fbpx

Biaya Hidup di Singapura buat Pekerja Asing dengan Anak, Siapkan dari Sekarang!

  • August 26, 2020
  • Dibaca 389 kali

Tinggal dan bekerja di Singapura, #SGB_Family harus menyiapkan rencana matang karena pengeluaran dan biaya hidup yang dikeluarkan nggak sedikit. Terutama bagi #SGB_Family yang tinggal bersama keluarga termasuk anak. Selain kebutuhan dasar, biaya hidup anak misalnya sekolah juga sebaiknya diperhatikan. Setidaknya inilah pengeluaran dan biaya hidup di Singapura buat pekerja asing dengan anak. Simak ya!

Biaya hidup pekerja asing di Singapura
Ilustrasi tempat tinggal di Singapura. Photo by Tony Shostak on Unsplash

Kebutuhan dasar yang harus dipenuhi ketika tinggal di mana aja tentu tempat tinggal. Kalau di Indonesia tempat tinggal yang umum adalah rumah atau apartemen, maka Singapura punya lebih banyak jenis tempat tinggal. Sebelum memutuskan tinggal di mana, sebaiknya perhatikan budget, durasi tinggal di Singapura, tinggal dengan siapa aja, dan jarak rumah dengan stasiun MRT/bus serta dengan sekolah anak atau kantor.


Apabila udah ditentukan, #SGB_Family punya pilihan menyewa atau beli rumah. Berikut biaya sewa tempat tinggal di Singapura dengan fasilitas kelebihan masing-masing, seperti dikutip dari guidemesingapore.com:

  • Kondominium: bentuknya seperti apartemen tapi punya fasilitas lengkap seperti kolam renang, playground, sampai sistem keamanan tinggi. Harga kondominium tergantung lokasi, fasilitas, dan kebaruan bangunan. Setidaknya mulai dari $7.000 atau Rp75.000.000-an per bulan untuk kondominium 3 kamar.
  • Apartemen privat: apartemen biasanya gedungnya termasuk udah lama dan nggak punya fasilitas publik selengkap kondominium. Siapkan budget mulai dari $5.000 atau Rp54.000.000-an per bulan untuk sewa apartemen privat 3 kamar  di tengah kota.
  • HBD flat: bagi warga atau penduduk tetap Singapura (permanent resident) bisa sewa HBD flat, tempat tinggal subsidi pemerintah Singapura. Harga sewa mulai dari $3.000 atau Rp32.000.000-an per bulan untuk HBD flat 3 kamar di pusat kota.

Beli rumah di Singapura perlu memenuhi sejumlah syarat seperti merupakan warga negara atau penduduk tetap Singapura. Berdasarkan moneysmart.sg, harga beli HBD flat 3 kamar mulai dari $300.000 atau Rp3.200.000.000-an, sedangkan properti privat harga belinya mencapai jutaan dollar Singapura.

Biaya hidup pekerja asing di Singapura
Ilustrasi kebutuhan makan di Singapura. Photo by Lan Pham on Unsplash

Selain tempat tinggal baik itu menyewa atau beli, #SGB_Family harus siap biaya untuk kebutuhan dasar. Setidaknya makan, transportasi, dan paket internet. Untuk makan, bisa pilih masak sendiri atau makan di luar. Pengeluarannya tentu akan berbeda. 

Masak sendiri akan habiskan biaya mulai dari $200 atau Rp 2.150.000 per bulan untuk satu orang. Budget makan di luar beragam tergantung tempat makan yang dituju. Misal makan di hawker centre dengan harga $5 atau Rp54.000-an sekali makan, maka kira-kira pengeluaran makan bulanan $450 atau Rp5.000.000-an. Biaya gas, air, dan listrik butuh minimal $200 atau Rp2.000.000-an per bulan. Selanjutnya biaya transportasi umum mulai dari $100 atau Rp1.000.000-an per bulan.

Lalu tak kalah penting adalah paket internet mulai dari $25 atau Rp270.000-an per bulan. Ada lagi pengeluaran yang nggak kalah penting yaitu pajak apabila memenuhi syarat sebagai warga wajib pajak. Tarif pajak bagi residen mulai dari 0-20 persen, non residen 15 persen. Tips bayar pajak bagi pekerja asing dapat dibaca di sini.

Biaya hidup pekerja asing di Singapura
Ilustrasi seorang anak sedang sekolah. Photo by Jerry Wang on Unsplash

Pengeluaran konsumsi dasar untuk anak misalnya susu, harus siapkan biaya mulai dari $45 atau Rp490.000-an per satu kemasan biasanya berisi 800 gram-1 kilogram. Selanjutnya, untuk anak yang udah sekolah butuh buku, sepatu, tas, dan lainnya. Budget yang harus disiapkan minimal $100 atau Rp1.000.000-an per tahun.

Biaya sekolah di Singapura tergantung pada jenis sekolah yang dituju misalnya lokal atau internasional. Misalnya anak #SGB_Family masuk sekolah dasar (primary school) maka siapkan biaya mulai dari $250 atau Rp2.700.000-an per bulan. Budget untuk sekolahkan anak di sekolah internasional mulai dari $1.200 atau Rp13.000.000-an per tahun.

Ilustrasi kamar rumah sakit. Photo by Martha Dominguez de Gouveia on Unsplash
Ilustrasi kamar rumah sakit. Photo by Martha Dominguez de Gouveia on Unsplash

Sebaiknya #SGB_Family punya asuransi kesehatan, baik itu skema lokal atau internasional. Disesuaikan aja dengan budget dan ketentuan yang berlaku. Biaya asuransi bulanan pun berbeda-beda, misalnya yang cover rawat inap dan operasi ada yang mulai dari $2.000 atau Rp22.000.000-an per tahun. Selain itu, bisa siapkan biaya kesehatan harian mulai dari $100 atau Rp1.000.000-an per bulan. Biaya rawat inap di rumah sakit berbeda tergantung kelas kamar dan rumah sakit, setidaknya mulai dari $30 atau Rp320.000-an per hari.

Ilustrasi family dinner. Photo by National Cancer Institute on Unsplash
Ilustrasi family dinner. Photo by National Cancer Institute on Unsplash

Kegiatan santai yang dimaksud seperti ngopi, makan di restoran bareng keluarga, liburan ke taman hiburan, berenang, dan lainnya. Kalau ngopi di kedai lokal seperti kopitiam atau hawker centre harganya sekitar $1 atau Rp110.000-an, sedangkan di kafe fancy mislanya Starbucks $5 atau Rp54.000-an per cangkir. Makan di restoran bisa habiskan biaya mulai dari $20 atau Rp2015.000-an sekali makan untuk 1 orang.

Mungkin anak ingin liburan misalnya ke kebun binatang atau taman hiburan, maka siapkan biaya mulai dari $30 atau Rp320.000-an untuk 1 orang. Biaya kebugaran juga perlu disiapkan, sebaiknya sekalian langganan bulanan atau tahunan. Pilih juga pusat kebugaran dengan fasilitas lengkap mulai dari peralatan gym sampai kolam renang. Budgetnya mulai dari $150 atau Rp1.600.000-an per bulan.

Sekarang #SGB_Family udah tahu perkiraan pengeluaran dan biaya hidup di Singapura buat pekerja asing dengan anak. Sebelum putuskan kerja dan tinggal di Singapura, coba bikin rencana finansial secara matang terlebih dahulu. Gimana menurut #SGB_Family, apakah ada pengeluaran yang terlewatkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial