fbpx

4 Rumah Sakit Medical Tourism di Singapura, Cek Fasilitasnya!

  • September 1, 2020
  • Dibaca 14 kali

Medical tourism adalah perjalanan ke luar negeri dengan tujuan untuk mendapatkan perawatan medis atau berobat. Biasanya fasilitas medis negara yang dituju lebih baik daripada di negara asal. Tak terkecuali Singapura sebagai tujuan medical tourism. Setidaknya 4 rumah sakit berikut kerap jadi tujuan pasien medical tourism di Singapura. Apa aja dan bagaimana fasilitasnya?

SGB Merchandise

Mount Elizabeth Hospital. Instagram @agusbing_pks777
Mount Elizabeth Hospital. Instagram @agusbing_pks777

Mount Elizabeth Hospital atau biasa disebut Mount E mempunyai dua cabang yaitu di Orchard dan Novena. Rumah sakit swasta yang kerap jadi tujuan medical tujuan tourism di Singapura ini mempunyai spesialisasi di bidang kardiologi (jantung), onkologi (kanker), neurologi (saraf), dan transplantasi organ. 


Selain itu, ada juga spesialisasi lain seperti pediatri (kesehatan anak), urologi (saluran kemih), ginekologi (fungsi alat tubuh perempuan), endokrinologi (kelenjar endokrin/ hormon), dan masih banyak lainnya. Bedah robotik juga menjadi spesialisasi rumah sakit ini, di antaranya untuk perawatan kondisi ginekologi, nyeri lutut akibat osteoartritis (penyakit sendi degeneratif), pengangkatan tiroid dan kanker prostat.

Tipe kamar Mount E beragam mulai dari 4 bed $276, single bed dengan rate $728, sampai royal suite $10.488. Biaya ICU (intensive care unit) $868, sedangkan HDU (high dependency unit) $758. Mount E menerima pembayaran dalam bentuk tunai, cek, NETS, Medisave, dan kartu kredit lainnya. Untuk pasien internasional, mereka juga menerima pembayaran dalam mata uang asing utama.

Bagi pasien internasional, rumah sakit ini menyediakan layanan Mount Elizabeth Patient Assistance Centre (MPAC) berupa one-stop service. Mereka dapat membantu mengurus mulai dari pengaturan medis, permintaan khusus misalnya translator, sampai perpanjangan short-term visit pass.

Mount Elizabeth Hospital
3 Mount Elizabeth, Singapore 228510
24 jam
Orchard
http://www.mountelizabeth.com.sg

Gleneagles Hospital Singapore. Instagram @glenkimkim
Gleneagles Hospital Singapore. Instagram @glenkimkim

Gleneagles berada di bawah badan usaha yang sama seperti Mount Elizabeth Hospital juga menjadi salah satu rumah sakit dengan fasilitas dan perawatan medis lengkap yang menjadi tujuan medical tourism di Singapura. Rumah sakit ini mempunyai lebih dari 150 dokter spesialis dengan sekitar 30 bidang keahlian. Di antaranya neurologi, onkologi, THT, kardiovaskular (jantung & pembuluh darah), urologi, ginekologi, dan banyak lainnya.

Rate kamar di Gleneagles macam-macam seperti kamar 4 bed $259, single room $708, sampai Gleneagles suite $$8.088. Kamar HDU $738 dan ICU $808. Saat masuk rumah sakit ini, #SGB_Family dapat melakukan konseling keuangan terkait perkiraan biaya rumah sakit. Hal ini wajib dilakukan rumah sakit seperti tertera pada undang-undang Private Hospitals and Medical Clinics Act. Disarankan untuk selalu minta informasi detail pada setiap perawatan medis yang dilakukan.

Rumah sakit ini menyediakan fasilitas Gleneagles Hospital Patient Assistance Centre (GPAC) yang akan membantu pasien internasional dalam beragam hal. Seperti appointment dengan dokter, layanan transportasi dari bandara pakai ambulance atau limusin, perpanjangan short-term visit pass, sampai evakuasi via pesawat dan repatriasi.

Gleneagles
6A Napier Rd, Singapore 258500
24 jam
Orchard
https://www.gleneagles.com.sg

National University Hospital. Instagram @nuhig
National University Hospital. Instagram @nuhig

National University Hospital merupakan rumah sakit untuk pelatihan klinis dan riset bagi fakultas kedokteran dan gigi National University of Singapore. Lebih dari 20 bidang keahlian tersedia di rumah sakit ini. Seperti onkologi, kedokteran gigi, ahli diet, dermatologi (penyakit kulit), neurologi, reumatologi, sampai transplantasi organ.

Biaya rawat inap berdasarkan pada kelas yang dipilih. Misalnya kelas C, biaya kamar $41, HDU $100, dan nursery $15. Kelas B2, biaya kamar $79, HDU $202, nursery $30. Biaya kamar kelas B1 $240,75, HDU 494,34, dan nursery $75,97. Kelas tertinggi yaitu A1 biaya kamar $535 dan kelas tertinggi yaitu Deluxe $802,5. Bagi pasien internasional yang membutuhkan informasi lebih detail dapat menghubungi contact centre rumah sakit baik via telepon maupun email.

National University Hospital
5 Lower Kent Ridge Rd, Singapore 119074
24 jam
Kent Ridge
https://www.nuh.com.sg

Raffles Hospital. Instagram @adlanzulmi
Raffles Hospital. Instagram @adlanzulmi

Raffles Hospital yang berlokasi di tengah kawasan wisata Kampong Glam juga rumah sakit tujuan berobat pasien internasional. Menyediakan sekitar 50 bidang keahlian, menjadikan Raffles Hospital pilihan tepat untuk medical tourism di Singapura. Beberapa di antara bidang keahlian rumah sakit ini adalah aestetik, kardiologi, pengobatan tradisional China, dermatologi, gigi, neurologi, operasi plastik, transplantasi organ, dan banyak lainnya.

Raffles International Patients Centre (Raffles IPC) adalah layanan bagi pasien internasional yang membantu kebutuhan medis sampai non-medis ketika tinggal di Singapura untuk berobat di sini. Sebut aja appointment dengan dokter, translator, repatriasi & evakuasi medis, perpanjangan short-term visit pass, translator, sampai rencana perjalanan. 

Rate kamar inap di Raffles Hospital adalah $5.888 untuk presidential suite, $888 untuk deluxe room, single room $668, dan kamar 4 bed $288. Sementara biaya ICU $878, HDU $748. Siapkan budgetmu, ya!

Raffles Hospital
585 North Bridge Rd, Level 2 Raffles Hospital, Singapore 188770
8am-10pm
Bugis
http://www.rafflesmedicalgroup.com

Itulah 4 rumah sakit yang biasa menjadi tujuan medical tourism di Singapura, mulai dari milik universitas sampai swasta. #SGB_Family ada yang punya pengalaman terkait perawatan medis di Singapura?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×