fbpx

Cara Pasang Listrik dan Air Rumah di Singapura, Catat Syaratnya!

  • September 4, 2020
  • Dibaca 17 kali
Ilustrasi flat di Singapura. Photo by Modern Affliction on Unsplash

Kelengkapan utilitas seperti gas, listrik, dan air, terkadang sekaligus wi-fi menjadi faktor penting ketika sewa rumah di Singapura. Terkadang ada yang sudah diatur pemilik rumah, tapi ada juga yang #SGB_Family diminta pasang sendiri. Cara pasang listrik dan air rumah di Singapura dapat dilakukan secara online maupun datang langsung ke kantor perusahaan penyedianya. Yuk, simak tips berikut.

SGB Merchandise

Ilustrasi seseorang sedang melakukan transaksi secara online. Photo by Christin Hume on Unsplash
Ilustrasi seseorang sedang melakukan transaksi secara online. Photo by Christin Hume on Unsplash

Di Singapura terdapat sebuah perusahaan yang menyediakan kebutuhan utilitas yaitu air, listrik, dan gas bernama SP. #SGB_Family bisa mendaftarkan diri secara online untuk memasang ketiga fasilitas utama rumah tersebut. Pilih pemasangan ini untuk personal atau perusahaan, lalu masukkan data diri sampai alamat rumah lengkap. Untuk jasa utilitas, air dan listrik jadi satu sedangkan gas bisa pilih mau memasang via layanan ini atau tidak.


#SGB_Family juga bisa mendaftar via aplikasi handphone atau datang ke customer service centre SP di HDB Hub atau Manulife Tower. Jangan lupa untuk membawa dokumen yang diperlukan.

Ilustrasi seseorang sedang menandatangani dokumen. Photo by Adeolu Eletu on Unsplash
Ilustrasi seseorang sedang menandatangani dokumen. Photo by Adeolu Eletu on Unsplash

Untuk penggunaan persona, #SGB_Family harus menyiapkan sejumlah dokumen sebelum mendaftar secara online maupun datang langsung ke kantor layanan SP. Menurut blog.seedly.sg/, dokumen yang harus disiapkan adalah aplikasi formulir akun utilitas SP yang sudah diisi secara lengkap disertai tanda tangan #SGB_Family, fotokopi NRIC atau FIN, dan dokumen yang membuktikan bahwa rumah tersebut memang akan ditinggali.

Contoh dokumen bukti rumah adalah surat perjanjian sewa atau nota pajak properti. Keduanya seharusnya sudah di tangah #SGB_Family ketika menerima kunci rumah. Bagi delegasi asing, fotokopi NRIC atau FIN diganti dengan fotokopi Green Card atau Employment Pass dan atau fotokopi Exemption Order, seperti dikutip dari www.99.co.

Cara pasang listrik air rumah Singapura
Ilustrasi seseorang sedang menghitung uang. Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Menyetujui kontrak utilitas harus disertai dengan membayar deposit atau uang jaminan. Nantinya, saat sewa rumah berhenti atau rumah dijual maka uang jaminan itu bisa dipakai untuk membayar tagihan utilitas terakhir. Selain itu, bisa juga dikembalikan kepada #SGB_Family setelah sewa berakhir atau rumah dijual.

Jumlah uang deposit yang dibayarkan berbeda tergantung pada status kependudukan dan jenis rumah yang ditinggali. Bagi warga negara atau penduduk tetap Singapura dan perusahaan, berikut detail uang jaminan:

  • HBD 1 atau 2 kamar: $40 (deposit untuk pelanggan GIRO), $60 (deposit untuk non-pelanggan GIRO)
  • HBD 3,4, dan 5 kamar: $70 (deposit untuk pelanggan GIRO), $100 (deposit untuk non-pelanggan GIRO)
  • HBD Executive, HUDC Flat, dan Terrace House: $100 (deposit untuk pelanggan GIRO), $150 (deposit untuk non-pelanggan GIRO)
  • Kondominium, Rumah Semi Terpisah, dan Private Apartment: $150 (deposit untuk pelanggan GIRO), $250 (deposit untuk non-pelanggan GIRO)
  • Bungalow, Penthouse, dan Townhouse: $250 (deposit untuk pelanggan GIRO), $400 (deposit untuk non-pelanggan GIRO)

Sementara bagi selain warga negara atau penduduk tetap Singapura, uang jaminan yang harus dibayarkan adalah sebagai berikut:

  • HBD 1 atau 2 kamar: $80 (deposit untuk pelanggan GIRO), $120 (deposit untuk non-pelanggan GIRO)
  • HBD 3,4, dan 5 kamar: $140 (deposit untuk pelanggan GIRO), $200 (deposit untuk non-pelanggan GIRO)
  • HBD Executive, HUDC Flat, dan Terrace House: $200 (deposit untuk pelanggan GIRO), $300 (deposit untuk non-pelanggan GIRO)
  • Kondominium, Rumah Semi Terpisah, dan Private Apartment: $300 (deposit untuk pelanggan GIRO), $500 (deposit untuk non-pelanggan GIRO)
  • Bungalow, Penthouse, dan Townhouse: $500 (deposit untuk pelanggan GIRO), $800 (deposit untuk non-pelanggan GIRO)

Cara pasang listrik air rumah Singapura
Ilustrasi flat di Singapura. Photo by Modern Affliction on Unsplash

Utilitas akan menyala lebih kurang 2 minggu setelah proses aktivasi. Kalau mendaftar via online, maka proses akan dilakukan 3 hari kerja berikutnya. Tentu setelah dokumen dan uang jaminan dibayar pada hari kerja sebelum pukul 3pm atau pada Sabtu atau malam libur nasional pukul 12pm. Sementara kalau datang langsung ke customer service centre sebelum jam 3pm pada hari kerja, aktivasi dilakukan pada hari berikutnya.

Untuk yang daftar via aplikasi handphone sebelum jam 3pm pada hari kerja atau jam 12pm pada Sabtu atau malam libur nasional, maka aktivasi dilakukan pada hari kerja berikutnya. Bisa juga dipasang pada hari yang sama kalau ada keperluan mendesak dengan membayar biaya tambahan $60. Tapi harus memberi kabar 3 jam sebelumnya.

Sebaiknya emang saat sewa rumah, kebutuhan utilitas udah termasuk dalam perjanjian sewa. Tapi kalau nggak tersedia, #SGB_Family bisa pahami dulu cara pasang listrik dan air rumah di Singapura di atas. #SGB_Team sarankan daftar akun utilitas minimal satu minggu sebelum rumah ditempati. Ada yang punya pengalaman soal pemasangan utilitas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×