fbpx

Ini Negara Paling Aman dari Covid-19 Hingga yang Terparah, Penasaran Urutannya?

  • September 8, 2020
  • Dibaca 410 kali

Pada bulan Juni 2020 lalu, Deep Knowledge Group merilis peringkat negara paling aman dari Covid-19 di dunia untuk pertama kalinya. Kini, lembaga tersebut telah mengupdate data dan metodologi. Ada daftar baru untuk negara paling aman dari Covid-19, hingga yang terparah. Kira-kira Singapura dan Indonesia ada di urutan berapa, ya?

Cara Penghitungan

Denda Tanpa Masker

Dilansir dari forbes.com, peringkat ini dihitung dari serangkaian penilaian kompleks. Di antaranya dengan faktor medis, ekonomi, dan politik. Ditambah, mereka meningkatkan atau menurunkan skor suatu negara.

Menurut laporan ini, intinya bukanlah apakah suatu negara telah terkena Covid-19 atau tidak, namun kemauan politik atau penerimaan sosial atas tindakan karantina dan lockdown juga termasuk dalam perhitungan. Faktor lainnya adalah apakah pemerintah pusat dan daerah bekerja sama dengan baik.

Disampaikan bahwa jika suatu negara memiliki pemantauan dan deteksi yang baik, serta sistem medis yang kuat, juga seberapa rentan suatu negara terhadap dislokasi ekonomi akibat Covid-19. Ukuran lainnya adalah seberapa baik suatau negara dalam menangani keadaan darurat.

Negara Paling Aman

Hanover, Jerman (IG:@sebastian.grote)

Saat ini, negara paling aman dari Covid-19 adalah Jerman. Jerman diikuti oleh New Zealand dan Korea Selatan. Kemudian ada Swiss, yang sempat mendapat posisi pertama, namun kini turun ke urutan ke empat.

Jepang ada di urutan kelima, sedang Australia menempati posisi keenam. Negara China yang diberitakan sebagai lokasi awal mula virus ini justru berada di dalam daftar 10 besar, yaitu urutan ketujuh.

Negara Paling Berbahaya

Afghanistan (IG:unicefafghanistan)

Jika Jerman menjadi negara paling aman dari Covid-19, bagaimana dengan yang terparah? Ternyata ada Somalia, Sudan Selatan, Afghanistan, dan Mali disebut Deep Knowledge Group sebagai negara paling berbahaya.

Studi kasus analitik khusus Covid-19 yang baru dirancang untuk mengklasifikasikan, menganalisis, dan memberi peringkat stabilitas ekonomi, sosial, dan kesehatan yang dicapai oleh masing-masing dari 250 negara dan wilayah. Termasuk di dalamnya adalah analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman atau risiko yang mungkin dihadapi dalam melawan kesehatan global dan krisis ekonomi oleh Covid-19.

Urutan 10 Negara Atas Covid-19

Singapura (unsplash)

Berikut adalah urutan 10 Negara Paling Aman dari Covid-19:

  1. Germany
  2. New Zealand
  3. South Korea
  4. Switzerland
  5. Japan
  6. Australia
  7. China
  8. Austria
  9. United Arab Emirates
  10. Singapore

Seperti yang diketahuu, Singapura termasuk dalam 10 besar negara paling aman dari Covid-19. Secara keseluruhan, mereka melihat lebih dari 140 parameter dan mempertimbangkan lebih dari 350.000 poin data. Indonesia sendiri berada di urutan 79, tepat di atas India.

Amerika Serikat Nomor Berapa?

Chicago (IG: @shyam.sundar.k)

Pada peringkat negara paling aman dari Covid-19 ini, Amerika Serikat berada di urutan 55. Disampaikan bahwa Amerika diresapi sebagai etos libertarian dan tidak menanggapi dengan baik seruan lockdown dan menggunakan masker.

Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan dalam cara negara bagian untuk menangani pandemi, serta kurangnya koordinasi yang jelas. Sementara itu, Kanada dan Amerika Serikat memiliki pola penularan yang serupa, sejak di awal krisis.

“Dengan jumlah mereka yang tetap rendah dan tidak signifikan hingga Maret, hanya butuh beberapa hari untuk pertumbuhan harian di Amerika Serikat mendekati 50%, sehingga dalam waktu kurang dari seminggu jumlah kasusnya 5 kali lebih besar daripada di Kanada, dan 5 hari setelah itu 10 kali lebih besar, ”kata laporan itu

Kisah Sukses di Amerika

Uruguay (IG:ale.aco)

Salah satu kisah sukses besar di Amerika adalah Uruguay. Negara ini adalah satu-satunya di Amerika Selatan yang masih terbuka untuk bepergian ke negara-negara Eropa. Uruguay juga memiliki tingkat infeksi yang jauh lebih rendah serta tingkat kematian Covid-19 yang juga rendah.

“Keadaan darurat kesehatan nasional, dengan tindakan terkait, diumumkan setelah empat kematian pertama, yang menyebabkan jumlah insiden total yang jauh lebih rendah dalam ukuran absolut dan per 1 juta penduduk, serta tingkat kematian yang kurang lebih rendah. , terlepas dari kenyataan bahwa 15% orang di Uruguay berusia 65 tahun ke atas. ”

Itulah update singkat mengenai negara paling aman dari Covid-19 hingga yang terparah. Semoga pandemi ini segera berakhir sehingga #SGB_Family bisa kembali beraktivitas dengan aman dan nyaman, ya. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial