fbpx

Pengunjung Singapura dari India Punya Syarat Khusus. Apa, Ya?

  • September 10, 2020
  • Dibaca 9 kali

Kasus penyebaran Covid-19 yang masih belum terkendali memicu berbagai pemerintah di dunia untuk mengambil tindakan pencegahan. Baru-baru ini, Singapura mengeluarkan kebijakan baru. Isinya adalah pengunjung Singapura dari India punya syarat khusus. Apa syaratnya dan kenapa? Baca terus artikel di bawah ini, ya.

Pengunjung Singapura dari India dikenakan syarat (IG:@flauntingmyway)

Dilansir dari straitstimes.com, semua pengunjung Singapura dari India dan bukan merupakan warga Singapura ataupun warga permanen harus melakukan tes Covid-19 sebelum berangkat ke Singapura. Peraturan yang akan berlaku mulai 17 September mendatang ini mengharuskan para pengunjung menunjukkan hasil tes negatif yang diambil 72 jam sebelum melakukan perjalanan ke Singapura.

Ilustrasi Tes Swab Covid-19. Photo by @unitednations on Unsplash
Ilustrasi Tes Swab Covid-19. Photo by @unitednations on Unsplash

Kebijakan baru untuk pengunjung Singapura dari India yang lebih ketat ini dilakukan bersama dengan protokol kesehatan sebelumnya. Pengunjung harus melakukan karantina selama 2 minggu di fasilitas SHN yang sudah disediakan serta kembali melakukan tes Covid-19 dengan hasil negatif sebelum akhir masa SHN.

Para pengunjung harus mempersiapkan diri dengan adanya kebijakan pemeriksaan ini saat masuk ke Singapura. Mereka juga harus menyiapkan pembayaran untuk masa tinggal mereka di fasilitas SHN dan biaya tes Covid-19.

Covid-19 di India (IG:tdieofficial)

Pengambilan langkah untuk pengunjung Singapura dari India ini diumumkan pada 9 September lalu oleh Menteri Kesehatan Singapura. Bukan tanpa alasan, Menteri menyebutkan catatan meningkatnya infeksi di India. Selain itu sejumlah besar kasus impor dari Singapura disinyalir memiliki sejarah perjalanan ke India.

Seorang bayi berusia satu tahun tiba di Singapura pada 24 Agustus lalu dari India dan merupakan satu-satunya kasus impor pada hari Kamis. Namun pada hari Senin, dilaporkan dua dari tiga kasus impor telah tiba dari India dan kasus ketiga merupakan impor dari Filipina.

Kasus Covid-19 di India Terus Meningkat (IG:indiasfastestnews)

India melaporkan sebanyak 89.706 kasus baru inveksi Covid-19 pada Rabu lalu sehingga membuat total kasus di negara ini mencapai 4,3 juta kasus. Angka ini membuat India berada di posisi kedua dengan angka pasien Covid-19 tertinggi setelah Amerika Serikat. Pada Rabu lalu, Singapura melaporkan adanya 75 kasus baru Covid-19 dan 14 diantaranya merupakan kasus impor. 

Seiring dengan terus berubahnya situasi global, Menteri Kesehatan Singapura menyebutkan bahwa pihaknya akan terus menyesuaikan kebijakan perbatasn untuk membatasi risiko kasus impor maupun transmisi di antara komunitas di Singapura.

Imigrasi Singapura (IG:singaporeguidebook)

Sementara itu, menteri menyebutkan bahwa kasus Covid-19 masih terus muncul di asrama yang sudah dilakukan penyisiran sebelumnya. Asrama ini menjadi tempat tinggal para pekerja asing. Karena banyak diantara mereka belum pernah terpapar sebelumnya, sehingga mereka masih rentan terhadap infeksi.

Meski demikian Menteri Tenaga Kerja Tan See Leng menyebutkan bahwa pihaknya sudah siap akan hal ini. Sejak asrama sudah dinyatakan bebas dari virus bulan lalu pada 11 Agustus, rata-rata 45 pekerja menunjukkan hasil positif Covid-19 setiap harinya. Hasil ini terdeteksi terutama dari uji pengawasan aktif seperti rostered routine testing (RRT) dan pelacakan dan pengujian agresif.

Sekitar 2 persen dari kasus yang baru terdeteksi ini memiliki tes serologi positif, yang artinya pasien pernah mengalami infeksi sebelumnya. Adanya kasus yang tidak terdeteksi sebelumnya ini membuat pemerintah memperketat kebijakan dengan melakukan pemeriksaan rutin pada para pekerja setiap 14 hari.

Ini merupakan kunci strategi pendeteksian virus di Singapura, mengingat 30 persen dari pasien yang terinfeksi ternyata tidak menunjukkan gejala. Dalam 14 hari, sekitar 98 persen populasi di asrama pekerja migran akan berhasil di uji. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×