fbpx

Update: Warga Asing di Jepang Bisa Bepergian Lagi, Mulai Kapan?

  • September 8, 2020
  • Dibaca 12 kali

Setelah sempat menutup perbatasan bagi warga asing selama beberapa bulan, kini Jepang mulai melonggarkan peraturan tersebut. Mulai bulan September ini, Jepang akan mengizinkan warga negara asing dengan status kependudukan resmi untuk berkunjung ke negaranya. Adanya peraturan baru ini memungkinkan warga negara asing di Jepang untuk pulang, termasuk daftar negara baru yang boleh masuk. Cek berita lengkapnya, ya.

Jepang Tutup Sejak April

Jepang (IG:@japantravelplanet⠀)

Pemerintah Jepang menyebutkan bahwa pihaknya tengah bekerja untuk mempercepat penerbitan visa baru. Dengan demikian, diharapkan para pebisnis yang sebelumnya tidak dapat melewati perbatasan Jepang karena pembatasan, kini bisa turut masuk ke negara tersebut.

Peraturan pembatasan bagi warga asing di Jepang bisa kembali ke Negeri Sakura diberlakukan sejak 3 April lalu. Pembatasan ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan penyebaran virus yang kini tengah dialami berbagai negara di dunia. Namun pembatasan ketat tersebut menuai kritik.

Kebijakan ini akan diubah mulai bulan September ini. Perubahan ini memungkinkan warga negara asing memasuki Jepang setelah memberitahukan rencana kedatangannya melalui pihak imigrasi. 

Wajib Tes Covid-19

Ilustrasi Tes Swab Covid-19. Photo by @unitednations on Unsplash
Ilustrasi Tes Swab Covid-19. Photo by @unitednations on Unsplash

Mereka nantinya harus menjalani tes virus Corona setibanya di Jepang. Selanjutnya, mereka juga diharuskan menjalani periode karantina selama 14 hari. Peraturan yang sama juga berlaku bagi warga negara Jepang yang datang dari luar negeri. Selain itu, warga negara asing juga wajib menunjukkan bukti bahwa mereka telah menjalani tes Covid-19 dalam 72 jam sebelum keberangkatan. 

Peraturan ini sudah diberlakukan pada para pelajar, pemegang visa kerja dan orang-orang dengan visa kunjungan keluarga yang meninggalkan Jepang sebelum kebijakan pembatasan kunjungan berlaku. Mereka juga diizinkan untuk kembali ke Jepang mulai 5 Agustus lalu. Meski demikian, kebijakan ini akan mulai berlaku bagi setiap warga dan kedatangan baru.

Kebijakan Pembatasan Menuai Kritik

Kebijakan yang menimbulkan kritik (IG:@k_hi0322⁣⁣⠀)

Pengumuman kebijakan pembatasan perjalanan beberapa waktu lalu menimbulkan kritik berkepanjangan dari komunitas asing dan para pebisnis. Pembatasan ini membuat ribuan orang kehilangan pekerjaannya selama berbulan-bulan, serta dianggap sebagai tindakan yang mendiskriminasi. 

Dalam peraturan pembatasan perjalanan tersebut, hanya warga negara asing yang telah meninggalkan Jepang sebelum pemberlakukan pembatasan yang diizinkan untuk masuk kembali. Sementara itu, pengunjung yang meninggalkan Jepang setelah negara tujuannya masuk dalam daftar larangan dan mereka yang berencana meninggalkan Jepang untuk sementara waktu akan membutuhkan izin khusus dari kantor imigrasi untuk kembali masuk ke Jepang.

Izin ini dikeluarkan dalam situasi terbatas, misalnya untuk mengunjungi pemakaman anggota keluarga, hadir sebagai saksi di persidangan, atau jika terjadi keadaan darurat kesehatan. Meski demikian, tidak akan ada perlakuan khusus.

Perubahan Kebijakan Bagi Pengunjung

Obat Covid-19 dari Singapura
Ilustrasi dokter sedang menguji obat. Photo by H Shaw on Unsplash

Dengan adanya perubahan yang berlaku sejak hari Selasa lalu ini, mereka yang meninggalkan Jepang untuk sementara tanpa memiliki izin untuk kembali masuk kini tetap bisa kembali memasuki Jepang. Mereka tetap harus menghubungi kantor kedutaan besar atau konsulat Jepang lokal untuk memberitahukan rencana perjalanan mereka dan melengkapi prosedur yang berlaku.

Tidak ada syarat khusus bagi mereka yang ingin masuk kembali ke Jepang. Namun, pengunjung yang berencana kembali harus menghubungi Kantor Layanan Imigrasi sebelum keberangkatannya dari Jepang. Permintaan ini dapat diterima secara online. Prosedur ini penting dilakukan untuk mencatat para pengunjung yang berangkat dari Jepang sekaligus meningkatkan kapasitasa pemeriksaan Covid-19 di bandara. 

Warga Taiwan Boleh Masuk Jepang

taiwan (IG:@xuyuz0522)

Terbaru, kini giliran warga negara Taiwan yang diizinkan masuk Jepang. Dilansir dari travel.detik.com, Jepang dan taiwan sepakat membuka perbatasan masing-masing untuk ekspatriat dan pemegang izin tinggal jangka panjang. Peraturan baru yang mengunguntung kedua negara ini akan mulai diberlakukan pada hari ini, 8 September 2020.

Negara lain yang memungkinkan diizinkan memasuki Jepang adalah Kamboja, Malaysia, dan Myanmar. Mereka juga akan diperbolehkan masuk Jepang mulai 8 September 2020. Syaratnya, warga negara asing yang masuk ke Jepang wajib melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Negara-negara di atas termasuk spesial, karena hingga kini Jepang masih menutup pintuk untuk 159 negara, termasuk China, Eropa, Amerika Serikat, dan beberapa negara Asia Tenggara. Pelajar asing akan diizinkan masuk, kemudian tiba giliran wisatawan. Sabar dulu, ya.

Itulah update tentang Negeri Sakura di masa pandemi. Warga asing di negara Jepang sudah bisa kembali. Beberapa negara juga mulai bisa berkunjung. Semoga keadaan terus membaik, ya. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×