fbpx

6 Fakta Putu Piring Legendaris di Singapura, Masuk Rekomendasi Michelin

  • September 6, 2020
  • Dibaca 17 kali
FI Haig Road Putu Piring. Instagram @shootandspoon

Putu piring adalah kue kukus yang terbuat dari tepung beras berisi palm sugar atau gula melaka (gula merah) dan ditaburi parutan kelapa segar. Menurut eresources.nlb.gov.sg, putu piring adalah jajanan tradisional Melayu yang begitu populer. Terdapat kedai putu piring legendaris di Singapura bernama Haig Road Putu Piring yang sampai muncul dalam serial dokumenter Netflix Street Food: Asia. Apa aja yang perlu #SGB_Family tahu tentang tempat kuliner legendaris ini?

SGB Merchandise

Haig Road Putu Piring. Instagram @bellpolartravel
Haig Road Putu Piring. Instagram @bellpolartravel

Haig Road Putu Piring sekarang dikelola oleh generasi keempat yaitu Aisha Hashim dan sang suami, Hashim. Berdasarkan channelnewsasia.com, menjual putu piring udah menjadi bisnis keluarga Aisha sejak zaman pendudukan Jepang atau Perang Dunia 2. Kala itu, nenek buyut Aisha menjajakan putu piring di Syed Alwi Road. 


Tiap pagi, sang nenek buyut memarut kelapa secara manual dan mengukus putu piring dalam sabut kelapa menggunakan arang. Sampai pada 1985, bisnis putu piring ini dikelola oleh orang tua Aisha dan berlokasi di Haig Road. Maka dari itu, kedai kue tradisional ini disebut Haig Road Putu Piring.

Haig Road Putu Piring. Instagram @iswanderlustfoodie
Haig Road Putu Piring. Instagram @iswanderlustfoodie

Mengutip guide.michelin.com, Haig Road Putu Piring kini udah punya 6 cabang yang tersebar di berbagai coffee shop dan pusat perbelanjaan. Di antaranya berada di Haig Road Food Centre, Alwadi Coffeeshop-Onan Road yang dekat dengan Haig Road Food Centre, Mr Teh Tarik-Geylang Serai Market, Mr Teh Tarik di Ang Mo Kio, East Village Mall, dan Northpoint City.

Jam buka tiap gerai berbeda ada yang mulai operasional jam 8 pagi, ada pula yang buka jam 11 pagi. Lebih baik #SGB_Family cek dulu jam buka gerai sebelum singgah. Satu bungkus berisi 5 buah putu piring dengan harga $2,5. Selain rasa original, dijual juga isi durian, kelapa, dan coklat. Satu bungkus isinya 3 biji putu piring dengan harga $3. Bukan hanya putu piring, tersedia juga jajanan Melayu lain seperti tart nanas, lapis prunes, dan kueh makmur.

Putu Piring Legendaris di Singapura
Haig Road Putu Piring. Instagram @littlefoodsteps

Walaupun udah punya banyak cabang dan bikin inovasi terkait proses persiapan bahan, resep dan cara membuat putu piring nggak berubah. Di antaranya merendam tepung beras semalaman, mengukus dan mengayaknya beberapa kali, dan mencampur air garam.

Bahkan Haig Road Putu Piring menggunakan gula merah impor dari Jawa yang punya rasa smoky dan gurih alami. Kemudian, putu piring dibuat langsung di gerai masing-masing supaya pembeli bisa makan jajanan tradisional yang masih hangat dan segar. 

Putu Piring Legendaris di Singapura
Haig Road Putu Piring. Instagram @fongwk

Resep dan cara membuat putu piring nggak berubah, tetapi ada inovasi dalam alat yang digunakan untuk menyiapkan bahan jajanan ini. Kalau dulu gula melaka diiris pakai pisau, kelapa diparut manual. Kini, keduanya dilakukan dengan mesin. Selain itu, cetakan putu piring yang dulunya dari sabut kelapa diganti menjadi stainless steel. Dulu pakai arang, sekarang pakai kompor listrik.

Haig Road Putu Piring. Instagram @cheetahlya
Haig Road Putu Piring. Instagram @cheetahlya

Bisnis keluarga turun temurun, konsistensi, dan inovasi membuat Haig Road Putu Piring menjadi salah satu kedai rekomendasi Michelin Guide. Selain itu, Haig Road Putu Piring juga muncul dalam serial dokumenter Netflix Street Food: Asia. Di sini diceritakan tentang Haig Road Putu Piring, lebih fokus tentang perjalanan Aisha Hashim dalam menjalankan bisnis ini.

Putu Piring Legendaris di Singapura
Haig Road Putu Piring. Instagram @shootandspoon

Putu piring terbuat dari bahan dan topping yang sama dengan putu mayam yang berasal dari India Selatan. Kata putu konon berasal dari Bahasa Tamil, artinya sesuatu yang terbuat dari tepung dan kelapa. Sementara kata piring berasal dari Bahasa Melayu yang artinya lepek, ditunjukkan dengan bentuk putu piring yang pipih lebar seperti lepek.

Putu piring di Singapura ini kadang tertukar atau dikira sama dengan kueh tutu khas China. Bedanya, kueh tutu berisi kacang atau kelapa dan ukurannya lebih kecil daripada putu piring. Kueh tutu dimakan tanpa kelapa parut.

Selain di Singapura, jajan tradisional Melayu ini juga ada di Malaysia dan Indonesia. Orang Indonesia mengenalnya sebagai putu bambu atau putu karena dikukus dalam wadah bambu berbentuk silinder kecil. 

Putu piring dan putu bambu berbeda terutama pada olahan dan produk akhirnya. Pada putu bambu, tepung beras dimasukkan ke bambu silinder lalu ditambah gula merah dan parutan kelapa kering. Barulah dikukus dan dibungkus dengan daun, biasanya daun pisang. Lalu ditaburi parutan kelapa segar.

Haig Road Putu Piring
Mulai dari $2,5
970 Geylang Rd, #01-02, Singapore 423492
Senin-Minggu 10.45am–7pm
Paya Lebar
https://www.facebook.com/haigroadputupiring

Berkunjung ke kawasan Geylang Road, #SGB_Family bisa sempatkan menjajal putu piring legendaris di Singapura ini. Bisa cobain rasa original sampai durian, harganya terjangkau pula. Udah pernah cobain?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×