fbpx

Jangan ke Indonesia, Himbauan dari CDC Terkait Covid-19, Apa Maksudnya?

  • September 10, 2020
  • Dibaca 12 kali

Penyebaran virus Covid-19 masih belum terkendali hingga saat ini. Bahkan angka peningkatan kasus masih sangat tinggi di beberapa negara, termasuk Indonesia. Karena itu, CDC menempatkan Indonesia pada skala Level 3. Jangan ke Indonesia kalau tidak perlu. Seperti apa keterangan lebih lengkapnya? Baca terus berita di bawah ini, ya.

Himbauan Jangan ke Indonesia

Seperti yang diketahui, angka kasus di Indonesia kian meninggi. Dilansir dari website resminya, CDC (Centers for Disease Control and Prevention) mengeluarkan peringatan dengan memberikan Indonesia posisi Skala Level 3. Himbauan tersebut memiliki arti: Peringatan dan agar para traveler menghindari kunjungan yang tidak perlu ke negara tersebut.

Rekomendasi baru ini muncul menyusul semakin tingginya angka penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia sehingga dianggap memiliki risiko virus yang sangat tinggi. Diharapkan untuk menunda semuTina perjalanan, bahkan termasuk perjalanan penting ke Indonesia bagi pengunjung berisiko tinggi.

Ilustrasi Tes Swab Covid-19. Photo by @unitednations on Unsplash
Ilustrasi Tes Swab Covid-19. Photo by @unitednations on Unsplash

Terdapat beberapa poin penting yang disebutkan dalam pengumuman terbaru terkait kasus Covid-19 di Indonesia. Salah satunya adalah bahwa kemungkinan terbatasnya sumber daya kesehatan jika pengunjung jatuh sakit di Indonesia dan membutuhkan perawatan medis. Hal ini karena banyak petugas medis tengah dipusatkan untuk penanganan kasus Covid-19.

Pengunjung yang berencana mengunjungi Indonesia diharapkan untuk mencari informasi terbaru dari Kantor Urusan Luar Negeri atau Menteri Kesehatan Indonesia terlebih dahulu. Informasi yang dimaksud adalah mengenai syarat masuk dan pembatasan bagi pengunjung yang tiba di Indonesia termasuk kewajiban pengujian atau karantina.

Kebijakan lokal juga akan mewajibkan pengujian Covid-19 sebelum diizinkan masuk ke Indonesia. Jika tes menunjukkan hasil positif, maka pengunjung harus mengisolasi diri terlebih dahulu selama beberapa waktu. 

Bandara Soekarno Hatta (IG:soekarnohattaairport)

Beberapa negara telah memberlakukan peraturan dengan menutup akses bagi warga negara Indonesia yang ingin berkunjung ke negaranya. Selain itu mereka juga melakukan pembatasan kunjungan dari dan ke Indonesia. Beberapa negara yang melakukan pembatasan tersebut antara lain Finlandia, Kanada, Irlandia, Denmark, Austria, Amerika Serikat, Malaysia, Jepang, Arab Saudi, Australia, dan Brunei Darussalam.

Tetap praktikkan tindakan pencegahan tertular Covid-19 (unsplash)

Selain jangan ke Indonesia, bahkan untuk yang memiliki kepentingan, CDC juga merekomendasikan masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan yang tidak penting. Bagi mereka yang berisiko tinggi, segala jenis perjalanan baik untuk urusan penting atau tidak hendaknya juga ditunda. Namun apabila perjalanan internasional tetap harus dilakukan, maka traveler wajib melakukan langkah-langkah penting untuk perlindungan diri dan orang lain.

Tindakan pencegahan Covid-19 di antaranya adalah hindari kontak dengan orang lain dan usahakan untuk tetap berada pada jarak setidaknya sepanjang 2 lengan dari siapa saja yang bukan anggota keluarga. Masker juga harus selalu digunakan ketika berada di tempat umum dan pastikan menutupi hidung dan mulut.

Pastikan juga untuk sering mencuci tangan setiap saat menggunakan sabun atau hand sanitizer serta hindari melakukan kontak dengan siapa saja yang sakit. Hindari pula menyentuh mata, hidung, dan mulut. 

Sering mencuci tangan

Meski sudah melakukan berbagai langkah pencegahan, kemungkinkan terpapar virus masih ada terutama jika melakukan perjalanan ke negara yang berisiko tinggi. Beberapa orang merasa baik-baik saja dan tidak menunjukkan gejala apapun. Meski demikian, bisa jadi sebenarnya sudah terjangkit dan membawa virus, sehingga bisa menularkan virus tersebut ke orang lain.

Untuk mencegah penyebaran lebih lanjut setelah melakukan perjalanan internasional, gunakan protokol kesehatan seperti saat sedang melakukan perjalanan.  Selain itu, perlu dilakukan langkah pencegahan tambahan seperti tetap tinggal di rumah, hindari berkumpul bersama orang lain, serta lakukan tes untuk Covid-19 untuk memastikan apakah Anda terpapar virus ataukah tidak.

Itulah alasan dibalik himbauan “jangan ke Indonesia” bahkan untuk traveler yang memiliki urusan pekerjaan dan kepentingan lainnya. Hendaknya #SGB_Family meninjau ulang semua rencana bepergian untuk sementara waktu, ya. Gunakan momen-momen seperti ini untuk menabung dulu dan mencatat rekomendasi untuk liburan selanjutnya. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×