fbpx

Tips Sewa Mobil di Singapura, Catat untuk Liburan Selanjutnya Ya!

  • August 27, 2020
  • Dibaca 5 kali
Tips sewa mobil di Singapura

Selain transportasi umum seperti MRT atau bus, mobil dapat menjadi alternatif kendaraan selama berada di Singapura. Terutama kalau punya mobilitas tinggi. Namun, perlu diperhatikan setidaknya 4 tips sewa mobil di Singapura bagi pekerja asing terutama SIM internasional. Selain itu, apa aja yang perlu diketahui? Yuk, simak ulasan berikut.

Tips sewa mobil di Singapura
Ilustrasi mobil SUV yang cocok untuk keluarga dan bepergian jarak jauh. Photo by Tabea Damm on Unsplash

Melansir singaporeexpats.com, faktor yang dapat menjadi pertimbangan untuk menyewa mobil dalam jangka waktu lama adalah ketersediaan dana, punya mobilitas tinggi, berada di Singapura cukup lama misalnya 1 tahun, dan tinggal bersama keluarga termasuk anak yang sekolah. Paling nggak 4 alasan tersebut akan menentukan jenis dan ukuran mobil sewaan.

Misalnya #SGB_Family seorang pekerja asing individu yang kantornya jauh dari tempat tinggal dan punya mobilitas tinggi, maka sedan dapat menjadi pilihan. Sementara apabila tinggal bersama keluarga dan tiap hari mengantar jemput-anak atau biasanya rutin bepergian sekeluarga, coba pakai MPV atau SUV dengan 7-8 kursi. Mobil besar seperti MPV dan SUV juga cocok buat #SGB_Family yang kerap bepergian jarak jauh.

Menyewa juga menjadi opsi daripada membeli mobil yang harganya nggak murah, ditambah lagi harus menyiapkan biaya perawatan dan membayar pajak. Selain itu, memiliki mobil memudahkan #SGB_Family kalau harus menghadiri acara spesial misalnya pernikahan teman sekantor.

Ilustrasi seseorang sedang mengemudi mobil. Photo by Alex Jumper on Unsplash
Ilustrasi seseorang sedang mengemudi mobil. Photo by Alex Jumper on Unsplash

Sebelum memutuskan sewa mobil, cek dulu apakah #SGB_Family memenuhi syarat. Berdasarkan moneysmart.sg/, perusahaan sewa mobil biasanya mengajukan minimal 3 ketentuan yaitu batas umur minimal 23 tahun dan maksimal 69 tahun, dan berada minimal di tahun kedua setelah menerima SIM karena sebagian perusahaan nggak menyewakan kepada probation driver (P plate) artinya masih berada pada tahun pertama setelah mendapat SIM.

Syarat selanjutnya khusus bagi orang asing adalah mempunyai SIM internasional atau SIM resmi berbahasa Inggris. Dengan SIM ini, orang asing diperbolehkan mengemudi di Singapura sampai batas waktu 12 bulan. Lebih daripada itu, izin mengemudi harus diubah menjadi SIM Singapura. Tentu aja akan melewati tes dan aturan lalu lintas Singapura, biaya tes sekitar $50 atau 540.000-an.

Ilustrasi dua orang sepakat terhadap suatu kontrak. Photo by aymane jdidi on Pixabay
Ilustrasi dua orang sepakat terhadap suatu kontrak. Photo by aymane jdidi on Pixabay

Perusahaan sewa mobil umumnya memberikan paket yang udah mencakup biaya, durasi, jumlah uang jaminan, jadwal pembayaran, asuransi, kontak darurat, penalti kontrak, dan limitasi misalnya batas jarak tempuh mengemudi dan atau pembatasan masuk ke wilayah Malaysia. Ketentuan tersebut tertulis dalam kontrak yang #SGB_Family sepakati dengan perusahaan sewa mobil.

Terkait uang deposit, ini adalah syarat yang biasanya diajukan untuk menjamin mobil yang disewa, biayanya mulai dari $200 atau Rp2.100.000-an. Untuk pembatasan masuk ke wilayah Malaysia, memang nggak semua perusahaan mengizinkan mobilnya dibawa sampai perbatasan. Salah satu perusahaan sewa mobil yang perbolehkan akses tak terbatas ke Malaysia adalah AVIS.

Tips sewa mobil di Singapura
Ilustrasi sedan sedang melaju di jalanan. Photo by Jon Koop on Unsplash

Ada perusahaan sewa mobil lokal dan internasional di Singapura. Perusahaan lokal di antaranya All Trust Leasing, Asia Express Car Rental, Eazi Car Leasing, Lion City Rentals, My Car Rental, dan Swee Seng Leasing. Sementara perusahaan sewa mobil internasional yaitu AVIS, Budget Car Rental, Europcar Car Rental, dan Hertz. #SGB_Family juga bisa langsung ke produsen/distributor mobil misalnya Daimler untuk Mercedes Benz dan Kah Motor untuk Honda.

Uang sewa mobil ditentukan oleh durasi penyewaan yang biasanya semakin mahal kalau durasinya pendek dan jenis & umur mobil. Misalnya sewa mobil sedan bulanan di Budget, biayanya mulai dari $2.100 atau Rp22.500.000-an. Sementara All Trust mulai dari $1.500 atau Rp16.000.000-an dan AVIS mulai dari $2.700 atau Rp29.000.000-an.

Bisa disimpulkan bahwa #SGB_Family harus rencanakan secara matang kalau mau sewa mobil, benar-benar prioritas atau nggak. Sebelum memutuskan, bisa baca kembali tips sewa mobil di Singapura di atas. Lalu, coba bandingkan harga sewa mobil melalui situs Skyscanner atau Drive.SG. Ada rencana buat sewa mobil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×