fbpx

Panduan Masuk Sekolah Lokal di Singapura untuk Siswa Internasional, Simak!

  • September 1, 2020
  • Dibaca 22 kali
Ilustrasi siswa sedang melakukan selebrasi setelah wisuda. Photo by Pixabay on Pexels

Bagi siswa internasional alias anak yang berstatus bukan warga negara maupun penduduk tetap Singapura bisa masuk ke sekolah dasar lokal di negara ini. Tapi mereka harus memenuhi syarat tertentu. Orang tua siswa juga sebaiknya mengetahui panduan masuk sekolah lokal di Singapura. Mulai dari batas usia sampai cara daftar sekolah, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

SGB Merchandise

Masuk Sekolah Lokal di Singapura
Ilustrasi siswa sedang belajar di kelas. Photo by CDC on Unsplash

Berdasarkan fis.edu.sg, sistem pendidikan dasar di Singapura dan Indonesia berbeda. Indonesia mencanangkan wajib belajar 12 tahun yang dibagi menjadi sekolah dasar (SD) kelas 1-6, sekolah menengah pertama (SMP) kelas 7-9, dan sekolah menengah atas (SMA) kelas 10-12. Dalam sistem ini, SD dan SMP adalah pendidikan dasar yang minimal wajib dilaksanakan.


Sementara di Singapura, sistem edukasi dibagi primary education 6 tahun, secondary school 4-5 tahun, junior college 2 tahun atau politeknik 3 tahun. Kelas 9 di SMP Indonesia sama dengan secondary school grade 3 di Singapura. Ujian GCE O-Level dan GCE A-Level diadakan saat siswa berada pada secondary school 4 dan junior college tahun ke-2.

Misalnya siswa di Indonesia sudah melaksanakan UAN SMP (kelas 9) tidak serta merta setara dengan secondary school level 4 di Singapura. Sebab ujian secondary school di Singapura dengan Indonesia sangat berbeda. Siswa di Singapura diwajibkan menguasai ilmu matematika dan Bahasa Inggris, mulai dari primary school sampai universitas. Sebab rata-rata mata pelajaran disampaikan dalam Bahasa Inggris.

Apabila ada rencana sekolah di Singapura sebaiknya kuasai ilmu matematika dan Bahasa Inggris. Misalnya lulusan SMP ingin lanjut SMA di Singapura, disarankan untuk belajar matematika dan Bahasa Inggris selama satu tahun sebelum ambil ujian GCE O-Level. Perbedaan selanjutnya, tahun ajaran baru di Singapura mulai Januari sedangkan Indonesia mulai Juli.

Ilustrasi siswa sedang melakukan ujian. Photo by Jeswin Thomas on Unsplash
Ilustrasi siswa sedang melakukan ujian. Photo by Jeswin Thomas on Unsplash

Pemerintah Singapura di bawah Ministry of Education (MOE) mengadakan Admissions Exercise for International Students (AEIS) yaitu tes masuk bagi siswa internasional yang bukan warga negara maupun penduduk tetap Singapura yang mau masuk primary school grade 2-5 dan secondary school grade 1-3 pada Januari tahun berikutnya. 

Mengutip moe.gov.sg, AEIS umumnya diadakan setiap September atau Oktober tiap tahun yang terdiri dari tes terpusat Bahasa Inggris dan matematika. Bertujuan untuk menilai kemampuan literasi, berhitung, dan penalaran dalam Bahasa Inggris.

Pendaftaran AEIS dilakukan secara online melalui situs resmi MOE. Dokumen yang harus disiapkan adalah akta kelahiran dalam Bahasa Inggris dan paspor anak yang masih berlaku minimal 6 bulan. Biaya tes AEIS $672 sudah termasuk GST (Goods and Services Tax). 

Setelah proses pendaftaran selesai, siswa akan melakukan tes AEIS sesuai jadwal yang dibagikan melalui situs resmi MOE. Kalau memenuhi nilai tes, penempatan tergantung pada ketersediaan kuota sekolah yang dituju orang tua siswa.

Ilustrasi anak-anak sedang belajar di sekolah. Photo by CDC on Unsplash
Ilustrasi anak-anak sedang belajar di sekolah. Photo by CDC on Unsplash

Batas usia jenjang sekolah di Singapura perlu diperhatikan karena menurut entersingapore.info, MOE tidak menyarankan umur siswa internasional berusia lebih tua 2 tahun dari teman satu kelasnya. Dapat diartikan, usia siswa internasional sebaiknya sama atau maksimal lebih tua 1 tahun dari teman satu kelas. Berikut daftar batas usia tiap jenjang sekolah di Singapura yang harus #SGB_Family ketahui:

Jenjang PendidikanBatas Usia (per tahun ajaran pada Januari)
Primary School
Primary 16-8+
Primary 27-9+
Primary 38-10+
Primary 49-11+
Primary 510-12+
Primary 6
Pada level ini diadakan Primary School Leaving Examination (PSLE) pada akhir tahun ajaran. Umumnya sekolah tidak menerima siswa internasional lagi pada level ini.
11-13+
Secondary School
Secondary 112-14+
Secondary 213-15+
Secondary 314-16+
Secondary 4
Diadakan ujian GCE ‘N’ atau GCE ‘O’ Level pada akhir tahun ajaran. Umumnya sekolah tidak menerima siswa internasional lagi pada level ini.
15-17+
Secondary 5
Diadakan ujian GCE ‘O’ Level  pada akhir tahun ajaran. Umumnya sekolah tidak menerima siswa internasional lagi pada level ini.
16-18+
Pre-University
Pre-University 116-18+
Pre-University 2
Diadakan ujian GCE ‘A’ Level pada akhir tahun ajaran. Umumnya sekolah tidak menerima siswa internasional lagi pada level ini.
17-19+
Pre-University 3
Diadakan ujian GCE ‘A’ Level pada akhir tahun ajaran. Umumnya sekolah tidak menerima siswa internasional lagi pada level ini.
Tabel Daftar Batas Usia Tiap Jenjang Pendidikan

Masuk Sekolah Lokal di Singapura
Ilustrasi siswa sedang melakukan selebrasi setelah wisuda. Photo by Pixabay on Pexels

Siswa internasional yang mau masuk sekolah lokal harus mendatangi sekolah tersebut secara langsung karena syarat dan cara mendaftar ditentukan oleh tiap sekolah. Umumnya, pendaftaran sekolah siswa internasional dibutuhkan paspor anak dan orang tua, akta kelahiran anak, kartu identitas & catatan imigrasi anak dan orang tua, serta visa kerja orang tua.

Setidaknya siswa internasional mengajukan izin tinggal jangka panjang seperti Student Pass (STP) serta melakukan vaksin difteri dan campak (bagi anak usia 12 tahun ke bawah). Vaksin dibuktikan dengan dokumen Verification of Vaccination Requirement (VR) dari Health Promotion Board (HPB) sebelum mengajukan STP.

Selain itu, siswa internasional harus mempunyai penanggung jawab, seperti dilansir dari moe.gov.sg. Baik orang tua kandung yang bekerja di Singapura atau warga negara/penduduk tetap Singapura usia 21 tahun ke atas.

Biaya sekolah bulanan termasuk biaya lain-lain (miscellaneous fee) berbeda berdasarkan jenjang pendidikan dan status warga negara. Namun rata-rata sebagai berikut berdasarkan moe.gov.sg:

  • Primary school siswa internasional dari negara ASEAN $478, non-ASEAN $763
  • Secondary school siswa internasional dari negara ASEAN $800, non-ASEAN $1.420
  • Pre-University siswa internasional dari negara ASEAN $1.067, non-ASEAN $1.777

#SGB_Family yang mempunyai anak atau adik yang mau masuk sekolah lokal di Singapura, dapat membaca panduan singkat di atas. Sebelum mendaftar, sebaiknya baca dulu syarat, kurikulum, dan ketentuan lain di situs resmi sekolah yang dituju. Ada yang berencana mendaftarkan adik atau anaknya ke sekolah lokal?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×