fbpx

Tips Bayar Pajak Pekerja Asing di Singapura, Berapa Tarifnya?

  • August 24, 2020
  • Dibaca 9 kali

Bekerja dalam kurun waktu tertentu di Singapura, #SGB_Family akan dikenakan wajib pajak penghasilan. Masing-masing individu akan dikenakan pajak penghasilan dengan aturan tertentu. Berikut tips bayar pajak pekerja asing di Singapura dilansir dari iras.gov.sg, supaya kerja tidak ada kendala dan tetap legal.

SGB Merchandise

Ilustrasi Rumah di Singapura. Photo by Vernon Raineil Cenzon on Unsplash
Ilustrasi Rumah di Singapura. Photo by Vernon Raineil Cenzon on Unsplash

Kewajiban bayar pajak tergantung pada status domisili. #SGB_Family termasuk warga yang wajib pajak kalau memenuhi syarat berikut:

  • Tinggal atau kerja di Singapura selama minimal 183 hari dalam satu tahun kalender atau 3 tahun berturut-turut
  • Kerja di Singapura dalam jangka waktu dua tahun kalender dan total durasi tinggal minimal 183 hari. Hal ini berlaku bagi pekerja asing yang masuk ke Singapura sejak 1 Januari 2007 tapi tidak termasuk direktur perusahaan, public entertainers, atau profesional.

Kalau #SGB_Family punya izin kerja yang berlaku paling tidak satu tahun, maka juga termasuk warga yang dikenakan wajib pajak. Sebelumnya, status domisili pajak akan dicek ulang di tax clearance saat #SGB_Family berhenti kerja berdasarkan aturan wajib pajak. Apabila tinggal di Singapura kurang dari 183 hari, termasuk sebagai non-residen.

Pajak Pekerja Asing di Singapura
Ilustrasi Marina Bay Sands Singapura. Photo by Annie Spratt on Unsplash

Durasi tinggal atau kerja di Singapura akan memengaruhi pajak yang dibayarkan dan aturannya pun berbeda-beda. Durasi kerja di Singapura termasuk akhir pekan dan libur nasional. Apabila ada izin yang bersifat sementara seperti liburan ke luar negeri atau trip bisnis, tetap dihitung sebagai total hari kerja untuk menentukan status domisili pajak.

Sebagai non-residen yang kerja di Singapura kurang dari 183 hari, #SGB_Family akan dikenakan pajak atas semua penghasilan yang didapatkan di Singapura dan tidak dapat menerima keringanan pajak. Namun seorang non-residen bekerja di Singapura selama 60 hari (< 1 Tahun), penghasilan pekerjaan jangka pendek akan dibebaskan dari pajak. Aturan ini tidak berlaku untuk direktur perusahaan, public entertainer, atau profesional di Singapura.

Sementara sebagai tax resident atau warga wajib pajak, #SGB_Family akan dikenakan pajak untuk semua pendapatan yang dihasilkan di Singapura dan sumber income dari luar negeri yang dibawa ke Singapura sebelum 1 Januari 2004. Kemudian, tax resident berhak mendapatkan keringanan pajak. 

Pajak Pekerja Asing di Singapura
Ilustrasi Membayar. Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Sebagai non-residen yang kerja di Singapura selama 61-183 hari dalam setahun maka pendapatan pekerjaan akan dikenakan pajak dengan tarif tetap sebesar 15 persen atau tarif penduduk progresif, dilihat mana yang menghasilkan jumlah pajak lebih tinggi. Biaya direktur dan pendapatan lain seperti sewa yang diperoleh di atau berasal dari Singapura akan dikenakan pajak dengan tarif sebesar 22 persen (20 persen sebelum tahun penilaian 2017).

Sebagai warga wajib pajak, penghasilan akan dikenakan tarif pajak progresif setelah dikurang keringanan pajak. Besaran tarif pajak tergantung pada pendapatan masing-masing individu yang daftar lengkapnya dapat dilihat pada situs ini. Selain itu, tersedia juga cara menghitung pendapatan yang dapat diakses (accessible income) yang akan berpengaruh pada besaran pajak yang dibayar.

Berdasarkan guidemesingapore.com, pengajuan pengembalian pajak pribadi bagi warga wajib pajak harus dilakukan kalau pendapatan tahunan $22.000 atau lebih. Warga pajak tidak perlu membayar pajak apabila penghasilan tahunan kurang dari $22.000. Tapi masih perlu mengajukan pengembalian pajak kalau #SGB_Family diminta oleh otoritas pajak Singapura.

Ilustrasi Mengisi e-Filling di Handphone. Photo by Andrea Piacquadio from Pexels
Ilustrasi Mengisi e-Filling di Handphone. Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

#SGB_Family dapat mengajukan pengembalian pajak pendapatan tahunan melalui e-Filing di myTax Portal menggunakan komputer/ handphone maupun melalui formulir kertas. Supaya proses ini lancar, siapkan dulu dokumen yang diperlukan sebagai berikut:

  • SingPass / IRAS Unique Account (IUA)
  • Formulir IR8A (kalau perusahaan tempat bekerja tidak termasuk dalam Skema Auto-Inclusion)
  • Detail tanggungan misalnya anak atau orang tua untuk klaim keringanan
  • Detail pendapatan sewa properti atau pemasukan lain jika ada
  • Business Registration Number / Partnership Tax Reference Number (hanya untuk wiraswasta dan mitra)

Kalau sudah disiapkan, ikuti langkah-langkah pada e-Filing sampai selesai. Setelah langkah terakhir, #SGB_Family akan menerima notifikasi bahwa laporan pajak berhasil dan simpanlah notifikasi tersebut.

Dapat disimpulkan dari bahwa pajak pekerja asing di Singapura akan tergantung pada durasi kerja atau tinggal di Singapura dan besaran pendapatan. Untuk tarif pajak yang harus dibayar, sebaiknya cek dulu di situs IRAS. #SGB_Family punya pengalaman terkait bayar pajak penghasilan di Singapura?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×