fbpx

4 Tipe Tes Bahasa Inggris dan Fungsinya, Modal untuk Kerja di Luar Negeri, Nih!

  • August 25, 2020
  • Dibaca 24 kali

Kemampuan Bahasa Inggris semakin dibutuhkan dan bahkan menjadi syarat untuk sekolah atau kerja baik di luar negeri maupun di Indonesia. Bukan hanya satu, tapi paling nggak ada 4 tipe tes Bahasa Inggris yang ketentuan dan sistem berbeda. Mulai dari TOEFL yang udah cukup dikenal sampai Cambridge yang mungkin masih terdengar asing. Yuk kepoin tipe tes Bahasa Inggris yang bisa #SGB_Family ikuti.

SGB Merchandise

Ilustrasi tes kemampuan Bahasa Inggris secara online. Photo by Scott Graham on Unsplash
Ilustrasi tes kemampuan Bahasa Inggris secara online. Photo by Scott Graham on Unsplash

Berdasarkan academicpositions.com, TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris yang biasanya menjadi syarat untuk masuk ke universitas di luar negeri terutama Amerika Serikat. TOEFL iBT (internet-based test) adalah jenis tes TOEFL yang secara resmi diterima oleh berbagai lembaga internasional termasuk universitas.


Nilai maksimal TOEFL iBT adalah 120 yang tesnya dibagi menjadi 4 bagian yaitu reading comprehension, listening comprehension, speaking, dan written expression. Skor tiap bagian adalah 30. Umumnya universitas di luar negeri mengharuskan calon mahasiswanya punya nilai TOEFL iBT antara 90-100. Format tes TOEFL iBT sepenuhnya menggunakan komputer termasuk listening comprehension dan dijalankan selama kira-kira 4 jam.

Harga TOEFL iBT mengikuti kurs dolar Amerika Serikat, mulai dari US$200 atau Rp3.000.000-an. Tempat tes TOEFL iBT di Indonesia misalnya English First (EF), International Language Program (ILP), dan International Test Center (ITC). Sertifikat tes TOEFL iBT biasanya berlaku sampai maksimal 2 tahun. Jadi kalau mau daftar universitas di luar negeri pastikan hasil tesnya belum ‘kedaluwarsa’. 

Ilustrasi sesi listening tes Bahasa Inggris. Photo by Austin Distel on Unsplash
Ilustrasi sesi listening tes Bahasa Inggris. Photo by Austin Distel on Unsplash

Tipe tes Bahasa Inggris yang juga termasuk familer di Indonesia adalah IELTS atau  International English Language Testing System. Terdapat dua versi IELTS yaitu akademik (academic version) dan pelatihan umum (general training). IELTS akademik dibutuhkan untuk masuk universitas di luar negeri terutama Eropa, sedangkan pelatihan umum bagi sejumlah badan pemerintah untuk izin kerja dan imigrasi.

Tes IELTS yang rata-rata berlangsung selama 3 jam ini dibagi menjadi 4 bagian yaitu listening (40 menit), reading (60 menit), writing (60 menit), and speaking (11-14 menit). Saat sesi speaking, peserta akan berhadapan langsung dengan penilai. Uniknya, soal IELTS ini lebih beragam seperti diagram, jawaban pendek, dan melengkapi kalimat. Nilai IELTS 1-9, bahkan ada juga ½. Universitas di luar negeri biasanya mensyaratkan skor IELTS 6-7. Namun, ketentuan nilai bisa juga tergantung jurusan dan lokasi negara universitas yang dipilih.

Sertifikat tes IELTS berlaku sampai maksimal 2 tahun. Biaya yang dibutuhkan untuk ikut tes ini mulai dari US$215 atau Rp3.100.000-an. #SGB_Family sebaiknya rencanakan secara matang sebelum ikut IELTS karena biaya yang tak murah dan masa berlaku yang cukup singkat. Kalau benar-benar berencana kuliner di luar negeri, barulah ikuti tes ini. Tempat tes IELTS yang cukup populer adalah British Council, IDP (International Development Program), dan IALF (Indonesia Australia Language Foundation).

Tipe Tes Bahasa Inggris
Ilustrasi sesi speaking tes Bahasa Inggris. Photo by Van Tay Media on Unsplash

CAE atau secara lengkap bernama The Cambridge Certificate of Advanced English adalah tes Bahasa Inggris yang umumnya digunakan sebagai syarat masuk universitas di Inggris. CAE yang terbilang masih terdengar asing ini punya kelebihan yang tak dipunya TOEFL iBT dan IELTS. Sertifikat CAE berlaku selamanya! Tapi ada ketentuan yang harus dipenuhi yaitu kemampuan Bahasa Inggris yang udah sangat ahli.

Reading dan penggunaan Bahasa Inggris, writing, listening, dan speaking adalah 4 sesi tes yang harus dikerjakan #SGB_Family kalau ambil CAE. Tes dilakukan selama 4 jam dengan rincian reading dan writing 90 menit, listening 40 menit, dan speaking 15 menit. Pada sesi speaking, #SGB_Family bakal berhadapan dengan 2 penguji. Masing-masing bertugas sebagai evaluator dan pemeriksa.

Nilai CAE bukan berupa angka melainkan huruf, di antaranya B2, C, B, dan A. C adalah nilai kelulusan terendah dan peserta dengan nilai B atau A akan mendapatkan sertifikat C1 Advanced. Salah satu tempat untuk ikut tes CAE adalah Briton English Education yang berada di kota besar Indonesia seperti Makassar dan Medan. Siapkan biaya mulai dari Rp1.800.000-an untuk ikut tes CAE.

Tipe Tes Bahasa Inggris
Ilustrasi tes kemampuan Bahasa Inggris. Photo by Scott Graham on Unsplash

Cambridge Certificate of Proficiency in English atau CPE adalah tes paling berat dan akhir pada daftar ini. Sama halnya dengan CAE, tes CPE juga biasanya menjadi syarat untuk masuk ke universitas di Inggris. Spesialnya, CPE ini hanya akan menguji peserta yang punya kemampuan Bahasa Inggris di level C2. Level ini setara dengan skor IELTS 8,5-9.

Selain kriteria yang tinggi, tes CPE hanya diadakan dua kali dalam setahun pada Juni dan Desember. Tingkat kesulitan yang tinggi dari CPE setara dengan sertifikat dan skornya yang nggak ada masa berlakunya. Nggak bisa kedaluwarsa! 

Nilai CPE adalah C1, C, B, or A dengan C sebagai level kelululsan terendah. Peserta dengan nilai B atau A akan mendapatkan sertifikat C2 Proficiency. Tes ini dilakukan selama 4 jam dengan ketentuan reading dan penggunaan Bahasa Inggris (90 menit), writing (90 menit), listening (40 menit), and speaking (16 menit). Tempat untuk tes CPE di Indonesia adalah CST yang berlokasi di Jakarta dengan harga tes mulai dari Rp1.250.000-an.

Sebelum ikut tes Bahasa Inggris, sebaiknya #SGB_Family pahami dulu fungsi, sistem, sampai biayanya. Misalnya mau kuliah atau kerja di Singapura, bisa ikut tes IELTS atau TOEFL iBT aja. Tapi tetap rencanakan tujuan kuliah atau kerja dengan baik, ya. Biar hasil tes dipakai sebelum masa berlaku habis. #SGB_Family udah ikutan tes Bahasa Inggris yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×