fbpx

Cara Buka Akun Bank buat Warga Asing di Singapura, Catat, Ya!

  • August 24, 2020
  • Dibaca 29 kali
Akun Bank Warga Asing Singapura

Punya keinginan untuk bekerja di Singapura? Kalau itu adalah cita-cita #SGB_Family, maka sebaiknya mempersiapkan banyak hal sebelum pindah dan bekerja di Singapura. Beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti daftar tempat tinggal, cara daftar kerja, sampai pembuatan visa kerja. Ada satu lagi yang harus diketahui sebelum pindah agar hidup di Singapura lebih mudah, yaitu akun bank. Simak cara buka akun bank buat warga asing di Singapura berikut ini ya!

SGB Merchandise

Ilustrasi tinggal di Singapura. Photo by Yuiizaa September on Unsplash
Ilustrasi tinggal di Singapura. Photo by Yuiizaa September on Unsplash

Untuk bisa buka akun bank di Singapura bagi warga negara asing, tentunya ada persyaratan yang harus dipenuhi. Bukti valid bahwa diperbolehkan tinggal di Singapura dalam waktu lama, harus dimiliki sebelum membuka akun bank. Contohnya, visa tinggal di Singapura dalam jangka waktu panjang yaitu lebih dari 30-60 hari. Bukti lainnya seperti ID Lokal (National Registration Identity Card, NRIC) untuk orang asing yang diberikan status Permanent Resident (penduduk tetap) di Singapura.

Untuk para pekerja asing harus memiliki Employment Pass (visa kerja). Sedangkan bagi #SGB_Family yang merupakan anggota keluarga pemegang visa kerja dan ikut tinggal di Singapura, harus punya Dependent Pass.

Ilustrasi paspor Indonesia. Instagram @ecy_trioriwd
Ilustrasi paspor Indonesia. Instagram @ecy_trioriwd

Dokumen yang dibutuhkan untuk buka akun bank di Singapura untuk warga negara asing bisa berbeda tiap bank. Tapi, beberapa dokumen berikut ini biasanya dibutuhkan setiap bank:

  • Dokumen identifikasi seperti paspor
  • Employment Pass atau Student Pass atau Dependent/ Long term visit pass
  • Bukti alamat tempat tinggal di Singapura dengan mencantumkan dokumen seperti tagihan telepon

Beberapa bank akan memerlukan konfirmasi sumber dana saat membuka akun. Konfirmasi itu berupa dokumentasi, contohnya laporan perusahaan. Jangan lupa untuk membawa uang untuk setoran awal ya!

Akun Bank Warga Asing Singapura
Ilustrasi kartu ATM. Instagram @ocbcbank

Ada bank di Singapura yang punya program akun untuk warga asing, beberapa di antaranya adalah DBS, OCBC, atau UOB.

  • DBS

DBS sendiri menyediakan akun yang bisa dibuka untuk warga asing di Singapura. Selain dolar Singapura bisa juga untuk mata uang asing. Untuk pekerja asing, bisa lebih mudah kalau membuka rekening di anak perusahaannya yaitu POSB. Ada akun yang dirancang untuk menerima gaji warga asing di Singapura. Saldo dalam rekening harus minimal $500 dan akan dikenakan denda $2 kalau kurang dari saldo yang ditentukan.

  • OCBC

Warga asing yang punya valid pass seperti Employment Pass atau Student Pass, bisa buka akun di OCBC. Tapi, ada beberapa akun yang baru bisa dibuka kalau sudah menjadi penduduk Singapura. Diperlukan setoran awal $.1000 untuk buka akun Basic Banking Amount dengan saldo endapan minimal $1.000, saldo harian rata-rata per bulan $500, dan akan dikenakan denda $2 kalau di bawah itu.

  • UOB

UOB menawarkan banyak rekening bank yang bisa menyesuaikan kebutuhan, nah kalau untuk warga asing ada Stash Account. Dengan minimal setoran awal $1.000, #SGB_Family bisa membuka akun tersebut. Saldo harian rata-rata per bulan harus $1.000, kalau kurang dari itu akan dikenai biaya $2.

Ilustrasi membuka akun bank secara online. Photo by Christin Hume on Unsplash
Ilustrasi membuka akun bank secara online. Photo by Christin Hume on Unsplash

Biasanya, bank akan meminta warga asing yang mau buka akun di Singapura untuk membawa fisik dokumen yang ditentukan. Contohnya saja paspor dan Employment Pass. OCBC dan UOB memerlukan calon nasabah untuk datang ke kantor dengan membawa dokumen yang diperlukan. Untuk tahu di mana letak cabang OCBC dan jam bukanya bisa dicek di sini, untuk UOB bisa diakses di sini.

Sedangkan pendaftaran akun DBS bisa dilakukan secara online di situs ini. #SGB_Family bisa klik Apply Now di situs itu kemudian memilih I have none of the above kalau belum pernah buka akun sebelumnya karena tidak punya akses masuk iBanking atau pin kartu ATM. Selanjutnya, pilih continue wihtout MyInfo kalau #SGB_Family tidak punya Singapore Personal Access (SingPass). Setelah pengisian data dan pendaftaran, selesaikan pendaftaran online dengan teliti.

Akun akan bisa langsung dibuka, #SGB_Family akan menerima pemberitahuan nomor rekening di ‘Notifikasi’ Digibank online. Pembukaan akun secara online ini bisa dilakukan setiap hari Senin-Minggu jam 7am-10.30pm.

Ada cara yang lebih praktis, yaitu buka akun DBS hanya dengan scan wajah lho! Untuk bisa buka akun dengan scan wajah aja, #SGB_Family harus daftar SingPass dulu.

Akun Bank Warga Asing Singapura
Ilustrasi penarikan uang tunai di ATM. Photo by Nick Pampoukidis on Unsplash

Akun bank buat warga asing di Singapura yang sudah #SGB_Family buka, tetap bisa dipergunakan untuk tarik tunai di luar Singapura kok. Setiap bank punya kebijakan sendiri-sendiri, sebagai berikut:

  • DBS

Dengan menghubungkan akun Multi-Currency Account (MCA) ke DBS Visa Debit Card, #SGB_Family bisa melakukan penarikan mata uang lokal di ATM luar Singapura sampai 12 mata uang asing. Tidak ada biaya konversi mata uang ataupun biaya administrasi tambahan.

  • OCBC

Untuk bisa tarik tunai di luar Singapura, harus mengaktifkan servis overseas card use melalui OCBC Online atau Mobile Banking. Biaya yang dikenakan saat tarik tunai adalah 3% dari setara $ Singapura uang yang ditarik. Setiap transaksi bisa menarik minimal $5 dan maksimal $20. Juga ada biaya administrasi 1,8% mata uang asing dan biaya tambahan lain (berbeda di setiap ATM berdasarkan bank).

  • UOB

Penarikan uang tunai di luar Singapura menggunakan UOB akan dikenakan biaya $5. Penarikan di ATM UOB Indonesia, Malaysia, dan Thailand gratis.

Sebelum kerja dan pindah ke Singapura, ada baiknya untuk tahu bagaimana cara buka akun bank buat warga asing. Sudah siap untuk buka akun bank di Singapura?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×