fbpx

4 Asuransi Kesehatan Internasional buat Mahasiswa, Pelajari Ya!

  • September 3, 2020
  • Dibaca 1 kali
Ilustrasi kamar rawat inap di rumah sakit. Photo by Martha Dominguez de Gouveia on Unsplash

Mahasiswa yang kuliah di luar negeri pun membutuhkan asuransi kesehatan internasional. Sebab tidak semua universitas pilihan menyediakan asuransi. Sekalipun disediakan, tak semua perawatan dan atau biaya operasi akan di-cover. Berikut 4 asuransi kesehatan internasional yang cocok buat mahasiswa.

Ilustrasi dokter sedang melakukan operasi. Photo by Javier Matheu on Unsplash
Ilustrasi dokter sedang melakukan operasi. Photo by Javier Matheu on Unsplash

NOW Health International menawarkan setidaknya 2 plan asuransi kesehatan bertajuk SimpleCare dan WorldCare. Perbedaan utama keduanya terletak pada jumlah premi yang harus dibayar dan benefit yang didapatkan. SimpleCare dan WorldCare dibagi lagi menjadi beberapa plan. SimpleCare:

  • SimpleCare Core, batas manfaat maksimal US$1.000.000 per tahun
  • SimpleCare 100, batas manfaat maksimal US$1.500.000 per tahun
  • SimpleCare 250, batas manfaat maksimal US$1.500.000 per tahun

Sementara untuk WorldCare:

  • WorldCare Essential, batas manfaat maksimal US$3.000.000 per tahun
  • WorldCare Advance, batas manfaat maksimal US$3.500.000 per tahun
  • WorldCare Excel, batas manfaat maksimal US$4.000.000 per tahun
  • WorldCare Apex, batas manfaat maksimal US$4.500.000 per tahun

Semakin tinggi biaya yang di-cover oleh asuransi maka semakin tinggi pula premi yang harus dibayarkan. #SGB_Family bisa pilih plan sesuai dengan budget dan keperluan saja. Jumlah premi didasarkan pada usia orang yang mengajukan, tanggal masuk atau tanggal pembaruan plan, dan negara tempat tinggal yang mengajukan.

Kalau untuk mahasiswa yang mungkin belum memiliki penghasilan sendiri, bisa coba ambil SimpleCare Core dengan biaya premi bulanan US$114,30 per bulan. Perawatan yang akan ditanggung nantinya adalah rawat inap, evakuasi dan repatriasi, rehabilitasi, gangguan bawaan, transplantasi organ, perawatan kanker, dan operasi rawat jalan.

Cara daftar asuransi cukup melalui situs resmi NOW Health International. Setelah memilih plan yang diinginkan, akan muncul premi yang harus dibayarkan, lalu pihak NOW Health akan menghubungi via online untuk detail data diri mulai dari nama, nomor telepon, kewarganegaraan, tempat tinggal (kuliah), nomor identitas diri, dan lain sebagainya. Nantinya, semua transaksi bisa dipantau secara online termasuk kalau mau mengajukan rawat inap maupun klaim.

Asuransi Kesehatan Internasional mahasiswa
Ilustrasi dokter sedang visit pasien rawat inap di rumah sakit. Photo by Ali Yahya on Unsplash

Cigna Global punya plan asuransi yang cocok untuk mahasiswa internasional yaitu Silver plan. Dalam Student Health Plan milik Cigna bisa pilih perlindungan dunia kecuali di AS, cover asuransi termasuk rawat inap dan harian yang termasuk biaya rumah sakit, dan ada opsi pembayaran yang sesuai budget mahasiswa. Batas manfaat maksimal $1.000.000 per tahun.

Plan asuransi kesehatan internasional tersebut sudah termasuk rawat inap dan perawatan urgent di rumah sakit, biaya konsultasi ahli bedah & spesialis, akomodasi rumah sakit, dan perawatan kanker. #SGB_Family bisa daftar dan klaim secara online

Ilustrasi gedung layanan emergency 24 jam. Photo by Macau Photo Agency on Unsplash
Ilustrasi gedung layanan emergency 24 jam. Photo by Macau Photo Agency on Unsplash

Liberty Insurance mempunyai plan asuransi dengan jumlah premi disesuaikan dengan usia pemilik asuransi. Terdapat 3 plan yaitu Essential, Extensive, Elite. Biaya yang di-cover maksimal $2.000.000 per tahun untuk Essential, $4.000.000 untuk Extensive, dan $4.500.000 untuk Elite. Misalnya seorang mahasiswa berumur 19-25 tahun, maka biaya yang harus dibayar $3.274,2 untuk Essential, $3.540,63 untuk Extensive, dan $4.240,41 untuk Elite. 

Plan tersebut akan meng-cover biaya rumah sakit dan operasi saja. Disarankan untuk ambil yang Essential, lebih sesuai dengan budget mahasiswa. Essential sendiri merupakan proteksi dasar dan terjangkau dengan full cover untuk biaya rumah sakit dan operasi, tapi ada batasan untuk rawat jalan. #SGB_Family bisa daftar langsung di situs resmi Liberty Insurance.

Asuransi Kesehatan Internasional mahasiswa
Ilustrasi kamar rawat inap di rumah sakit. Photo by Martha Dominguez de Gouveia on Unsplash

AXA punya program international student health insurance, terbagi menjadi 3 plan yaitu Foundation, Standard, dan Standard with Outpatients. Biaya premi asuransi kesehatan internasional satu ini berbeda di setiap orang, tergantung benefit yang dipilih. Setidaknya bagi mahasiswa tanpa cover rawat jalan dan perawatan gigi, biayanya US$1.204,36 per tahun untuk Foundation, Standard US$1.634,6, Standard with outpatient US$1.879,79. Ketiganya punya batas cover maksimal $160.000 per tahun.

Foundation bisa #SGB_Family pilih sebagai proteksi dasar dan terjangkau dengan benefit biaya rumah sakit, operasi, perawatan kanker, evakuasi & repatriasi, dan second opinion service. Pemohon asuransi dapat mendaftar melalui situs resmi AXA Global Health, nantinya akan mengisi data diri dan akan dihubungi pihak AXA untuk ketentuan lebih lanjut.

Asuransi kesehatan di atas dapat #SGB_Family pilih sesuai dengan budget dan benefit yang diinginkan. Disarankan untuk ambil plan dasar dan terjangkau dulu. Ada yang punya asuransi kesehatan internasional?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×