudi (Photo by darylfigueroa on Unsplash)

Arab Saudi telah menahan lonjakan infeksi. Kasus tertinggi mencapai 4.200 kematian. Namun negara ini juga telah melaporkan pemulihan yang juga tinggi. Lebih dari 300.000 pasien dilaporkan telah pulih pada hari Minggu kemarin.

Salah satu aksi yang dilakukan Arab Saudi adalah memberlakukan jam malam. Namun pada bulan Juni, pembatasan telah dicabut. Termasuk bisnis dan tempat hiburan lain sudah bisa beroperasi.

Itulah update singkat sehubungan dengan Saudi Arabia akan buka perbatasan. Untuk sementara, #SGB_Family beribadah dari rumah dulu, ya. Semoga pandemi cepat berlalu, kita semua bisa bepergian dengan aman dan nyaman. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×