fbpx
Topik / Artikel
Tips August 25, 2020

6 Tips Masuk Kampus Favorit di Singapura, Apa Aja Sih?

Bagikan

Singapura memang terkenal akan wisatanya yang anti bosan. Namun selain wisata, Singapura juga terkenal dengan deretan universitas keren yang beberapa diantaranya masuk dalam peringkat dunia. Sebut saja National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU) yang tahun ini masuk dalam 20 besar. Nggak heran kalau banyak calon mahasiswa yang ingin kuliah di negara ini. Nah, berikut adalah tips masuk kampus favorit di Singapura. Simak terus ya!

Ilustrasi Bertanya Kepada Teman. Photo by Mimi Thian on Unsplash
Ilustrasi Bertanya Kepada Teman. Photo by Mimi Thian on Unsplash

Sebelum memilih universitas bahkan jurusan apa yang akan dituju nantinya, sebaiknya mencari tahu dulu apa sih sebenarnya keahlian #SGB_Family? Catat apa hal yang bisa membuat bersemangat, apa passion #SGB_Family, dan apa karir yang kelak akan dituju setelah lulus kuliah.


Pahami diri sendiri, apa keahlian yang tidak biasa dari diri #SGB_Family yang lebih menonjol dari orang lain. Mulai terbuka dengan keahlian unik tersebut dan galilah lebih dalam. Nggak ada salahnya bertanya kepada orang terdekat yang terkadang justru menyadari keunikan #SGB_Family.

Mengikuti tes minat bakat juga bisa dilakukan untuk lebih meyakinkan #SGB_Family. Jangan terburu-buru memutuskan jurusan dan universitas sebelum paham apa keahlian yang bisa digali dengan kuliah atau ada keahlian lain yang ingin dikembangkan.

Tapi, ada juga lho kampus yang memperbolehkan mahasiswanya untuk memilih fakultas lebih dulu, kuliah selama beberapa semester, kemudian baru memilih jurusan. Contohnya Faculty of Arts and Social Sciences National University of Singapore yang memperbolehkan mahasiswanya untuk masuk kuliah dan mengambil sks di semester pertama kemudian baru memilih jurusan di semester 2 dan bisa mengubah jurusan maksimal di akhir semester 5.

Tips Masuk Kampus Favorit Singapura
Ilustrasi Mencari Informasi di Laptop. Photo by Etienne Boulanger on Unsplash

Setelah menentukan apa keahlian yang akan digali lebih dalam dengan kuliah, tips masuk kampus favorit selanjutnya adalah cari tahu jurusan di kampus Singapura yang jadi pilihan #SGB_Family. Akses website resmi kampus tujuan dan cari jurusan yang ingin diplih. Biasanya, website kampus akan menjelaskan hal-hal yang cukup detail, salah satunya dengan memberikan akses unduh brosur.

Ada juga beberapa kampus yang menjelaskan lebih rinci mata kuliah apa yang akan diambil dan beberapa kegiatan penunjang lainnya seperti aktivitas kampus yang bisa diikuti. Bisa banget cek blog atau YouTube dari mahasiswa yang sudah kuliah di jurusan yang #SGB_Family pilih sehingga bisa semakin memotivasi atau meyakinkan #SGB_Family apakah pilihan sudah tepat dengan keahlian. Cari tau jadwal penerimaan juga dokumen dan syarat yang harus dipersiapkan sebelum masuk ke kampus.

Ilustrasi Paspor. Photo by Nicole Geri on Unsplash
Ilustrasi Paspor. Photo by Nicole Geri on Unsplash

Setiap kampus punya persyaratan yang berbeda-beda dalam penerimaan mahasiswa internasional. Salah satu syarat yang biasanya diberikan kepada calon mahasiswa internasional adalah bukti keahlian Bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL. Kembali lagi kepada kebijakan kampus berapa skor minimal. Skor umum untuk IELTS adalah 6,5 sampai 7, sedangkan untuk TOEFL 90 sampai 100.

Beberapa kampus juga akan membutuhkan nilai yang sudah dikonversi sesuai sistem penilaian yang diterapkan di Singapura. Sedangkan untuk dokumen, juga akan berbeda di tiap kampus. Beberapa dokumen yang biasanya diminta untuk mahasiswa internasional adalah sebagai berikut:

  • Paspor sah atau identitas diri lainnya
  • Foto terbaru
  • Formulir pendaftaran
  • Hasil ujian sekolah
  • Bukti keahlian bahasa (contohnya IELTS)
  • Hasil SAT/GRE/GMAT

#SGB_Family mungkin akan diminta untuk memberikan surat motivasi, laporan medis, laporan kriminal, atau surat rekomendasi.

Ilustrasi Ikut Tes. Photo by Ben Mullins on Unsplash
Ilustrasi Ikut Tes. Photo by Ben Mullins on Unsplash

Seperti yang udah disebutkan tadi, salah satu syarat untuk bisa masuk kampus di Singapura adalah bukti keahlian Bahasa Inggris. Untuk mendapatkan skor yang maksimal, #SGB_Family bisa mengikuti tes Bahasa Inggris, salah satunya tes IELTS. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum menjalani tes agar dapat skor IELTS tinggi. #SGB_Team sudah membahasnya di sini.

Beberapa tips di antaranya adalah menyempatkan diri untuk latihan soal selama beberapa jam dalam sehari. Membiasakan diri dengan mendengarkan, membaca, dan berbicara dengan Bahasa Inggris juga bisa membantu #SGB_Family dapat skor IELTS yang tinggi untuk syarat masuk kampus.

Tips Masuk Kampus Favorit Singapura
Ilustrasi Belajar. Photo by Surface on Unsplash

Ratusan bahkan ribuan calon mahasiswa melakukan ujian masuk dan hanya sepersekian dari mereka yang akan diterima di kampus pilihan. Tips masuk kampus favorit di Singapura selanjutnya adalah mempersiapkan diri sebelum sebelum tes dan interview agar hasilnya lebih maksimal.

#SGB_Family bisa mencari tahu soal tes masuk tahun sebelumnya kemudian mempelajarinya. Bisa juga ikut les atau belajar bersama teman yang akan masuk kampus atau jurusan yang sama. Dengan sering berlatih, #SGB_Family bisa tahu gambaran soal, terbiasa memecahkan soal juga mengatur waktu pengerjaan.

Sebelum memutuskan akan menerima atau menolak calon mahasiswa, beberapa kampus biasanya mengharuskan mereka untuk interview. Lakukan riset sederhana soal kampus dan jurusan yang #SGB_Family pilih agar lebih paham ketika diberikan pertanyaan saat interview. Tetap tenang dan percaya diri saat melakukan interview, karena biasanya interview dilakukan untuk mengenal calon mahasiswa lebih dalam.

Tips Masuk Kampus Favorit Singapura
Ilustrasi Mahasiswa Singapura. Photo by lucas law on Unsplash

IGP atau Indicative Grade Profiles biasanya digunakan kampus untuk membantu calon mahasiswa mengukur peluang seberapa besar akan diterima. Sebaiknya lihat peringkat ke-10 dan ke-90 dari persentil siswa (skala seratus). Contohnya kalau IGP Hukum peringkat ke-90 adalah AAA/A, artinya 10% siswa teratas yang masuk Hukum dapat nilai AAA/A atau lebih tinggi.

Sedangkan kalau persentil ke-10 Ilmu Sosial adalah BBC/B, maka 10% siswa terbawah yang masuk Ilmu Sosial mendapat skor lebih rendah dari BBC/B. Nilai IGP bisa berbeda setiap tahunnya tergantung jumlah dan kinerja calon mahasiswa juga jumlah tempat yang tersedia. #SGB_Family bisa cek IGP di website kampus yang dipilih.

Pastikan sudah mempersiapkan hal-hal yang ada dalam tips masuk kampus sebelum mendaftar ya! Udah siap masuk kampus favorit #SGB_Family di Singapura?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru

Populer

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×