fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru September 09, 2020

Covid-19: Indonesia Dilarang Masuk ke Puluhan Negara, Mana Saja?

Bagikan

Seperti yang banyak diberitakan, Malaysia tutup pintu untuk Indonesia dan beberapa negara lainnya. Negara ini berencana menutup perbatasan untuk turis hingga tahun 2021. Ternyata Malaysia bukan satu-satunya. Bahkan Indonesia dilarang masuk ke puluhan negara, lho. Mana saja?

Ilustrasi Tes Swab Covid-19. Photo by @unitednations on Unsplash
Ilustrasi Tes Swab Covid-19. Photo by @unitednations on Unsplash

Dilansir dari tempo.co, hingga tanggal 7 September 2020 kemarin, Indonesia mencatat 196.989 kasus terkonfirmasi. Ada sekitar 140 ribu orang yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19, sedang lebih dari 8000 pasien yang meninggal karena virus ini.

Tepatnya ada 59 negara yang melarang perbatasannya ditembus Indonesia. Menteri Luar Negeri, Retni Marsudi menilai larangan itu sebagai hak pemerintah masing-masing negara. Retno menyatakan pemerintah Indonesia juga telah menerapkan kebijakan serupa, yakni membatasi masuknya warga asing untuk mencegah Covid-19.

Malaysia (IG:@jonnwh)

Gelombang kasus Covid-19 berikutnya membuat Malaysia mengambil langkah menutuo perbatasan untuk wisatawan Internasional. Selain Indonesia dilarang masuk, Malaysia juga menutup pintu untuk Filipina dan India. Larangan ini akan berlaku hingga kuartal kedua tahun 2021.

Filipina sendiri, diikuti Indonesia memang merupakan dua negara dengan angka kasus Covid-19 tertinggi di Asia Tenggara. Bahkan, total kasus infeksi di India sudah hampir mencapai 4 juta kasus.

Hungaria (IG:@zoltangaborphotography)

Indonesia juga dilarang masuk ke Hungaria. Dilansir dari traveldetik.com, pemerintah Hungaria mengumumkan tidak menerima kedatangan warga negara asing, termasuk penduduk Uni Eropa. Peraturan ini berlaku mulai 1 September 2020 lalu.

Meski begitu, ada beberapa negara yang tetap diizinkan memasuki perbatasan Hungaria. Di antaranya adalah Slowakia, Polandia dan Ceko. Perlu dicatat, mereka harys merupakan bagian darui Visegrad Four dan sudah dites Covid-19 dengan hasil NEGATIF.

Brunei Darussalam (IG: @halaltravelscom)

Negara lain yang melarang Indonesia masuk adalah Brunei Darussalam. Dilaporkan dari bruneitourism, semua kedatangan turis dari jalur darat, laut, dan udara bahkan sudah ditutup sejak 24 Maret 2020 lalu.

Aturan ini juga berlaku bagi traveler yang bermaksud transit di Brunei Darussalam. Akses masuk negara ini hanya dipertimbangkan bagi mereka yang memiliki kepentingan dengan negara secara keseluruhan atau sebagian dengan persetujuan Dinas Imigrasi di Brunei Darussalam, juga dari National Regristration.

Jepang (IG:@kta3060⁣⁣⠀)

Indonesia dilarang masuk juga ke Jepang, lho. Dilansir dari Japan National Tourism Organization, ada 18 negara Asia yang tidak diizinkan memasuki Negeri Sakura, salah satunya adalah Indonesia. Meski begitu, aturan ini nggak berlaku bagi mereka yang memiliki urusan sangat pentin (exceptional circumstances).

Jika #SGB_Family berkepentingan darurat untuk pergi ke Jepang, syaratnya adalah melakukan tes PCR terlebih dahulu dalam kurun waktu 14 hari sebelum keberangkatan. Traveler juga harus menjalani karantina 14 hari di lokasi yang telah ditentukan. Kamu juga bakalan dilarang menggunakan kendaraan umum selama berada di Jepang.

Saudi Arabia (IG:saudiarabia)

Dilansir dari cnnindonesia.com, Pemerintah Arab Saudi sudah memutuskan melarang seluruh warga Indonesia dan 50 negara lainnya untuk masuk. Peraturan tersebut dikeluarkan oleh Kementrian Dalam Negeri Saudi dan otoritas Penerbangan Sipil (GACA) Saudi dan disebarkan oleh Kedutaan Besar RI di Riyadh sejak Maret 2020 lalu.

“Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara masuknya individu dari negara-negara tersebut, serta mereka yang telah berada di negara-negara tersebut selama 14 hari sebelum ketibaan di Arab Saudi, serta menghentikan sementara transportasi udara dan laut ke negara-negara itu dengan pengecualian bagi jalur evakuasi, pelayaran, dan perdagangan.”

Selain itu, KBRI Riyadh juga menyatakan kepada seluruh warga Saudi dan ekspatnya dilarang untuk pergi ke Indonesia dan 50 negara lainnya. Di antaranya ke Austria, Bahrian, Belgia, Bulgaria, Ceko, Denmark, Djibouti, Eritrea, Estonia, Ethiopia, Filipina, Hungaria, India, dan lain-lain.

Itulah update singkat tentang beberapa negara yang memberlakukan peraturan: Indonesia dilarang masuk. Perlu diingat, masing-masing negara berhak mengambil keputusan apapun untuk melindungi warganya. Serupa dengan Indonesia yang menunda keputusan membuka pintu Bali untuk turis asing. Semoga pandemi cepat berlalu, ya. Ada amin?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru

Populer

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×