fbpx

Tips Jadi Penduduk Tetap Singapura, Apa Aja Syaratnya?

  • August 26, 2020
  • Dibaca 30 kali
Ilustrasi dua orang sedang menghadap laptop. Photo by KOBU Agency on Unsplash

Tak sedikit pekerja asing di Singapura yang memutuskan untuk menjadi penduduk tetap alias permanent resident (PR). Penduduk tetap di Singapura mempunyai beragam benefit di antaranya bisa kerja dan tinggal tanpa limit waktu, bisa keluar-masuk Singapura tanpa tambahan visa, dan subsidi kesehatan atau pendidikan. Berikut tips jadi penduduk tetap di Singapura yang #SGB_Family patut ketahui. Baca sampai akhir ya.

SGB Merchandise

Ilustrasi orang sedang memeriksa stock market. Photo by Austin Distel on Unsplash
Ilustrasi orang sedang memeriksa stock market. Photo by Austin Distel on Unsplash

Menurut singapore-visa.net, untuk menjadi penduduk tetap Singapura, #SGB_Family harus memenuhi kriteria kelayakan sebagai investor pengusaha, pemegang employment pass atau S pass, artist, suami/istri atau anak dari warga negara atau penduduk tetap Singapura, dan orang tua dari warga negara Singapura. #SGB_Family harus memenuhi salah satu dari kriteria kelayakan tersebut. 


Ilustrasi orang sedang daftar permanent resident secara online. Photo by Samuel Sianipar on Unsplash
Ilustrasi orang sedang daftar permanent resident secara online. Photo by Samuel Sianipar on Unsplash

Terdapat 3 skema visa tinggal permanen di Singapura yaitu Professionals/Technical Personnel & Skilled Worker (PTS), Global Investor Programme (GIP), dan Foreign Artistic Talent. Dikutip dari guidemesingapore.com, PTS untuk pekerja asing berusia di bawah 50 tahun yang tinggal di Singapura dan punya Employment Pass atau Entrepreneur Pass, Personalised Employment Pass, atau S Pass.

GIP khusus untuk investor, jadi bisa mengajukan permanent resident untuk diri sendiri dan anggota keluarga. Syaratnya tentu harus investasi minimal $2.500.000 untuk bisnis berkembang di Singapura. Selain itu, harus punya track record bisnis yang baik, punya latar belakang wirausaha, dan punya business plan atau rencana investasi.

Bagi #SGB_Family yang berkecimpung di dunia seni bisa ajukan visa tinggal permanen di bawah skema Foreign Artistic Talent. Dunia seni yang dimaksud seperti fotografi, tari, musik, teater, sastra, atau film. Syaratnya, harus seniman yang terkenal di negara asal, lebih baik lagi kalau punya track record internasional yang baik, dan punya pelatihan dalam bidang seni yang digeluti. Selain itu, harus memberikan kontribusi pada seni dan budaya Singapura.

Ilustrasi dua orang sedang menghadap laptop. Photo by KOBU Agency on Unsplash
Ilustrasi dua orang sedang menghadap laptop. Photo by KOBU Agency on Unsplash

Apabila #SGB_Family kerja di Singapura, maka pengajuan permanent resident di bawah skema PTS. Sebelum apply, harus tinggal dan kerja dulu di Singapura minimal 6 bulan karena nantinya slip gaji tersebut jadi salah satu syarat utama. Menurut ica.gov.sg/, pengajuan permanent resident dilakukan secara online melalui sistem Electronic Permanent Residence (e-PR). Dokumen yang diperlukan harus dalam Bahasa Inggris. Dokumen yang dibutuhkan sebagai berikut:

  • Paspor yang masih berlaku
  • Employment Pass atau S Pass
  • Kartu identitas diri
  • Akta kelahiran atau kartu keluarga
  • Ijazah pendidikan tertinggi termasuk transkrip, sertifikasi profesi
  • Surat rekomendasi atau ketarangan dari tempat kerja sebelumnya, menyatakan tentang sifat pekerja, durasi kerja, dan gaji pokok terakhir.
  • Slip gaji minimal 6 bulan terakhir
  • Surat rekomendasi atau keterangan dari tempat kerja sekarang, berisi tanggal kerja, posisi, gaji 6 bulan terakhir dengan rincian uang lembur dan uang saku per bulan. Surat ditujukan kepada Controller of Immigration, harus tertanggal 1 bulan sebelum pengajuan.
  • Lembar persetujuan dari IRAS yang diberikan kepada ICA untuk mendapatkan dan memeriksa informasi keuangan yang diberikan pelamar. Surat persetujuan ini disediakan sehubungan dengan aplikasi Inland Revenue Authority of Singapore. 
  • Sertifikat registrasi bisnis (khusus untuk wirausaha)
  • Lisensi kerja yang berkaitan misalnya lisensi bisnis atau lisensi agen properti (khusus untuk wirausaha)

Ilustrasi dua orang sedang melakukan transaksi keuangan. Photo by Duncan Meyer on Unsplash
Ilustrasi dua orang sedang melakukan transaksi keuangan. Photo by Duncan Meyer on Unsplash

Siapkan biaya pendaftaran sebesar $100 yang dibayarkan melalui kartu kredit/debit Visa atau MasterCard, kartu kredit American Express (AMEX), debit langsung seperti DBS/POSB, OCBC, UOB, dan bank lain di Singapura. Proses apply sampai permohonan disetujui 4-6 bulan, asalkan semua dokumen benar. Setelah permohonan disetujui, #SGB_Family harus bayar biaya tertentu melalui NETS atau CashCard. Berikut rincian biayanya:

  • Entry permit $20
  • Re-entry permit berlaku 5 tahun $50
  • Kartu identitas $50
  • Entry visa $30

Bisa disimpulkan kalau proses menjadi penduduk tetap di Singapura cukup panjang dan nggak mudah. Maka, rencanakan dan siapkan semua syarat dan ketentuan dengan baik. Daripada proses terpaksa terhenti di tengah jalan. Gimana menurut #SGB_Family tentang hal ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×