fbpx

5 Toko Kue Legendaris di Singapura, Ada yang Berusia 80 Tahun

  • September 5, 2020
  • Dibaca 15 kali
Ji Xiang Ang Ku Kueh. Instagram @aquiver_singapore

Kangen jajanan pasar jadul, #SGB_Family bisa mampir ke toko kue legendaris yang tersebar di penjuru Singapura. Mereka menjual beragam nonya kueh atau kue Peranakan, salah satunya ang ku kueh atau disebut kue ku di Indonesia. Yuk, intip menu andalan di 5 toko kue legendaris di Singapura berikut.

SGB Merchandise

Toko Kue Legendaris di Singapura
Lek Lim Nonya Cake Confectionery. Instagram @thirdstreet.studio

Lek Lim Nonya Cake Confectionery telah eksis semenjak 1968 yang awalnya berjualan kue dari dapur rumah sang pemilik. Sejak 1972 pindah ke lokasi yang sampai sekarang ditempati tepatnya di Bedok North Street. #SGB_Family dapat menemukan kue tradisional Melayu dan Peranakan di sini, di antaranya ang ku kueh, peng kueh, gu chai kueh, dan banyak lainnya.


Toko kue legendaris di Singapura satu ini juga memberikan pilihan kue tradisional vegetarian. Selain itu, pada 2011 tempat ini telah mendapatkan sertifikat halal dari Majlis Ugama Islam Singapura. Berada di sini, #SGB_Family harus cobain ang ku kueh, ang tou kueh bean, dan chive kueh. Tiga dari banyaknya kue homemade andalan Lek Lim Nonya Cake Confectionery.

Selain dijual satuan, tersedia juga paket kue untuk acara penting. Seperti baby shower, kegiatan keagamaan, Natal, sampai high tea. Tapi #SGB_Family tetap harus pilih sendiri kue yang diinginkan. Harga kue di sini mulai dari $0,65 per biji. 

Lek Lim Nonya Cake Confectionery
Mulai dari $0,65
84 Bedok North Street 4, #01-21, Singapore 460084
Senin-Minggu 5am-5pm
Bedok Reservoir
http://www.kuehkueh.com.sg

Toko Kue Legendaris di Singapura
HarriAnns Nonya Table. Instagram @sherbakes

Berawal dari jualan menggunakan gerobak dorong pada 1940, HarriAnns Nonya Table kini punya 2 toko yaitu di Bugis Junction dan Suntec City. Bisnis keluarga yang terkenal akan nonya kueh dan kue ketan ini menyajikan kueh lapis, kueh talam, kueh salat, dadar gulung, ang ku kueh, dan kueh lainnya. Ada juga roti pandan dan cake pandan. Harga kue satuan mulai dari $1,35 dan roti $2,10 per potong.

#SGB_Family pun bisa pesan kueh platter yaitu Family Platter, Signature Platter, dan Petite Platter. Bedanya terletak pada jumlah kue dalam satu platter. Mau makan bareng teman dekat, bisa pilih Petite Platter yang berisi 16 kue. Bersama keluarga, coba Family Platter dengan 27 kue. Sementara Signature Platter cocok buat acara kantor karena isinya kira-kira 90 kue. Beda isi, tentu beda harga. Mulai dari $15 untuk Petite, Family $35, dan $65 untuk Signature.

HarriAnns Nonya Table
Mulai dari $1,35
230 Victoria St, #01-01A Bugis Junction Towers, Singapore 188024
Senin-Jumat 7.30am–8.30pm | Sabtu-Minggu 8.30am-8.30pm
Bugis
http://www.harrianns.com

Ji Xiang Ang Ku Kueh. Instagram @aquiver_singapore
Ji Xiang Ang Ku Kueh. Instagram @aquiver_singapore

Toko kue legendaris di Singapura selanjutnya bernama Ji Xiang Confectionery yang awalnya jualan dari dapur flat HBD sang owner. Telah ada sejak 1985, spesialisasi tempat ini adalah ang ku kueh makanya toko ini lebih dikenal sebagai Ji Ziang Ang Ku Kueh. Bisnis keluarga ini pindah ke Everton Park mulai 1988 dan tetap di sini hingga sekarang. 

Dulu hanya ada isi kacang dan pasta kacang merah, sekarang udah lebih beragam. Terdapat rasa jagung, kacang asin, kelapa, dan yam. Bukan hanya rasa, warna dari ang ku kueh khas Ji Xiang pun cantik banget. Warna-warni.

#SGB_Family juga bisa pesan kue untuk acara adat dan keagamaan seperti big Ang ku kueh (ka ta kueh), buat upacara langkah pertama bayi yang biasanya menginjak sepasang kueh. Ada pula tiong ku untuk persembahan pada dewa, money kueh untuk Imlek, ang ee buat acara gender reveal bayi. 

Ji Xiang juga menjual kue musiman seperti jian dui atau kue bulat goreng terbuat dari tepung ketan berisi pasta lotus, nian gao dan huat kueh yang dikenal sebagai kue khas Imlek, serta ang ku kueh durian. Ang ku kueh di sini dijual mulai dari $0,9 per biji.

Ji Xiang Confectionery
Mulai dari $0,9
#01-33 Everton Park, Blk 1, Singapore 081001
Senin-Sabtu 8.30am-5pm
Outram Park
http://jixiangconfectionery.com.sg

Tiong Bahru Galicier Pastry. Instagram @herenowcity
Tiong Bahru Galicier Pastry. Instagram @herenowcity

Tiong Bahru Galicier Pastry adalah bisnis keluarga yang udah eksis sejak 1970an, sekarang dikelola oleh generasi ke-4. Toko kue legendaris di Singapura ini menjual nonya kueh, pastry jadul, cakes, dan kukis. #SGB_Family harus cobain kueh dadar, ondeh-ondeh yang berisi gula melaka cair, egg tart, dan pandan kaya cake. Coba aja beli banyak sekalian, karena kue ini bisa disimpan dalam kulkas dan tahan sampai beberapa hari.

Bernuansa jadul, toko kue di Tiong Bahru ini juga menjajakan kueh salat, kueh kosui, kueh Ambon (seperti bika Ambon), dan masih banyak lainnya. #SGB_Family cukup merogoh kocek mulai dari $0,9 untuk satu buah kueh lezat.

Tiong Bahru Galicier Pastry
Mulai dari $0,9
Blk 55 Tiong Bahru Rd, #01-39, Singapore 160055
Selasa-Minggu 10am-8.30pm
Tiong Bahru
https://www.facebook.com/pages/Tiong-Bahru-Galicier-Pastry

Molly’s Nonya Cake. Instagram @xp11
Molly’s Nonya Cake. Instagram @xp11

Molly’s Nonya Cake awalnya fokus menjual otah (otak-otak) sejak 1971, kemudian pada 1983 punya toko di Simon Road. Sempat pindah 2 kali, sampai akhirnya sekarang berada di Hougang Ave. Bukan hanya otah, tersedia juga ang ku kueh, rice tao, chwee kueh, coconut tapioca, cream puff, Hainan kueh, kueh dadar, lapis, kueh salat, dan beragam nonya kue.

#SGB_Family juga bakal menemukan frozen otah yang dijual dengan harga $4, sedangkan otah jadi harganya $0,6. Sementara harga nonya kue mulai dari $0,8 per biji.

Molly’s Nonya Cake
Mulai dari $0,8
104 Hougang Ave 1, #01-1121, Singapore 530104
Senin-Sabtu 4am-7.30pm | Minggu 4am-5pm
Serangoon
https://www.mollys.com.sg

Sempatkan buat jajan di toko kue legendaris di atas saat menjelajahi Singapura, ya. #SGB_Family udah pernah mampir ke yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×