fbpx

5 Aplikasi Wajib untuk Liburan di Singapura, Berguna Banget!

  • September 11, 2020
  • Dibaca 23 kali
Ilustrasi bangunan bersejarah di Singapura City Hall. Photo by Lily Banse on Unsplash

Sebelum menjelajah Singapura, #SGB_Family bisa coba download aplikasi yang bakal membantu selama liburan atau tinggal di sini. Nggak perlu bingung nyasar, karena beragam aplikasi menyediakan informasi mulai dari soal penerbangan, transportasi, sampai taksi online. Yuk, intip 5 aplikasi wajib untuk liburan di Singapura yang dikutip dari kanal Youtube SGB – Singapore Guide Book.

Ilustrasi Changi Airport Singapore. Photo by Sreehari Devadas on Unsplash
Ilustrasi air terjun indoor di Changi Airport Singapore. Photo by Sreehari Devadas on Unsplash

Berkunjung ke Singapura tentu bakal melalui Changi Airport. iChangi, aplikasi yang wajib #SGB_Family download di handphone berguna buat tutorial transportasi dari dan ke bandara ini, peta terminal, dan update jadwal penerbangan. iChangi bermanfaat pula untuk #SGB_Family yang sekadar transit dan waktunya nggak lama. Pantau aja jam penerbangan dari aplikasi ini, biar nggak sampai ketinggalan pesawat. 


Cara gunakan aplikasi iChangi untuk cek jam penerbangan adalah cukup ketik nomor penerbangan atau maskapai. Nggak lama bakal muncul informasi lengkap mulai dari conveyor belt tempat keluar bagasi sampai gate flight. #SGB_Team sarankan untuk masukin nomor penerbangan karena hasilnya lebih cepat muncul. Nantinya ada alarm untuk mengingatkan jam penerbangan.

Berada di Changi Airport, sempatkan juga untuk belanja. iChangi akan berperan juga di sini, karena tersedia beragam layanan mulai dari informasi tempat makan, tempat belanja, sampai events di masing-masing terminal. 

Aplikasi wajib untuk liburan di Singapura
Ilustrasi transportasi umum di Singapura: bus. Photo by Dave Kim on Unsplash

MRT, bus, sampai LRT merupakan transportasi umum di Singapura terkenal teratur dan terintegrasi satu sama lain. Hampir semua tempat dapat dijangkau dengan transportasi umum. Nggak perlu bingung harus pakai MRT atau bus yang mana, #SGB_Family.bisa download aplikasi Citymapper. Tersedia peta MRT, bus, LRT, dan kapal ferry. 

Cara gunakan aplikasi Citymapper, pilih jenis transportasi lalu masukkan tujuan. Seketika akan muncul informasi misalnya bus nomor berapa yang harus #SGB_Family naikin. Pada menu MRT, tersedia juga durasi perjalanan. Selain itu, ada layanan “Issue” yang berisi informasi update terkait gangguan transportasi umum. 

Ilustrasi tempat makan murah di Singapura. Photo by Annie Spratt on Unsplash
Ilustrasi tempat makan murah di Singapura. Photo by Annie Spratt on Unsplash

Kulineran tentu harus masuk agenda wajib selama berada di Singapura. Banyak pilihan makanan lokal dan murah yang nggak bikin dompet tipis. Aplikasi Eatigo bisa membantu #SGB_Family menemukan makanan lokal murah dan halal. 

Cara menggunakan Eatigo, masukkan aja lokasi spesifik yang mau dituju untuk makan dan filter berdasarkan harga. Bakal muncul daftar tempat makan di lokasi tersebut. Di sebelah kiri atas masing-masing tempat makan ada keterangan rating dan halal. Traveler Muslim pun dapat memanfaatkan aplikasi ini.

Aplikasi wajib untuk liburan di Singapura
Ilustrasi bangunan bersejarah di Singapura: Peranakan Museum. Photo by Lily Banse on Unsplash

#SGB_Family yang penggemar tempat wisata seni budaya di Singapura bisa dibantu aplikasi Singapore Heritage Trails. Beragam tempat wisata seni budaya mulai dari museum, galeri, seni drama, teater, dan tentunya bangunan bersejarah. Tinggal pilih kategori tempat wisata seni budaya yang rencana dikunjungi.

Dengan aplikasi ini, #SGB_Family yang melakukan solo traveling bakal kebantu untuk menjelajahi spot menarik sendirian. Sekaligus dapat menemukan kisah di balik bangunan bersejarah dan landmark di Singapura. Selain itu, pengguna yang daftar akun pun bisa mengunggah gambar dari perjalanan masing-masing.

Ilustrasi taksi online di Singapura. Photo by Dave Kim on Unsplash
Ilustrasi taksi online di Singapura. Photo by Dave Kim on Unsplash

Usai berkeliling tempat wisata di Singapura, nggak jarang lelah menyerang. Ingin cepat sampai kasur. #SGB_Family bisa naik transportasi online. Setidaknya ada 3 layanan taksi online Gojek, Grab, dan ComfortDelGro. Cara penggunaan ketiganya lebih kurang sama, memasukkan alamat tujuan dan alamat penjemputan, lalu muncul biaya. 

Uniknya, ComfortDelGro menyediakan layanan yang memungkinkan pelanggan pesan taksi untuk besok. Layanan transportasi online ini juga berguna saat rush hour, karena MRT dan transportasi umum lainnya bakal penuh dengan orang pulang kerja. 

5 aplikasi wajib di atas bukan hanya untuk orang yang liburan di Singapura, tapi #SGB_Family sebagai pekerja asing di sini. Terutama Citymapper yang bisa membantu menggunakan transportasi yang tepat ke suatu tujuan, biar nggak nyasar. Aplikasi apa aja yang #SGB_Family punya untuk ngebantu liburan lebih maksimal?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×