fbpx

Fakta Sup Tulang Merah Singapura, Diciptakan pada 1950an

  • September 10, 2020
  • Dibaca 13 kali
Sup tulang merah Singapura

Salah satu makanan yang terkenal dari Singapura adalah sup tulang merah. Sup ini terbuat dari tulang kambing, domba, atau sapi dengan kuah berwarna merah darah. Menurut eresources.nlb.gov.sg, sup tulang merah memang terkait dengan komunitas Muslim India, tetapi kemudian dianggap sebagai inovasi lokal. Penasaran seperti apa sih sup tulang merah di Singapura? Yuk, simak ulasan berikut!

Sup tulang merah oleh imigran India Muslim. Instagram @osheenashril
Sup tulang merah oleh imigran India Muslim. Instagram @osheenashril

Sup tulang merah pertama kali diciptakan oleh imigran India Muslim di Singapura. Hidangan ini kemudian dianggap sebagai inovasi lokal. Sup tulang merah hampir sama dengan sup kambing atau sup domba yang juga disuguhkan di warung Muslim India. Sup tulang merah jelas berwarna merah mencolok, sedangkan sup kambing biasanya berwarna kuning kehijauan. Selain berbeda dari segi warna, sup kambing menyediakan potongan daging sedangkan sup tulang merah menyuguhkan tulang di dalam supnya.

Di negara tetangga, Malaysia, juga ada hidangan dari tulang bernama sup gearbox. Bedanya, sup ini terbuat dari sendi lutut sapi jantan yang direbus selama lebih dari 12 jam agar tulang dan daging bisa lunak.

Hal yang membuat sup tulang merah istimewa ada pada sumsum yang ada di dalam tulang. Nikmatnya luar biasa!

Sup tulang merah di Haji Kadir. Instagram @g0ldeng0h
Sup tulang merah di Haji Kadir. Instagram @g0ldeng0h

Sejak tahun 1950an, sup tulang merah sudah hadir di sebuah warung Muslim India di sepanjang Jalan Sultan. Warung ini dikelola oleh seorang pemilik bernama Abdul Kadir. Awalnya, ia memberi kaldu dari tulang kambing untuk menambah cita rasa hidangan mee kuah yang kemudian disajikan menjadi lauk sebagai permintaan dari seorang pelanggan di warungnya. Sejak itulah sup tulang merah ada.

Resep sup tulang merah masih diteruskan oleh anak Abdul yang bernama Mohamed Iqbal. Ia menjual sup tulang merah di warung Haji Kadir yang terkenal dan disebut terbaik di Singapura. Selain di Golden Mile Food Centre, warung Haji Kadir juga ada di Tampines.

Haji Kadir
Mulai dari $1,5
505 Beach Rd, #B1-13/14 Golden Mile Food Centre, Singapore 199583
10am-11.30pm
Nicoll Highway
hajikadirfoodchains.sg

Sup tulang merah Singapura
Warna merah berasal dari tomat. Instagram @eydasukiman

Sup tulang merah khas Singapura berasal dari daging kambing atau tulang sapi yang direbus dengan kuah kaldu berwarna merah. Rasanya perpaduan antara pedas dan manis berasal dari tomat, cabai, jahe, dan rempah-rempah. Pembuatan bumbu seperti jahe, bawang putih, dan cabai biasanya masih tradisional menggunakan lesung dan alu. Ada juga rempah biji jintan dan ketumbar yang digoreng dengan minyak atau ghee. Rasa manis didapat dari gula yang dicampur dengan pasta cabai bubuk dan rempah fenugreek.

Sebelum dimasukkan dalam sup, tulang kambing, iga, atau tulang sapi digoreng dengan campuran cabai dan bumbu halus. Warna merah menyala sup berasal dari tomat yang sudah dilembutkan, dicampur dengan kayu manis, dan kapulaga kemudian dicampur dengan kaldu. Untuk mempercantik tampilan warnanya, pewarna makanan juga bisa ditambahkan dalam sup.

Sumsum disedot dengan sedotan. Instagram @faheemplaza
Sumsum disedot dengan sedotan. Instagram @faheemplaza

Sup tulang merah paling enak dimakan menggunakan tangan daripada alat makan seperti sendok atau garpu. Akan lebih mudah dalam mengambil daging di tulang, jadi belepotan sedikit pun tak masalah. Apalagi, sumsum dalam tulang bisa disedot menggunakan sedotan yang biasanya tersedia. Sensasinya luar biasa! Bisa juga dicabut dengan tangan kosong kalau sudah ahli.

Sup tulang merah biasanya disajikan saat panas dengan irisan roti. Sapu habis sup merah dengan irisan roti, jangan sampai ada yang tersisa!

Sup tulang merah Singapura
Sup tulang merah disediakan dengan roti. Instagram @zarra.riana

Sup ini punya beberapa nama selain sup tulang merah, yaitu sup tulang, bistik tulang, atau sup tulang domba/kambing. #SGB_Family bisa menemukan di banyak tempat di Singapura. Selain warung Haji Kadir di  Golden Mile Food Centre dan Tampines, rekomendasi warung yang menjual sup tulang merah juga ada di kios Al-Sheik Mee di Adam Road Food Centre yang terkenal karena sup dengan telur, rempah, dan sayur.

Beberapa kedai sup tulang merah yang halal juga ada di Kampong Glam, seperti M.A Deen Biasa, Faheem Plaza, Al Tasneem, atau di Deen Tiga Rasa. Harga sup tulang merah pun bervariasi di setiap tempat, mulai dari $10 aja #SGB_Family sudah bisa menikmati sensasi makan sup tulang merah di Singapura.

Kalau sedang berburu kuliner di daerah Kampong Glam atau Golden Mile Food Centre, bisa banget mencicip sup tulang merah khas Singapura. Rasakan sensasi menyeruput sumsum yang ada di tulang dan makan menggunakan tangan. #SGB_Family udah pernah coba sup tulang merah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×