fbpx

7 Fakta Menarik Gardens by the Bay yang Jarang Orang Tahu

  • September 9, 2020
  • Dibaca 8 kali

Gardens by The Bay adalah salah satu destinasi wisata terbaik di Singapura. Lokasinya dikelilingi oleh gedung pencakar langit dan tempat-tempat penting di negara berlambang singa tersebut. Berikut ini #SGB_family akan mengetahui apa saja sih fakta-fakta menarik di balik Gardens by The Bay. Tempat ikonik yang wajib didatangi saat kamu pertama kali ke Singapura. Temukan juga informasi penting yang berkaitan tentang tempat ini. Langsung saja, baca ulasan di berikut ya.

Apa itu Gardens by the Bay?
Apa itu Gardens by the Bay? Instagram gardensbythebay

Sesuai dengan namanya, Gardens by The Bay adalah situs atau kawasan dengan taman alam buatan yang sangat luas. Lokasinya sendiri berada di sekitar Marina Barrage, jadi sangat mudah diakses dengan berbagai sarana transportasi. Wisata Singapura ini memiliki 3 bagian taman tepi laut. Dengan segala macam daya tariknya, Gardens by The Bay menjadi salah satu tujuan liburan paling populer dan telah dikunjungi jutaan orang setiap tahunnya.

Luas Area Gardens by the Bay
Luas Area Gardens by the Bay Instagram gardensbythebay

Taman dengan berbagai koleksi tumbuhan in membentang seluas 101 Hektar
Taman alam besar ini membentang seluas 101 hektar dan terdiri dari 3 taman yang masing-masing terpisah.Yaitu Bay Central Garden, Bay East Garden, dan Bay South Garden. Seluruh areanya setara dengan 188 lapangan sepak bola. Luas sekali bukan?

Tujuan Dibangun
Tujuan Dibangunnya Graden by The Bay Instagram gardensbythebay

Singapura adalah negara yang luasnya hanya sebanding dengan kota-kota besar di Indonesia. Meski begitu tingkat urbanisasi dan aktivitas penduduknya sangat tinggi. Sehingga dibutuhkan sebuah area terbuka hijau yang benar-benar mumpuni dengan design yang ikonik. Sehingga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata kelas dunia. Pertama kali diumumkan pada 2005 oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong, Garden by The Bay juga ditujukan sebagai atraksi luar ruangan utama Singapura sekaligus menjadi Landmark.

Melambangkan Bunga
Melambangkan Bunga Instagram gardensbythebay

Desain tempat ini begitu indah dan mengagumkan, apakah #SGB_family tahu? Ternyata keseluruhan bentuk dari taman ini menyerupai bunga yang cantik. Bunga yang diadaptasi pun, bukan sembarangan. Garden by The Bay melambangkan bunga nasional Singapura yaitu Anggrek yang juga dikenal sebagai Vanda Miss Joaquim. Bunga ini pertama kali ditemukan oleh Agnes Joaquim pada tahun 1893. Dan pada tahun 1981 dinyatakan sebagai bunga nasional.

Bay South Garden
Bay South Garden Instagram gardensbythebay

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Gardens by The Bay memiliki tiga area. Yang Paling utama adalah Bay South Garden, sekaligus jadi yang terluas. Kemudian di urutan berikutnya ada Bay East Garden, yaitu area Hijau di tepi laut dan terbuka untuk umum. Di antara dua tempat itu, terdapat Bay Central Garden yaitu penghubung dengan desain yang mengagumkan.

Menikmati Langit yang Indah di Bay East Garden
Menikmati Langit yang Indah di Bay East Garden Instagram gardensbythebay

Semua keindahan yang ditawarkan oleh tempat ini bermula ketika dibuka pertama kali untuk umum pada Oktober 2011. Bangunan dan semua areanya dibangun oleh perusahaan arsitektur yang berbasis di Inggris yaitu Gustafson Porter. Setiap bagian dari taman memiliki spesifikasi dan makna tersendiri. Kesemuanya membentuk area tropis lengkap dengan fasilitas untuk pejalan kaki sepanjang 2 kilometer yang berbatasan dengan Marina Reservoir. Khususnya di Bay East Garden, #SGB_Family bisa menikmati pemandangan luas dengan cakrawala yang indah tanpa halangan.

Flower Dome Pecahkan Rekor
Flower Dome Pecahkan Rekor Instagram gardensbythebay

Flower Dome menjadi salah satu bangunan yang paling mengagumkan di Gardens by the Bay. Bentuknya adalah rumah kaca besar yang menyimpan berbagai macam bunga dan tanaman eksotis dari 5 benua. Saking megahnya, tidak heran jika sejak 2015 tempat ini tercatat dalam Guinness Book of World Records sebagai rumah kaca terbesar di dunia dengan luas total 1,2 hektar.

Itulah fakta-fakta menarik tentang Garden by The Bay yang mungkin belum kamu ketahui. Itulah Singapura dengan segala pernak-perniknya yang bikin kangen. Sudah berapa kali #SGB_Family ke tempat ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×