fbpx

Hal Seru yang Harus Dicoba di Little India, Tidak Terlupakan!

  • September 8, 2020
  • Dibaca 94 kali

India adalah negara dengan budaya yang unik, penuh berbagai hal menakjubkan. Tidak terkecuali budayanya yang menarik, ditambah dengan cita rasa kuliner menggiurkan. Tidak hanya di tempat asalnya, budaya India juga ada di berbagai negara lain. Sebagian berada di satu tempat dan membentuk komunitas masyarakat. Pun begitu dengan Singapura yang menawarkan kawasan khusus bernama Little India.

Dari namanya saja, #SGB_family pasti langsung tahu bahwa kawasan itu menyimpan experience serba India yang dijamin bikin terpana. India tipis-tipis dengan keseruan yang tidak kalah menggoda. Nikmati jalan-jalan sambil kulineran dengan kelezatan tiada tara. Penasaran apa yang yang bisa #SGB_Family lakukan selama ada di Little India? Baca rekomendasi aktivitas seru di bawah ini ya.

Wisata di Singapura
Mengunjungi Kuil Sri Veeramakaliamman Instagram @wanderingmak

Kuil Sri Veeramakaliamman adalah salah satu kuil tertua yang ada di kawasan Little India. #SGB_Family bisa datang ke tempat yang sudah ada sejak tahun 1953 ini untuk menikmati keunikan bangunan dan area wisata di sekitarnya. Destinasi wisata di Singapura ini dibangun oleh masyarakat yang berasal dari suku Tamil, India.

Yang membuat Kuil Sri Veeramakaliamman menarik untuk didatangi adalah keindahan interiornya yang India banget. Tidak heran jika #SGB_Family akan langsung merasakan suasana India begitu berada di kawasan ini. Saat ada di depan #SGB_Family akan dihadapkan pada patung dewa-dewa menurut kepercayaan Hindu. Belum lagi ada patung Dewi Sri Veeramakaliamman dengan dua anaknya di samping yaitu Ganesha dan Murugan.

Sebenarnya kuil ini memiliki makna kesetiaan dalam ajaran agama Hindu Tamil. Sri Veeramakaliamman sendiri merupakan Dewi Ibu bagi penganutnya. Sehingga kuil ini juga dikunjungi sebagai tempat Ziarah bagi wisatawan yang beragama Hindu dari seluruh dunia.

Kulineran di Dekat Kuil Sri Veeramakaliamman
Kulineran di Dekat Kuil Sri Veeramakaliamman Instagram @sweechoon.sg

Saat mengunjungi Kuil Sri Veeramakaliamman, #SGB_Family bisa memanjakan lidah dengan mencoba berbagai macam kuliner dengan rasa yang istimewa. Yang pertama ada Ponggol Nasi Lemak yang berada di Jalan Besar. Soal nasi lemak, ini adalah salah satu kuliner Singapura yang wajib dicoba. Puas dengan makanan berat, berikutnya bisa mencicipi aneka dimsum di Swee Choon Tim Sum Restaurant.

Jangan kaget ya, saking terkenal enaknya banyak yang rela mengantri untuk merasakan menu di Swee Choon. Harga menunya murah dan semua menu dijamin lezat. Jangan khawatir, karena tempat kulineran ternama di Singapura ini buka sampai pagi. Jadi #SGB_family bisa menikmati waktu sambil menyantap makanan lezat.

Kuil Sri Srinivasa Perumal Instagram @alexander_rigby

Hal seru berikutnya yang harus dilakukan saat berkunjung ke Little India adalah datang ke Kui Sri Srinivasa Perumal yang lokasinya berada di Jalan Seranggoon. Sama seperti destinasi sebelumnya kuil ini juga menjadi tempat ibadah untuk menyembah Dewa Wisnu, yaitu dewa pemelihara dalam Agama Hindu.

Pembangunannya dimulai sekitar tahun 1800-an, jadi termasuk kawasan yang usianya sudah tua. Dulu namanya adalah Narasinga Perumal Kovil, namun kini lebih dikenal sebagai Kuil Sri Srinivasa Perumal.

Yang menjadi ikon di sini adalah Gerbang menara bertingkat dihiasi dengan ornamen-ornamen Dewa wisnu dalam berbagai warna yang indah. Dari kejauhan mirip bangunan candi di Indonesia, tentu saja setiap ukiran dan patung memiliki makna yang mendalam

Kuil Sakya Muni Buddha Gaya Instagram@shiver_void

Little India juga dikenal sebagai tempat dengan keanekaragaman budaya. Setelah beberapa kuil Hindu, #SGB_Family juga bisa datang ke Kuil Sakya Muni Buddha Gaya yaitu tempat ibadah umat Budha yang memadukan unsur budaya Tiongkok, Thailand dan India. Bangunannya dipercaya berasal dari tahun 1927.

Pembangunan pertama dilakukan oleh biksu Thailand yaitu Vutthisasara. Awalnya hanya berupa bangunan sederhana hingga bentuknya indah seperti sekarang berkat sumbangan dari bersaudara Aw Boon Har dan Aw Boon Par. Mereka adalah pengusaha yang ada di balik Haw Par Villa.

Tang Niah
House of Tan Teng Niah Instagram @alexisjetsets

Tempat ini sering dijadikan pernak-pernik yang ikonik dan merepresentasikan Singapura yang penuh dengan daya tarik. Bangunannya memang tidak begitu besar, namun berbagai warna yang menghiasi dinding membuat House of Tan Teng Niah nampak cerah dan menyenangkan. Di sisi lain tempat ini adalah salah satu peninggalan bersejarah dengan unsur Tiongkok yang begitu kental.

Hal ini jadi menarik, mengingat kawasan sekitarnya begitu lekat dengan budaya India. Pemiliknya dulu bernama Tan Teng Niah, seorang pengusaha makanan di Serangoon. Sama seperti Taj Mahal, destinasi wisata di Singapura ini konon dibangun untuk mengenang Istri dari pemilik rumah.

Mustafa Center
Mustafa Center Instagram @the_hidden_coconut

Liburan di Singapura tanpa belanja sudah pasti kurang lengkap. Negara tetangga Indonesia ini punya banyak destinasi untuk menghabiskan tabunganmu. Jika #SGB_family sedang ada di Little India, jangan lupa untuk belanja oleh-oleh di Mustafa Center.

Tempat ini buka 24 jam, jadi #SGB_Family bisa datang kapan saja. Kabarnya ada lebih dari 300.000 barang yang dijual di bangunan dengan empat lantai ini. Harganya sudah tentu murah dengan beragam pilihan bisa, untuk yang suka melihat barang-barang bagus, pasti akan suka datang ke sini. Sudah seperti cuci mata, awas kalap ya.

Itulah beberapa hal seru yang bisa dilakukan saat #SGB_Family datang ke Little India. Tentu masih banyak aktivitas lain yang bisa dicoba. Mulai dari kulineran di Tekka Center, belajar sejarah di Indian Heritage Centre hinga mengunjungi Little India Arcade.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial