fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru August 29, 2020

Pintu Singapura-Indonesia Akan Segera Dibuka? Benarkah?

Bagikan

Mana nih suara #SGB_Family yang kangen Singapura? Mungkin penantian kita semua nggak akan lama lagi. Setelah lampu hijau untuk Brunei Darrusalam dan New Zealand, kabarnya pintu Singapura-Indonesia juga akan segera dibuka. Benarkah? Wah, sungguh berita yang menyenangkan, ya? Cek keterangan lebih lengkapnya di bawah ini.

Pertemuan Singapura-Indonesia (straitstimes.com)

Apa itu jalur hijau? Dilansir dari straitstimes.com, Singapura memperkenalkan jalur hijau timbal balik di Bandara Changi bagi wisatawan dari neagra-negara di mana situasi Covid-19 serupa atau lebih baik daripada di Singapura.

Ini berarti turis dari negara tersebut akan dibebaskan dari kewajiban menjalani stay home notice selama 14 hari saat kedatangan dan sebaliknya. Ong Ye Kung, selaku Menteri Transportasi Singapura menyampaikan bahwa pengaturan itu sebagai cara untuk membantu meningkatkan jumlah penumpang di Changi, menjadi sekitar 40% dari tingkat sebelum Covid-19.

Jewel Changi Airport. Photo by Keith Chong on Unsplash
Jewel Changi Airport. Photo by Keith Chong on Unsplash

Salah satu alasan yang menghalangi turis untuk berkunjung adalah keharusan untuk menjalani karantina selama 14 hari. Disampaikan juga oleh sang menteri, “Kami mungkin harus mempertimbangkan untuk menggantinya dengan rezim pengujian yang ketat,” katanya.

Mr Ong juga menyatakan bahwa Singapura dapat menjajaki untuk membiarkan traveler dari negara atau wilayah dengan pengendalian virus untuk terbang ke Singapura, bahkan ketika mereka melarang orang Singapura masuk ke sana.

Ilustrasi Tes Swab Covid-19. Photo by @unitednations on Unsplash
Ilustrasi Tes Swab Covid-19. Photo by @unitednations on Unsplash

Kabar terbaru, pintu Singapura-Indonesia juga akan dibuka. Sementara itu, beberapa negara sudah menjalani jalur hijau dengan Singapura. Di antaranya adalah traveler dari China dan Malaysia dalam perjalanan bisnis dan resmi. Salah satu syaratnya, traveler Tiongkok yang berkunjung ke Singapura wajib melakukan tes swab Covid-19 sebelum keberangkatan dan setelah mendarat.

Selain itu, ada traveler dari Brunei Darussalam dan New Zealand juga bisa berkunjung ke Singapura mulai 1 September 2020. Namun, traveler yang datang dari daerah berisiko rendah, termasuk Australia (tidak termasuk Victoria , China, Taiwan, Vietnam, dan Malaysia), masa karantina dipotong menjadi 7 hari saja.

Korea Selatan (unsplash)

Kabar baiknya, pintu Singapura-Indonesia juga akan segera dibuka. Dilansir dari thejakartapost.com, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi melakukan kunjungan kehormatan pada Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong mengenai retret pada pemimpin yang akan datang.

Selain itu, pertemuan kedua negera tersebut juga membahas tentang pembukaan jalur hijau Singapura-Indonesia. Kini, Indonesia sudah memiliki peraturan serupa dengan Uni Emirat Arab, Korea Selatan dan Cina. Pelonggaran pintu Singapura-Indonesia untuk perjalanan resmi yang mendesak dan bisnis penting dengan tetap mempertahankan protokol kesehatan dan keselamatan yang ketat.

Batam (Photo by Rayhan Fahmi on Unsplash)

Singapura telah menjadi mitra investasi utama Indonesia pada tahun 2020 ini. Yaitu menyalurkan US $4,7 miliar ke tanah air pada semester pertama. Kemudian naik hingga 36% dari periode yang sama tahun lalu. Indonesia bahkan mencatat surplus perdagangan nonmigas hingga $ 398 juta dengan Singapura.

Pemerintah telah meminta Singapura untuk membuka kembali perbatasannya dengan Indonesia, khususnya perbatasan yang berhubungan dengan pusat komersial, seperti wisata Bintan dan Batam yang telah ditutup selama berbulan-bulan karena Covid-19.

Bintan (IG:@caesadhanisa)

Kementerian juga menyatakan bahwa Indonesia dan Singapura akan membentuk enam working group sebagai langkah lanjutan dari pertemuan bilateral tersebut. Tugasnya menyusun rincian untuk retret yang akan datang menurut jadwal yang “akan ditentukan pada kesempatan pertama”.

Masing-masing group akan memiliki focus issue yang terdiri dari investasi sumber daya manusia, transportasi, pertanian, pariwisata dan kerjasama Batam-Bintan-Karimun (BKK). Topik lain yang juga dibahas termasuk berbagai inisiatif dalam e-commerce, fintech, layanan data, dan pengembangan taman teknologi dan hubungan inovasi regional.

Itulah update singkat tentang perencanakan pembukaan pintu Singapura-Indonesia. Semoga diskusi antara kedua negara menemukan kesepakatan sehingga #SGB_Family bisa berkunjung ke Negeri Singa. Tentunya dengan tetap mematuhi protokol standard kesehatan dan keselamatan, ya. Siapa nih yang udah kangen banget sama Singapura?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru

Populer

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×